21 Rekomendasi Makanan Khas Semarang untuk Oleh-oleh dan Kuliner

Semarang menyajikan beragam kuliner khas dari cita rasa, bumbu, dan resep tradisional. Berikut rekomendasi makanan khas Semarang
Dwi Latifatul Fajri
28 September 2021, 23:05
Makanan Khas Semarang
pixabay.com

Indonesia memiliki beragam makanan khas nusantara. Salah satunya, Semarang yang memiliki berbagai hasil pertanian, perkebunan, dan laut untuk diolah menjadi beragam jenis makanan khas Semarang.

Semarang menyajikan beragam kuliner khas dari cita rasa, bumbu, dan resep tradisional. Makanan khas Semarang adalah lumpia, sego koyor, wedang tahu, dan masih banyak lagi. Ada beragam makanan dari olahan sapi, ayam, ikan khas Semarang. Selain itu ada oleh-oleh khas Semarang yang bisa dibeli ketika wisata atau pun secara online.

Makanan Khas Semarang untuk Oleh-Oleh dan Wisata Kuliner

1. Wingko Babat

Wingko Babat termasuk makanan khas Semarang untuk oleh-oleh. Makanan ini terbuat dari kelapa muda dan gula, yang memiliki rasa gurih, manis, dan khas. Wingko memiliki tekstur padat karena dibuat dari tepung beras atau ketan, gula, dan kelapa muda.

2. Tahu Gimbal

Tahu Gimbal berbeda dengan tahu kupat atau ketoprak. Tahu gimbal berisi udang, tahu goreng, irisan lontong, kecambah, dan kol yang disiram sambal kacang. Sambal kacang ini juga dibumbui bawang putih dan petis udang. Anda juga bisa menambahkan telur ceplok goreng sebagai pelengkap di atas tahu gimbal.

3. Babat Gongso

Babat Gongso merupakan makanan berbahan dasar babat dan daging sapi khas Semarang. Makanan ini memiliki rasa gurih dan pedas karena rempah, serta bumbunya meresap ke dalam daging.

Cara memasaknya yaitu:

  • Rebus daging sapi dan babat yang sudah dipotong kecil-kecil
  • Tambahkan 2 lembar daun salam, 2 cm lengkuas, 2 cm jahe, dan 1 liter air
  • Aduh masakan sampai matang kemudian angkat
  • Panaskan minyak
  • Masukkan bawang merah, daun salam, serai, bumbu halus, dan lengkuas
  • Aduk tumisan sampai berbau harum
  • Masukkan babat kemudian aduk rata
  • Tambahkan kecap, garam, gula pasir, kemudian aduk rata
  • Tuangkan air, kemudian didihkan
  • Kecilkan api kemudian masak sampai bumbu benar-benar meresap dan air mengering

4. Lumpia Semarang

Lumpia Semarang merupakan makanan khas berisi rebung, telur, daging ayam, dan udang. Lumpia Semarang dahulu dibuat dengan perpaduan rasa Tionghoa dan Indonesia. Dari ebook 20 Kuliner Wisata Semarang, diketahui kalau jenis lumpia cukup beragam, seperti lumpia basah, lumpia goreng (kulit tipis dan renyah), lumpia original (rebung, udang, telur), dan lumpia spesial yang terdiri dari rebung, udang, telur, dan ayam. Ada juga varian lumpia yang bisa bertahan 10 hari.

5. Tahu Pong

Tahu Pong atau tahu kopong adalah kuliner khas Semarang. Tahu Pong merupakan tahu goreng yang tidak berisi atau isinya hanya bagian tipis tahu. Rasa tahu pong ini gurih dan krispi. Tahu Pong disajikan bersama bumbu kecap, bumbu petis, dan acar mentimun.

6. Wedang Tahu

Wedang Tahu termasuk minuman populer khas Semarang. Minuman ini terbuat dari kembang tahu dan kuah jahe. Rasanya manis dan hangat ketika diminum. Biasanya, wedang tahu disajikan dalam mangkuk kecil, dan bisa dinikmati saat siang hari untuk menyegarkan tenggorokan.

7. Roti Ganjel Rel

Roti ini memiliki warna coklat tua dan wijen di bagian atas. Roti ganjel rel terbuat dari tepung tapioka, air, gula, kayu manis, dan santan. Tekstur roti keras dan warnanya coklat membuat beberapa warga menyamakan makanan khas Semarang ini dengan bantalan kereta api yang keras. Itulah asal-usul nama roti ganjel rel yang berarti mengganjal rel kereta api.

8. Pisang Plenet

Pisang plenet adalah olahan pisang goreng yang dipenyet ketika dimasak. Dalam bahasa Jawa, plenet berarti dipenyet atau ditekan sampai pipih.

