23 Hewan Terbesar di Dunia, Ada yang Sudah Punah

Hewan di dunia ini memiliki berat yang berbeda. Ada yang ukurannya kecil ada juga yang besar. Beberapa hewan terbesar di dunia bahkan ada yang sudah punah.
Image title
4 Oktober 2021, 17:29
Gajah menjadi salah satu hewan terbesar di dunia.
ANTARA FOTO/Rony Muharrman/rwa.
Gajah menjadi salah satu hewan terbesar di dunia.

Ketika datang ke kebun binatang mungkin kita akan merasa takjub melihat penampakan gajah yang sangat besar. Tubuh gajah memang lebih besar dari manusia. Namun ternyata gajah bukanlah satu-satunya hewan terbesar di dunia. Sebab masih banyak hewan lain yang memiliki tubuh lebih besar darinya. Penasaran apa saja hewan tersebut? Simak penjelasan di bawah ini.

Hewan Darat Terbesar di Dunia

Tak hanya gajah, beberapa hewan darat berikut ini juga masuk dalam kategori hewan terbesar yang ada di bumi. Berikut daftarnya.

1. Gajah Afrika

Sudah disinggung sebelumnya bahwa gajah merupakan hewan darat yang memiliki badan besar. Gajah jenisnya sangat banyak, yang terbesar yaitu gajah afrika.

Spesies gajah ini memiliki tinggi rata-rata tiga meter dengan berat mencapai 8.165 kg. Porsi makan gajah afrika sangat banyak. Dalam satu hari ia bisa mengkonsumsi 450 kg tumbuhan. Namun sayangnya, makanan tersebut hanya tercerna sekitar 40 persen saja.

2. Gajah Asia

Jenis gajah lainnya yang juga memiliki tubuh besar yaitu gajah asia. Spesies gajah ini memiliki panjang tubuh sekitar 6,4 meter dan tinggi 3,5 meter. Beratnya mencapai 4,990 kg. Yang membedakan gajah asia dengan afika yaitu pada telinganya. Gajah asia memiliki telinga lebih kecil, sedangkan gajah afrika telinganya lebar.

3. Wooly Mammoth

Wooly mamooth merupakan hewan terbesar di dunia yang sudah punah. Hewan ini memiliki ukuran tubuh sekitar 4 meter. Tubuhnya mirip seperti gajah dengan gading yang panjang melengkung. Tubuh mamooth dipenuhi bulu panjang berwarna cokelat tua.

4. Indricotherium

Hewan ini memiliki nama lain paraceraherium. Tubuhnya besar  dan memiliki berat kurang lebih 20.000 kg dengan panjang mencapai 12,2 meter.

5. Steppe Mammoth

Jenis mammoth lainnya yang juga masuk dalam kelompok hewan terbesar di dunia sepanjang sejarah yaitu steppe mammoth. Hewan ini memiliki tubuh dengan tinggi 4 sampai 4,5 meter. Gadingnya memiliki berat kurang lebih 50 kg. Sama seperti wooly mammoth, spesies mammoth ini juga sudah punah.

6. Beruang Kutub

Beruang kutub atau Ursus meritimus juga termasuk fauna terbesar di dunia. Berat beruang ini mencapai 680 kg. panjang tubuhnya sekitar 2,6 meter. Menurut Guinness World Records, beruang kutub merupakan karnivora terbesar di bumi.

7. Beruang Kodiak

Jenis beruang lainnya yang termasuk dalam hewan besar yaitu beruang koadiak. Hewan bernama latin Ursus arctos middendorffi ini bisa ditemukan di Alaska. Spesies beruang ini masuk dalam kategori omnivora atau pemakan segala. Tubuhnya mencapat 3 meter dengan bobot hingga 816 kg.

8. Gaur

Mungkin banyak diantara kita yang belum mengeal gaur. Hewan ini sering disebut sebagai bison india. Bos gaurus atau gaur merupakan spesies sapi terbesar di bumi. beratnya mencapai 1.133 kg dengan panjang 3,3 meter.

9. Badak putih

Badak putih atau Ceratotherium simum merupakan spesies badak dengan berat hingga 3,5 ton. Panjang tubuhnya mencapai 4 meter. Meskipun tubuhnya berat namun badak ini bisa berlari kencang. Kecepatan larinya bahkan mencapai 40 km per jam.

10. Badak hitam

Badak hitam memiliki ciri khas bibir runcing. Tubuhnya sangat besar dengan berat mencapai 1.397 kg. Meskipun demikian, badak ini masih lebih kecil dibandingkan badak putih yang ada di Afrika.

11. Jerapah

Siapa sangka jika hewan berleher panjang ini masuk dalam kategori hewan terbesar di dunia. Jerapah atau Giraffa camelopardalis memiliki berat tubuh hingga 1,5 ton. Hewan ini memiliki corak cantik dan leher panjang yang menjadi ciri khasnya. Anda masih bisa melihat hewan ini di kebun binatang atau taman safari.

12. Titanoba

Hewan terbesar di dunia yang sudah punah selain mammoth ada juga titanoba. Hewan ini termasuk ular raksasa dengan panjang antara 12,8 sampai 14,3 meter dengan berat 1,25 ton. Diperkirakan titanoba ini pernah tinggal di daerah Sungai Amazon.

13. Arthropleura

Hewan raksasa selanjutnya yaitu arthropleura atau kaki seribu dengan panjang 2,6 meter. Hewan ini belum diketahui termasuk kelompok karnivora atau herbivora. Selain itu, letak mulut hewan purba ini juga belum diketahui hingga sekarang.

Hewan Terbesar di Dunia yang Ada di Laut

Tak hanya hewan darah, hewan terbesar di dunia lainnya juga tinggal di lautan. Berdasarkan data yang dikumpulkan databoks, setidaknya ada 10 hewan laut terbesar. Hiu paus menempati peringkat pertama.

Berikut ini penjelasan lebih lengkap mengeni hewan laut tersebut.

1. Hiu Paus

Mengutip dari kpp.go.id, hiu paus atau Rhincodon typus merupakan ikan terbesar di dunia. Spesies ini biasa tinggal di perairan tropis dan subtropis.

Hiu paus ini secara rutin muncul di Perairan Teluk Cenderawasih Papua, Talisayan Kalimantan Timur, Probolinggo Jawa Timur, dan Botubarani Gorontalo. Berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI nomor 18 Tahun 2013, hewan ini masuk dalam kelompok hewan dilindungi.

Disebut sebagai hewan terbesar karena memiliki berat sampai 21,5 ton. Sedangkan panjangnya berkisar 18 sampai 33 kaki. Hiu paus ini memiliki corak totol yang menjadi ciri khasnya.

2. Hiu Basking

Jenis hiu lainnya yang juga masuk dalam kelompok hewan terbesar di dunia yaitu hiu basking. Berat tubuhnya mencapai 19 ton dengan panjang 32 kaki.

Hiu ini bisa ditemukan di Teluk Fundy. Hiu ini memiliki gerakan lambat dan tidak berbahaya. Basking shark ini juga terancam punah, sehingga harus dilindungi.  

3. Hiu Putih Besar

Hewan laut yang berukuran besar selanjutnya yaitu hiu putih besar. Spesies ikan ini memiliki berat sampai 3,32 ton dengan panjang antar 15 – 20 kaki. Hiu putih besar terkenal ganas. Spesies ikan besar ini bisa ditemukan di perairan seluruh dunia.

4. Hiu Macan

Hiu macan memiliki berat 3,22 ton. Hiu ini juga termasuk dalam ikan buas. Hewan ini masuk dalam kelompok omnivora atau pemakan segala.

Meskipun buas namun gerakan hiu macan cukup lambat ketika sedang tidak mencari makan. Namun bisa berubah arah dengan cepat. Jadi ketika sedang bernang di laut, kemudian menemukan hiu ini jangan mudah tertipu. Karena bisa saja tiba-tiba mendekat dan memangsa.

5. Pari Manta Laut Raksasa

Menurut penjelasan di kpp.go.id, pari manta laut merupakan ikan terbesar di dunia. Lebar tubuhnya kurang lebih 6 – 8 meter. Sedangkan bobotnya mencapai 3 ton.

Pari ini tidak beracun. Ekornya tidak memiliki sengat. Kulit pari manta diselimuti lendir tebal. Ciri khas lain bisa dilihat dari sepasang tanduk yang ada didekat mulut. Warna hewan ini cukup beragam ada yang hitam, biru keabu-abuan, cokelat, dan nyaris putih.

Pari manta laut raksasa ini juga masuk dalam kelompok hewan dilindungi berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 4/KEPMEN-KP/2014.

6. Mola-mola Laut

Hewan terbesar di dunia yang hidup di laut berikutnya yaitu mola-mola laut. Ikan ini memiliki bentuk yang unik. Karenanya mola-mola laut masuk dalam kategori hewan terancam punah.

Mola-mola laut tidak memiliki sirip ekor. Sedangkan sayapnya terletak secara vertikal. Bentuk tubuhnya bulat dan gemuk, sehingga mola-mola laut bergerak lambat.

7. Mola-mola Selatan

Jenis ikan terbesar selanjutnya yaitu mola-mola selatan. Tubuh ikan ini memiliki berat mencapai 2,3 ton.

8. Sturgeon Beluga

Ikan besar lainnya yaitu sturgeon beluga. Tubuhnya mencapai 2,072 ton. Habitatnya ada di Lut Hitam, Kaspia, dan Ariatik. Populasinya semakin sedikit karena sering diekploitasi karena memiliki kaviar yang harganya mahal.  

9. Mola Ekor Tajam

Kelompok hewan terbesar di dunia selanjutnya yaitu mola ekor tajam. Berat tubuhnya mencapai 2 ton. Spesies ini biasanya hidup di perairan tropis dan subtropis.

10. Mola-mola Hoodwinker

Hewan terbesar di dunia yang ada di lautan selanjutnya yaitu mola-mola hoodwinker. Spesies ini memiliki berat sekitar 1,87 ton.

Itulah  beberapa hewan yang memiliki ukuran besar. Sebagian besar telah punah dan sisanya memiliki jumlah yang tidak banyak. Untuk menjaga keberadaan dari hewan besar tersebut, maka perlu adanya perlindungan.

Sebagai masyarakat biasa kita bisa turun berpartisipasi dengan menjaga lingkungan dan tidak melakukan perburuan liar. Dengan demikian, populasi hewan tersebesar di dunia itu tetap terlindungi.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait