5 Tips Mudah Membuat Stiker WhatsApp

Stiker WhatsApp sudah seperti kebutuhan saat mengirim pesan singkat, agar tak monoton saat bercakap-cakap. Membuatnya juga tidak sulit dan hanya dengan 5 tips di bawah.
Image title
13 Oktober 2021, 16:20
5 Tips Mudah Membuat Stiker WhatsApp
YouTube

Aplikasi pesan singkat WhatsApp kini mulai menyediakan banyak fitur produk agar memikat para penggunanya. Salah satunya adalah dengan memberikan fitur stiker yang bisa dikirim semudah dengan mengirim pesan kata.

Bahkan, saat ini WhatsApp sudah memberikan dukungan kepada para penggunanya untuk membuat stiker sendiri. Stiker tersebut dapat dibagikan teman ataupun keluarga yang masih tercatat dalam kontakmu.

Apabila berminat, Anda dapat dengan mudah untuk mencobanya. Awalnya Anda harus memiliki kemampuan coding atau pengetahuan komputer untuk dapat membuat stiker sendiri. Namun, sekarang ada aplikasi pihak ketiga yang langsung mampu memasukkan sticker pack yang Anda buat ke dalam WhatsApp.

Meskipun membuat stiker adalah hal yang mudah, namun harus ada yang perlu diperhatikan, yaitu gawai dan aplikasi WhatsApp Anda harus memiliki fitur stiker terlebih dahulu baru bisa membuatnya.

Cara Membuat Stiker WhatsApp

1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh dan menginstall aplikasi yang sekiranya bisa memindahkan foto atau gambar yang ingin dijadikan stiker ke WhatsApp. Adapun aplikasinya yang paling banyak digunakan, salah satunya Personal Sticker for WhatsApp

 2. Edit Foto Tampilan Gambar

Sebelum menggunakan aplikasi pihak ketiga itu, pastikan foto atau gambar yang ingin diubah menjadi stiker, bisa dari gambar yang sudah ada atau mengunduh di internet. Proses edit bisa menggunakan Adobe Photoshop ataupun aplikasi bernama Background Eraser untuk menghapus latar belakang (background) gambar. Pastikan gambar yang sudah kamu edit berada dalam format PNG.

3. Memberi Nama atau Label pada Stiker

Bila editan foto Anda sudah siap untuk dijadikan stiker, bukalah aplikasi yang baru saja Anda unduh. Pilih opsi 'create sticker pack'. Tuliskan judul sticker pack Anda dan masukkan semua gambar tadi ke dalam sticker pack yang telah disimpan melalui opsi yang diberikan.

Jika ada pertanyaan untuk mengakses folder gambar dan video Anda, jawab 'allow'. Setelah itu pilihlah gambar yang tadi dan pilih 'save sticker' atau 'simpan stiker'.

 4. Menambahkan Stiker

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah menekan tomboh 'add' dan kemudian, silakan sebarkan stiker hasil karya Anda di kolom percakapan WhatsApp. Untuk menyimpan stiker yang tidak ada, caranya cukup dengan menekan stiker buatan itu, lalu memilih 'save to favorite'.

Ketika Anda akan mengakses stiker buatan yang tidak kamu miliki itu, kamu cukup memilih ikon bergambar bintang. Di sana terdapat stiker-stiker yang telah Anda favoritkan.

5. Demi Hasil Terbaik Jangan Gunakan Aplikasi Stiker untuk Mengedit

Perlu menjadi catatan untuk beberapa aplikasi pihak ketiga tersebut memiliki fitur edit gambar sehingga Anda tak perlu lagi mengedit di luar aplikasi tersebut. Tetapi umumnya fitur editing di sana tidak selengkap yang lain, jadi tetap lebih baik untuk mengedit gambar Anda di luar aplikasi penambah stiker. Selain lebih detail, Anda bisa membuat stiker Anda juga lebih rapi dan berwarna.

Demikianlah lima tips dalam membuat stiker di WhatsApp. Tentu yang harus diperhatikan agar tetap menjaga etika dalam mmembuat stiker, jangan melanggar norma dan tetap menghormati privasi. Sehingga tidak sembarang foto dijadikan stiker.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait