24 Rekomendasi Makanan Khas Bandung Kekinian yang Bisa Dicoba

Dwi Latifatul Fajri
15 September 2021, 09:47
24 Rekomendasi Makanan Khas Bandung Kekinian yang Bisa Dicoba
instagram.com/kulinerbandung
Soto Bandung salah satu makanan khas Sunda yang rasanya nikmat

Setiap daerah di Indonesia memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Ketika pergi berlibur ke suatu daerah, Anda bisa mencoba makanan khas yang menggugah selera.

Bandung bisa menjadi pilihan wisata di akhir pekan. Anda akan menemukan berbagai tempat wisata seperti tempat bersejarah, wisata alam, dan lainnya. Selain itu Anda bisa mencoba kuliner khas.

Kota di provinsi Jawa Barat ini punya beragam makanan khas dan populer. Contoh makanan khas asal Bandung kekinian seperti siomay, batagor, cireng, sampai seblak. Selain itu restoran di Bandung memiliki ciri khas unik dari makanan, seperti rasa, rempah, sayuran, dan lainnya.

Makanan Khas Bandung

1. Soto Bandung

Soto Bandung bisa jadi rekomendasi ketika Anda berlibur. Soto ini berbahan dasar daging sapi atau bagian tulang dekat daging. Makanan ini hampir sama seperti soto di daerah lain.

Namun soto ini menggunakan kuah bening, tomat, dan kedelai goreng, dan tambahan sayur lobak. Soto Bandung tidak menggunakan santan, sehingga rasa soto manis dan ringan. Makanan ini cocok dinikmati dengan nasi hangat, sambal, dan kerupuk.

2. Bakakak Hayam

Bakakak Hayam merupakan makanan khas Sunda, Jawa Barat. Makanan ini digunakan sebagai lauk pauk dan makanan pendamping. Disebut Bakakak karena bentuknya seperti seseorang yang duduk bersila.

Dalam bahasa Sunda, seseorang yang duduk bersila disebut bakakak atau bekakak. Makanan ini biasanya disajikan untuk pesta adat seperti pernikahan, sunatan dan upacara adat lainnya.

Bakakak Hayam menjadi sajian utama untuk mempelai dan menjadi syarat khusus untuk upacara pernikahan. Prosesnya sajiannya setelah selesai ijab qabul dan mempelai duduk di pelaminan. Pengantin laki-laki menyuapi pengantin perempuan dengan Bakakak Hayam.

3. Sate Maranggi

Sate Maranggi adalah makanan khas Sunda, khususnya di Purwakarta dan Cianjur. Meski demikian, makanan ini bisa ditemukan di Bandung untuk dinikmati ketika liburan. Anda juga bisa menemukan penjaja sate MAranggi berkeliling di jalan.

Proses pembuatan sate berbeda dengan sate daerah lain. Sebelumnya daging direndam dulu dalam bumbu (marinasi) sebelum dibakar. Bahan bumbu sate Maranggi yaitu jenis rempah, seperti jahe, ketumbar, lengkuas, kunyit, diberi sedikit cuka untuk memberikan sedikit rasa masam. Cukanya terbuat dari aren, dan jenis cuka lain.

Sate Maranggi disajikan tanpa saus pendamping karena bumbunya sudah meresap dalam daging. Sate ini cocok dinikmati dengan nasi hangat, lontong, ketan bakar plus sambal oncom, atau bersama nasi timbel.

4. Sayur Asem Bandung

Resep Sayur Asem khas Sunda ini tak sulit untuk dibuat sendiri. Sayuran direbus, kemudian diberi kuah dengan bumbu cabe dan juga larutan asam Jawa sehingga rasanya pedas dan segar. Sayur Asem sangat cocok dijadikan sebagai hidangan makan siang yang enak.

Sayur asem khas Sunda umumnya memiliki tampilan warna kuah yang tak terlalu keruh dibandingkan dengan sayur asem khas Betawi. Meskipun keduanya sama-sama menggunakan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, terasi dan kemiri yang sudah disangrai.

Dari isian, sayur asem Sunda juga memiliki isian yang tidak terlalu banyak dibandingkan dengan sayur asem Betawi. Dan dalam resep sayur asem Sunda, kacang tanah yang digunakan sudah dikupas sedangkan dalam sajian sayur asem Betawi, kacang tanahnya direbus bersama kulitnya.

5. Tahu Susu Lembang

Bandung berada di area perbukitan dan dataran tinggi. Bandung dikenal juga memproduksi susu sapi murni. Susu sapi ini diolah menjadi makanan dan minuman bergizi.

Salah satu produk olahan susu adalah tahu susu Lembang. Meski dicampur dengan susu, bahan utama tahu ini memakai kacang kedelai. Tahu susu Lembang memiliki tekstur halus, lembut, dan gurih.

Makanan ini mengandung protein bergizi yang cocok menjadi lauk. Jika Anda berkunjung ke Lembang, Anda bisa membeli untuk oleh-oleh.

6. Cuanki

Cuanki hampir mirip dengan bakso Malang. Namun cuanki adalah jajanan terkenal dari Bandung, Jawa Barat. Makanan ini berbahan dasar ikan, daging sapi, tepung tapioka, dan bumbu penyedap lainnya.

Cuanki disajikan dengan kuah kaldu yang kuat berisi bakso, siomay kukus, siomay goreng, tahu goreng, dan tahu rebus dengan taburan bawang goreng dan daun seledri.

Arti kata Choan Kie adalah rezeki. Awal mula pemberian nama cuanki ini dari merk dagang panganan Tim Sam (dimsum) berkuah, bernama Bakso Tahu Kuah Choan Kie. Dahulu makanan ini diproduksi di kota Cimahi. 

Cuanki memiliki perbedaan dengan bakso malang yaitu proses penyajian dan isinya. Cuanki disajikan dengan cara merebus bahan seperti siomay goreng dan disajikan ketika siomay goreng mengembang. Kuah cuanki memiliki rasa gurih yang cukup tajam.

Kuah tajam ini berasal dari bumbu, kaldu, dan penyedap. Isi satu porsi cuanki adalah bakso halus, siomay kukus, siomay goreng, tahu goreng, tahu rebus, ataupun tambahan mi.

Sedangkan Bakso Malang tidak merebus isinya terlebih dahulu. Kuah bakso malang lebih jernih dan ringan, karena berasal dari air rebus bekas daging. Isi bakso Malang yaitu bakso halus, bakso urat, bakso goreng, siomay kukus, siomay goreng, tahu goreng, dan tahu rebus ataupun tambahan seperti mi kuning dan bihun.

7. Yogurt

Produk olahan susu di Bandung adalah Yoghurt. Minuman ini sering dijadikan minuman penutup, yang diproses melalui fermentasi bakteri Yoghurt bisa disajikan menjadi minum, jus, kue, yoghurt beku (mirip es krim) atau pun dibentuk seperti es krim stik.

8. Es Goyobod

Minuman dingin khas SUnda ini jadi pelepas dahaga ketika berlibur di Bandung. Es Goyobod adalah minuman dingin berbahan dasar santan seperti es campur.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...