5 Negara Terkaya di Dunia, 2 di Antaranya di Asia Tenggara

Image title
15 Oktober 2021, 17:46
5 Negara Terkaya di Dunia, 2 di Antaranya di Asia Tenggara
www.visitqatar.qa

Beberapa majalah internasional seperti Forbes dan Global Finance sering merilis beberapa negara terkaya di dunia. Dalam proses penghitungannya suatu negara dapat dinilai lebih makmur dari sebelumnya atau dari negara lain antara lain jika nilai Produk Domestik Bruto (PDB/GDP) per penduduknya lebih tinggi.

Salah satunya Jepang yang dianggap sebagai mendapatkan keajaiban ekonomi. karena sejak masa setelah perang negara ini berhasil menggandakan PDB-nya hampir 75 kali dalam 30 tahun (dari US$14,2 pada 1951 menjadi US$1040,1 milyar pada 1980). GDP Tiongkok juga rata-rata naik sekitar 10% dalam 30 tahun terakhir ini.

Mengutip Global Finance, selain GDP, umumnya pemerintahan negara juga memperhatikan seberapa meratanya penyebaran kemakmuran tersebut. Salah satu penerapannya jika pendapatan terkumpul pada suatu kelompok kecil saja, maka walaupun angka GDP tinggi kemungkinan jumlah orang miskin masih banyak.

Indikator kemakmuran yang tak kalah penting adalah Poverty Index (ukuran kemiskinan) dan GINI Coefficient (ukuran pemerataan). Selain itu, akhir-akhir ini juga muncul ukuran kemakmuran yang sifatnya lebih luas, seperti Gross National Happiness (GNH), yang mempertimbangkan unsur-unsur penyumbang kualitas hidup yang lain seperti kualitas budaya dan lingkungan.

5 Negara Terkaya di Dunia

1. Qatar

Negara terkaya di dunia nomor satu di dunia ada di salah satu pada di wilayah Timur Tengah. Tepatnya Qatar dengan angka GDP mencapai US$ 132.886. Sumber kekayaan Qatar adalah cadangan minyak dan gas serta petrokimia negara itu yang begitu besar, arsitektur ultramoderen, pusat perbelanjaan mewah, juga kuliner yang mampu menarik investor maupun turis mancanegara untuk datang.

Sementara jumlah penduduknya sangat sedikit, hanya 2,8 juta orang. Ini membuat Qatar berhasil menduduki puncak daftar negara terkaya di dunia selama 20 tahun. 

Meski terkena pandemi Covid-19 saat ini, perekonomian Qatar diproyeksikan akan terus tumbuh dalam jangka menengah di tengah peningkatan produksi gas dan investasi menjelang Piala Dunia 2022.

2. Luksemburg

Luksemburg menjadi negara terkaya di dunia nomor dua. Negara terkecil di Eropa ini dikenal sebagai negara yang memiliki banyak kastil, pemandangan pedesaan, dan festival budaya maupun gastronomi. Negara yang berpenduduk hanya 600 ribu orang ini juga memiliki banyak hal yang bisa ditawarkan kepada wisatawan mancanegara.

Luksemburg menggunakan sebagian besar kekayaannya untuk program perumahan, jaminan kesehatan, dan pendidikan yang lebih baik bagi rakyatnya. Selama ini warga Luksemburg menikmati standar hidup tertinggi di wilayah Eropa.

Namun, wabah virus corona memaksa banyak bisnis tutup dan pekerja kehilangan pekerjaan. Statec, layanan statistik pemerintah nasional, memperkirakan, resesi ekonomi akan berlangsung sesingkat mungkin. Tahun ini PDB Luksemburg diperkirakan pulih dengan pertumbuhan 6-7%.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...