5 Manfaat Hidup Rukun dengan Tetangga Sesuai Syariat Islam

Image title
1 Oktober 2021, 15:17
Ilustrasi hidup rukun antar tetangga
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/aww.
Warga mengambil bahan makanan gratis yang digantung di pagar tembok rumah di Desa Rendeng, Kudus, Jawa Tengah, Kamis (9/7/2020). Selama tiga bulan terakhir warga setempat menggelar kegiatan sosial bernama "Aksi Jogo Tonggo" atau menjaga tetangga yaitu menyediakan paket berbagai bahan makanan gratis bagi warga yang membutuhkan sebagai bentuk peduli kepada warga yang terdampak ekonomi akibat wabah COVID-19.

Konsep hidup rukun ternyata sudah diajarkan dalam agama Islam melalui Al-Qur'an dan hadis Rasulullah SAW. Secara prinsip, Islam merupakan agama rahmatan lil ‘alamin, artinya membawa rahmat bagi kehidupan seluruh alam beserta isinya. Sehingg agama ini juga mengajarkan kepada umatnya untuk selalu hidup rukun berdampingan dengan tetangga.

Dalam konsep muamalah atau berhubungan sesama manusia, Tetangga bagi seorang muslim adalah orang-orang yang tinggal di sekitarmu 40 rumah dari setiap sisi. Kedudukan tetangga bagi seorang muslim sangat dimuliakan.

Advertisement

Dalam sebuah hadis Nabi Muhammad SAW bersabda: “ Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaknya ia memuliakan tetangganya.” (HR Bukhari dan Muslim).

Riwayat hadis lain juga menyebutkan Nabi Muhammad SAW sering mendapat nasihat tentang tetangga dari malaikat Jibril.

Rasulullah Saw bersabda: “ Jibril senantiasa menasehatiku tentang tetangga, hingga aku mengira bahwa tetangga itu akan mendapat bagian harta waris,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dapat dilihat dari kedua hadis tersebut hidup rukun dengan tetangga sangatlah penting. Hal ini menjadi pelajaran di saat kehidupan modern sering memisahkan antar tetangga karena kesibukan masing-masing. Bahkan, tak jarang karena sibuk di sosial media hingga melupakan tetangga yang ada di kanan dan kirinya.

Manfaat Hidup Rukun

Anjuran hidup rukun dengan tetangga ini bukan tanpa alasan, sebab manfaat hidup rukun dengan tetangga sangatlah banyak yang bisa dipetik. Berikut manfaat hidup rukun dengan tetangga sesuai syariat Islam:

1. Kemudahan Saling Tolong Menolong

Pada dasarnya setiap orang memiliki kecenderungan ingin selalu dimengerti, Akan tetapi susah untuk belajar mengerti orang lain. Kondisi inilah yang kerap memicu perselisihan antarsesama. Sebaiknya kita belajar untuk menghargai perbedaan, termasuk perbedaan dalam kehidupan bertetangga.

Manfaat hidup rukun dengan tetangga yang paling bisa dirasakan manfaatnya adalah tumbuhnya sikap saling tolong menolong. Ketika kita membangun hidup yang rukun dengan tetangga, mereka tak segan memberikan pertolongan saat kita berada dalam masalah. Begitu pula sebaliknya. Sikap simpati dan empati terbangun dan semakin memperkuat hubungan baik antar tetangga. Karena berlaku baik dengan tetangga sangat disarankan melalui firman Allah SWT surat An-Nisa’ ayat 36.

2. Hidup Menjadi Sakinah

Manfaat hidup rukun dengan tetangga sesuai syariat islam selanjutnya adalah dengan menjadikan hidup kita lebih tenang dan tenteram. Dalam beberapa kasus seseorang memikirkan bagaimana tetangga memandang diri kita. Itu terjadi karena mungkin kamu kurang mengenal tetanggamu.

Jika Anda sudah mengenalnya dengan baik, maka kehidupan Anda dengan tetangga menjadi lebih tenang tanpa dihantui perasaan berburuk sangka. Sikap dan sifat ini harus dipertahankan dan jangan sekali-kali mengandalkan ego masing-masing.

3. Sistem Keamanan Lingkungan Menjadi Terjamin

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement