Penawaran Adalah: Hukum dan Faktor yang Memengaruhi

Image title
7 Oktober 2021, 13:08
Penawaran Adalah Hukum dan Faktor yang Memengaruhi
ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/aww.
Seorang anak membeli mainan di Pasar Tradisional Masomba di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (8/9/2021). Aktivitas jual beli pada sejumlah pasar tradisional di daerah tersebut kembali bergeliat setelah sempat sepi akibat terdampak pengetatan aktivitas masyarakat untuk menekan penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/aww.

Penawaran adalah kuantitas barang dan jasa yang tersedia dan dapat ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada setiap tingkat harga selama periode waktu tertentu. Pengertian ini berlaku dengan menganggap hal-hal lain selain harga tetap konstan (ceteris paribus).

Suatu penawaran tidak mempersoalkan jauh dekatnya produsen, tetapi mempersoalkan kuantitas barang yang ditawarkan berkaitan dengan variabel harga.

Mengutip modul Distribution of Goods and Services oleh NIOS, penawaran diartikan suatu barang atau jasa memiliki jumlah komoditas yang ditawarkan oleh penjual untuk dijual dengan harga dan waktu tertentu. Penawaran meliputi tiga hal utama, yaitu:

  • Jumlah komoditas yang ditawarkan oleh penjual.
  • Harga komoditas yang diberikan.
  • Jangka waktu penjual bersedia menjajalkan jumlah komoditas atau produk barang dan jasa.

Fakto-Faktor yang Memengaruhi Penawaran

Berikut beberapa faktor yang dapat memengaruhi penawaran, yaitu:

  • Harga produk

Harga barang adalah faktor utama yang memengaruhi penawaran. Peningkatan dan penurunan harga barang akan berpengaruh pada keuntungan yang didapat dari penjualan barang atau jasa.

Spekulasi tentang harga produk di masa depan dapat memengaruhi penawaran suatu produk. Jika harga produk naik di masa depan, maka pasokan produk tersebut akan berkurang di pasar saat ini karena keuntungan yang diharapkan oleh penjual di masa depan, begitupun sebaliknya.

  • Kemajuan teknologi

Peningkatan teknologi berarti bahwa jumlah input yang dibutuhkan lebih sedikit, atau biaya input yang diperlukan berkurang. Jika biaya produksi lebih rendah, produsen terdorong untuk meningkatkan output.

Dinamika biaya produksi juga memiliki peran penting dalam memengaruhi penawaran barang dan jasa dari produsen. Jika peningkatan biaya sangat tinggi, produsen cenderung mengurangi produksi, sehingga menurunkan penawaran.

  • Persediaan sarana produksi

Produksi akan terganggu jika persediaan sarana produksi kurang. Penawaran beras pada daerah tertentu cenderung menurun karena banyak lahan pertanian yang berubah fungsi menjadi daerah industri.

  • Peningkatan jumlah produsen

Jika penjualan suatu produk mendatangkan keuntungan, maka kemungkinan besar pemodal-pemodal baru akan berdatangan dan berkecimpung di usaha tersebut. Dengan bertambahnya produsen baru ini, penawaran akan suatu barang atau jasa pun ikut meningkat.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...