Cara membuat pisang plenet yaitu:

  • Bakar pisang terlebih dahulu
  • Masukkan pisang yang sudah dibakar ke dalam plastik
  • Oleskan margarin pada pisang 
  • Kemudian penyet pisang sampai pipih
  • Bakar lagi pisang yang sudah pipih tersebut
  • Jika sudah matang dan harum, angkat pisang plenet
  • Oleskan margarin tipis di bagian atas
  • Sajikan bersama taburan coklat, gula atau keju.

9. Sego Koyor

Sego koyor ini adalah gudeg versi Semarang. Berbeda dengan gudeg Yogyakarta yang rasanya manis dan gurih, sego koyor cenderung memiliki rasa gurih dan pedas. Makanan ini terdiri dari nasi, dan masakan daging sapi.

Koyor artinya bagian daging yang tidak tebal seperti kikil (kulit sapi), lutut sapi, dan bisa diambil di bagian tulang rawan. Makanan ini disajikan bersama tahu, telur, irisan ayam, dan tempe.

10. Nasi Ayam

Nasi Ayam khas Semarang ini bisa ditemukan di kawasan Simpang Lima Semarang. Nasi ayam terdiri dari suwiran ayam, opor telur, tahu, sambal goreng labu siam, krupuk krecek, serta tambahan kuah opor bening. Nasi ayam juga bisa ditambahkan sate ati, usus, dan ayam bacem.

11. Nasi Pecel Semarang

Nasi pecel umumnya tersedia di berbagai daerah. Di Semarang, ada nasi pecel khas yang terdiri dari sayuran dan balutan bumbu kacang hijau. Pecel ini bisa ditambahkan peyek teri dan kerupuk gendar.

12. Tahu Petis Semarang

Semarang terkenal dengan kuliner tahu yang dimasak dengan berbagai macam cara. Salah satunya tahu petis, makanan oleh-oleh Semarang. Tahu petis terdiri dari tahu pong dan cabe bumbu petis. Bumbunya sendiri terbuat dari cabe rawit dan olahan udang.

13. Mie Kopyok

Mie kopyok adalah sajian mie khas Semarang yang gurih dan renyah. Makanan ini terdiri dari lontong, mie kuning, tauge, tahu pong, dan kerupuk yang disiram kuah dan diberi bawang goreng. Makanan ini juga menambahkan kerupuk gendar, alias kerupuk yang terbuat dari adonan nasi dan bumbu rempah.

14. Soto Semarang

Soto Semarang terdiri dari semangkuk soto ayam dengan kuah bening. Soto Semarang cocok dinikmati ketika pagi hari, karena rasa yang ringan dan segar untuk sarapan. Semangkuk soto bisa dimakan bersama tempe goreng, perkedel kentang, sate ayam, kerang kulit, telur puyuh, dan usus.

15. Lapis legit

Kue lapis legit adalah kue khas Semarang yang memiliki dua warna garis. Lapis legit memiliki warna coklat terang dan tua. Adapun varian rasanya beragam, seperti coklat, keju, kismis, dan kacang almon.

16. Bandeng Presto

Semarang memiliki olahan bandeng presto. Bandeng presto merupakan olahan ikan air tawar yang melalui proses presto. Presto membuat tulang bandeng menjadi lunak, sehingga mudah dimakan. Berbagai jenis olahan ikan bandeng juga bisa menjadi pilihan makanan khas Semarang untuk oleh-oleh. Itu seperti bandeng asap, otak-otak bandeng, sate bandeng, dan bandeng tauco.

17. Kue Moaci

Kue moaci hampir sama dengan kue mochi. Namun, kue ini bentuknya bulat kecil, kenyal, dan bertabur wijen di bagian atasnya. Kue moaci dibuat dari adonan tepung ketat, dengan bagian dalam berisi kacang cincang dan gula padat.

18. Es Conglik

Es puter conglik adalah minuman menyegarkan yang bisa dicoba ketika berkunjung ke Semarang. Es conglik memiliki rasa segar, lembut, dingin, dan manis. Es ini terdiri dari empat variasi rasa yaitu coklat, kelapa, alpukat, dan durian.

19. Wedang Kacang

Di Semarang ada wedang kacang yang bisa dinikmati ketika malam hari. Wedang kacang berbeda dengan kacang hijau, karena bahannya terbuat dari potongan kacang tanah dan kuah santan.

20. Es Cao

Es cao merupakan minuman khas Semarang yang berisikan es, cincau hitam, pisang, es batu, dan sirup. Es cao cocok dinikmati di siang hari, karena memiliki rasa gurih, manis, dan lezat.

21. Gudangan

Gudangan adalah salad sayur yang biasanya digunakan ketika syukuran, hajatan, dan upacara tradisional. Gudangan terdiri dari sayur rebus, wortel, bayam, dan ditaburi kelapa parut di bagian atas. Selain Semarang, makanan ini juga dikenal di Yogyakarta, Surakarta, dan Magelang.

Itulah beragam makanan khas kota Semarang. Anda bisa membeli oleh-oleh dan mencicipi makanan tersebut ketika berkunjung ke Semarang.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait