Penawaran Adalah: Hukum dan Faktor yang Memengaruhi

Penawaran adalah sesuatu yang dapat memengaruhi harga pasar. Berikut pengertian, hukum, dan faktor-faktor yang dapat memengaruhi penawaran suatu barang dan jasa.
Image title
7 Oktober 2021, 13:08
Penawaran Adalah Hukum dan Faktor yang Memengaruhi
ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/aww.
Seorang anak membeli mainan di Pasar Tradisional Masomba di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (8/9/2021). Aktivitas jual beli pada sejumlah pasar tradisional di daerah tersebut kembali bergeliat setelah sempat sepi akibat terdampak pengetatan aktivitas masyarakat untuk menekan penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/aww.

Penawaran adalah kuantitas barang dan jasa yang tersedia dan dapat ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada setiap tingkat harga selama periode waktu tertentu. Pengertian ini berlaku dengan menganggap hal-hal lain selain harga tetap konstan (ceteris paribus).

Suatu penawaran tidak mempersoalkan jauh dekatnya produsen, tetapi mempersoalkan kuantitas barang yang ditawarkan berkaitan dengan variabel harga.

Mengutip modul Distribution of Goods and Services oleh NIOS, penawaran diartikan suatu barang atau jasa memiliki jumlah komoditas yang ditawarkan oleh penjual untuk dijual dengan harga dan waktu tertentu. Penawaran meliputi tiga hal utama, yaitu:

  • Jumlah komoditas yang ditawarkan oleh penjual.
  • Harga komoditas yang diberikan.
  • Jangka waktu penjual bersedia menjajalkan jumlah komoditas atau produk barang dan jasa.

Fakto-Faktor yang Memengaruhi Penawaran

Berikut beberapa faktor yang dapat memengaruhi penawaran, yaitu:

  • Harga produk

Harga barang adalah faktor utama yang memengaruhi penawaran. Peningkatan dan penurunan harga barang akan berpengaruh pada keuntungan yang didapat dari penjualan barang atau jasa.

Spekulasi tentang harga produk di masa depan dapat memengaruhi penawaran suatu produk. Jika harga produk naik di masa depan, maka pasokan produk tersebut akan berkurang di pasar saat ini karena keuntungan yang diharapkan oleh penjual di masa depan, begitupun sebaliknya.

  • Kemajuan teknologi

Peningkatan teknologi berarti bahwa jumlah input yang dibutuhkan lebih sedikit, atau biaya input yang diperlukan berkurang. Jika biaya produksi lebih rendah, produsen terdorong untuk meningkatkan output.

Dinamika biaya produksi juga memiliki peran penting dalam memengaruhi penawaran barang dan jasa dari produsen. Jika peningkatan biaya sangat tinggi, produsen cenderung mengurangi produksi, sehingga menurunkan penawaran.

  • Persediaan sarana produksi

Produksi akan terganggu jika persediaan sarana produksi kurang. Penawaran beras pada daerah tertentu cenderung menurun karena banyak lahan pertanian yang berubah fungsi menjadi daerah industri.

  • Peningkatan jumlah produsen

Jika penjualan suatu produk mendatangkan keuntungan, maka kemungkinan besar pemodal-pemodal baru akan berdatangan dan berkecimpung di usaha tersebut. Dengan bertambahnya produsen baru ini, penawaran akan suatu barang atau jasa pun ikut meningkat.

  • Peristiwa alam

Jika terjadi banjir atau musim kemarau yang berkepanjangan, hasil panen padi akan berkurang drastis. Kejadian seperti ini akan mengurangi penawaran barang.

  • Ekspektasi atau harapan produsen

Jika produsen berekspekstasi akan situasi perekonomian yang membaik pada satu tahun mendatang, maka pada saat ini mereka akan menjual barang atau jasa lebih banyak. Begitupun sebaliknya.

  • Harga barang dan jasa lain

Beberapa barang dan jasa ada yang bersifat komplementer, dan ada pula yang bersifat substitusi. Contohnya, jika harga laptop meningkat, penawaran laptop pun meningkat. hal ini mendorong produsen untuk meningkatkan pula penawaran printer hingga flash disk.

Pajak yang ditetap pemerintah terhadap suatu produk dapat memengaruhi kuantitas prduk di pasaran. Hal ini dapat terjadi sebab biaya yang dkeluarkan untuk suatu produk akan bertambah dengan adanya pajak.

Pajak akan memengaruhi penawaran karena kuantitas produk yang tinggi tentunya berbanding lurus dengan pajak yang harus dibayarkan perusahaan.

Hukum Penawaran

Selain faktor harga, penawaran juga dipengaruhi oleh faktor lainnya, seperti tingkat teknologi, jumlah produsen di pasar, serta harapan atau perkiraan. Layaknya permintaan, kita tidak dapat memahami pengaruh semua variabel tersebut sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Untuk memudahkannya, para ekonom biasanya memisahkan faktor-faktor tersebut dan menganalisisnya secara terpisah.

Di antara semua faktor, harga dianggap memainkan peran yang sangat penting dan menjadi acuan dalam melakukan analisis penawaran.

Hukum penawaran adalah apabila harga suatu barang dan jasa meningkat, kuantitas yang ditawarkan juga akan meningkat. Sebaliknya, apabila harga suatu barang dan jasa menurun, kuantitas yang ditawarkan juga akan menurun, ceteris paribus.

Pengertian Harga pasar

Harga pasar adalah harga ekonomi dari suatu barang atau jasa yang ditawarkan di pasaran. Dalam teori ekonomi, disebutkan bahwa harga pasar merupakan titik temu antara kekuatan penawaran dan permintaan.

Mengutip buku “Ekonomi” oleh Alam S, naik dan turunnya harga barang-barang tersebut disebabkan oleh dinamika antara permintaan dan penawaran. Hal tersebut pada akhirnya membentuk harga keseimbangan atau yang dalam istilah ekonomi disebut harga pasar.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait