10 Urutan Pulau Terbesar di Indonesia dari Sabang hingga Merauke

Image title
30 September 2021, 23:40
Pulau terbesar di Indonesia
Google Map
Peta Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki ribuan pulau yang tersebar di seluruh antero Nusantara. Negara kepulauan ini dilewati garis Khatulistiwa dan mencakup jarak setara dengan seperdelapan keliling Bumi.

Pulau-pulau tersebut dapat dikelompokkan menjadi Kepulauan Sunda Besar of Sumatera (Sumatera), Jawa (Jawa), sejauh selatan Borneo ( Kalimantan ), dan Celebes (Sulawesi); Kepulauan Sunda Kecil (Nusa Tenggara) di Bali dan rantai pulau yang membentang ke timur melalui Timor; yang Maluku (Maluku) antara Sulawesi dan pulau New Guinea; dan bagian barat New Guinea (umumnya dikenal sebagai Papua).

Pulau Terbesar di Indonesia

Sebanyak 17.508 pulau mengambang di lepas pantai Asia yang masuk ke wilayah Indonesia, 1.552 di antaranya belum diberi nama.

Ada beberapa pulau besar dengan luas belasan hingga ratusan ribu kilometer persegi. Berikut 10 pulau terbesar di Indonesia menurut luas permukaannya.

1. Papua (786.000 km2)

Pulau besar pertama adalah Papua, terbentang lebih dari 1.500 mil dikelilingi oleh Samudra Pasifik, Laut Koral, dan Laut Arafura di Kepulauan Melayu bagian timur.

Ini adalah pulau terbesar kedua di dunia, ukurannya hanya dikalahkan oleh Greenland.

Negara berbagi kepemilikan pulau terbesar di Indonesia ini dengan Papua Nugini. Pulau ini terdiri dari provinsi Papua dan Papua Barat. Menariknya, pulau tersebut merupakan satu-satunya pulau Indonesia yang berada di dalam Oseania.

2. Kalimantan (743.330 km2)

Indonesia berbagi klaim atas Kalimantan, pulau terbesar ketiga, dengan dua negara lain, yakni Brunei dan Malaysia. Namun, bagian terbesar dari pulau itu merupakan bagian wilayah Indonesia.

Terletak di jantung Maritim Asia Tenggara dan berusia lebih dari 100 juta tahun, hutan hujan Kalimantan adalah salah satu yang tertua di planet ini.

Hutan ini menjadi rumah bagi beberapa jenis satwa liar langka, seperti orangutan Kalimantan yang merupakan spesies kera besar yang tidak dapat ditemukan di tempat lain di dunia.

3. Sumatera (473.481 km2)

Sumatera adalah pulau terbesar keenam di dunia yang merupakan bagian dari Kepulauan Sunda Besar di Indonesia bagian barat. Pulau ini terletak di sebelah barat Jawa dan di selatan Semenanjung Malaya.

Sumatera adalah pulau yang dihormati, karena keanekaragaman hayatinya yang luar biasa dan memiliki danau kawah gunung berapi raksasa terbesar di dunia.

Di dalam hutan hujan dan daerah vulkaniknya, ada beberapa satwa liar yang menakjubkan, seperti orangutan Sumatera, badak Sumatera, dan harimau Sumatera. Semuanya telah terdaftar sebagai spesies yang terancam punah.

4. Sulawesi (180.681 km2)

Sulawesi yang juga disebut sebagai Celebes, adalah bagian dari empat Kepulauan Sunda Besar di Indonesia. Sebagai pulau terbesar ke-11 di Bumi, pulau ini tersebar di tidak kurang dari empat semenanjung yang dipisahkan oleh tiga teluk. Pulau berbentuk unik ini dihubungkan melalui laut ketimbang jalan darat.

Selat Makassar memisahkan pulau dari Kalimantan di ujung baratnya, dan serangkaian pulau di selatan yang mencakup Kepulauan Selayar, semuanya berkontribusi untuk membentuk enam provinsi di salah satu pulau terbesar di Indonesia itu. 

Meskipun dibayangi oleh Bali dan Lombok, Sulawesi menawarkan tempat-tempat yang tak kalah indah. Pantai yang indah, hingga pasar lokal yang semarak menjadi daya tarik wisata sejumlah daerah di pulau ini.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...