7 Manfaat Susu Kambing, Kesehatan Jantung hingga Penyenyak Tidur

Image title
28 Oktober 2021, 12:48
Ilustrasi manfaat susu kambing
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/foc.
Pekerja memerah susu kambing Sapera menggunakan alat modern di Farm House Pure Fresh, Desa Petirhilir, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (25/3/2021). Pure Fresh memproduksi susu kambing murni hingga 45 liter per hari dari 35 ekor kambing yang dijual ke industri pengolahan makanan di Cikarang, Cibinong, dan Bogor, bahkan mampu menyerap tenaga kerja dari kalangan pemuda untuk mengembangbiakan kambing juga menggolah susu menjadi bahan baku sabun, yoghurt, dan minuman kefir.

Siapa yang tak mengenal susu kambing, sajian minuman yang dihasilkan oleh kambing betina selepas melahirkan. Melansir buku Cara Pengolahan Siap Konsumsi Susu Kambing, yang ditulis oleh Dwi Susanto dan N.S. Budiana, seekor kambing betina baru bisa memberikan susu tiga hari selepas melahirkan.

Pada fase awal tersebut susu yang dihasilkan kambing sangat kaya akan kolostrum. Ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Zat gizi yang terkandung dalam susu kambing lebih banyak dibandingkan susu sapi.

Gizi yang berlimpah tersebut membuat segelas susu kambing diyakini memiliki dampak dan manfaat bagi kesehatan. Sebagian besar masyarakat Timur Tengah telah menjadikan susu kambing sebagai menu konsumsi harian. Ini sudah terjadi pada era 7000 tahun sebelum masehi.

Secara struktur dan tekstur, susu kambing memiliki aroma yang khas bau prengus, yang disebabkan oleh asam kaproat dalam susu kambing. Namun, bau ini dapat dikurangi dengan memberikan pakan tambahan seperti akar som jawa untuk kambing.

Kandungan Nutrisi Susu Kambing

Di balik rasa dan aromanya yang prengus, ada beragam kandungan gizi baik yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Kandungan tersebut masih tersimpan, meski susu kambing dikemas dari berbagai olahan.

Melansir Hellosehat.com, berikut daftar kandungan gizi dari setiap 100 mililiter susu kambing:

  • Air: 85,9 gram
  • Energi: 64 kalori
  • Protein: 4,3 gram
  • Lemak: 2,3 gram
  • Karbohidrat: 6,6 gram
  • Kalsium: 98 miligram
  • Fosfor: 78 miligram
  • Besi: 2,7 miligram
  • Natrium: 35 miligram
  • Kalium: 160 miligram

Aneka Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan

Dari beragam nutrisi susu dan gizi susu kambing itu dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh di antaranya:

1. Memperkuat Kesehatan Tulang dan Gigi

Susu kambing bermanfaat menjaga serta menguatkan tulang dan gigi. Hal ini terjadi karena susu kambing mengandung kalsium yang cukup banyak. Dalam satu gelas susu kambing (± 235 ml) terdapat sekitar 330 mg kalsium.

2. Memperlancar Kesehatan Sistem Perencanaan

Susu kambing dikenal dengan struktur serta teksturnya yang unik. Setiap gelas susu kambing terlihat lebih kental dan lembut, sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh daripada susu sapi. Susu kambing juga mengandung prebiotik yang berfungsi sebagai asupan bakteri baik untuk tubuh, agar jumlahnya tetap terjaga demi kesehatan sistem pencernaan.

3. Mengurangi Potensi Gejala Psoriasis

Bagi kalangan masyarakat yang menderita psoriasis merasa mengalami perbaikan gejala setelah mengganti asupan susu sapi dengan susu kambing dan menggunakan produk berbahan susu kambing. Meski begitu, sejauh ini belum terdapat penelitian yang menerangkan efek ini secara rinci.

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...