Manfaat Daun Pandan untuk Mencegah Kolesterol dan Asam Urat

Dwi Latifatul Fajri
2 November 2021, 17:50
Manfaat Daun Pandan
ANTARA FOTO/Feny Selly/foc.

Daun pandan atau Pandanus adalah tanaman yang memiliki aroma bunga yang manis. Pandan biasanya digunakan untuk bubuk, pasta, dan minyak esensial. Di Indonesia, daun pandan dipakai untuk bahan membuat kue supaya rasanya lebih enak.

Ciri-ciri daun pandan warnanya hijau, panjang, dan bagian pinggirnya runcing. Panjang tanaman sekitar 30-51 cm tergantung jenisnya. Daun pandan memiliki 600 spesies yang bisa dikonsumsi untuk makanan.

Tanaman ini tumbuh subur di iklim tropis dan hangat. Pandan tumbuh di ketinggian 20 meter diatas permukaan laut. Ada juga yang tumbuh di ketinggian 600 meter.

Pandan bisa tumbuh di sepanjang pantai, tepi sungai, dan dekat air. Tumbuhan ini bisa hidup dalam kondisi kering dan angin kencang. Di Filipina, pandan menghasilkan buah pinus warna merah jingga yang bisa dimakan.

Daun pandan dikenal luas di wilayah Asia Tenggara dan Asia Selatan. Pandan populer di negara Srilankan, Thailan, dan Indonesia. Tanaman ini dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan obat alami.

Kandungan Daun Pandan

Pada 100 gram daun pandan terdiri dari karbohidrat, air, protein, dan lemak. Daun pandan mengandung vitamin C, B1, B2, B3. Biasanya pandan dibuat tepung untuk bahan kue. Berikut kandungan daun pandan mengutip dari hellosehat.com:

  • Kalori: 321 kkal
  • Protein: 2,2 gram
  • Karbohidrat: 78 gram
  • Serat: 3,5 gram
  • Vitamin A: 390 – 724 mikrogram
  • Tiamin (vitamin B1): 0,04 miligram
  • Vitamin C: 2 miligram
  • Kalsium: 134 miligram
  • Fosfor: 108 miligram
  • Zat besi: 5,7 miligram

Pandan mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh. Zat bersi bisa mencegah anemia dan membantu sirkulasi oksigen yang diangkut darah. Buah pandan mentah juga baik untuk tubuh karena mengandung serat dan rendah kalori.

Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

Di Asia Tenggara daun pandan menjadi rempah-rempah karena rasa dan aroma yang unik. Di Vietnam, daun pandan menjadi penyegar udara karena aromanya yang khas. Tanaman ini mudah ditanam dan tumbuh subur di halaman. Berdasarkan penelitian modern, berikut manfaat daun pandan untuk kesehatan:

1. Mengurangi nyeri artritis

Artritis adalah peradangan yang terjadi pada salah satu sendi. Peradangan ini berefek pada nyeri dan kaku seiring bertambahnya usia. Arthritis disebabkan oleh infeksi dan penyakit tertentu.

Gejala penyakit ini yaitu timbulnya nyeri sendi tanpa bergerak, terjadi pembengkakan, dan timul kemerahan di kulit yang dekat dengan sendi.

Mengutip dari halodoc.com, arthritis terjadi ketika jaringan tulang rawan mengalami peradangan. Dampaknya terjadi gangguan fungsi sendi.

Mengutip dari healthline.com, penyakit ini bisa disembuhkan dengan minyak kelapa yang dioleskan pada daun pandan. Lalu daun pandan ditempelkan pada nyeri radang sendi.

Sebenarnya efek penyembuhan nyeri sendi berasal dari minyak kelapa yang mengandung anti-inflamasi. Daun pandan bisa menjadi tanaman alami untuk penyembuhan.

Daun pandan bisa mengurangi rasa sakit. Penelitian menemukan ekstrak minyak dari daun pandan mengandung fitokimia. Kandungan ini bisa meredakan gejalan radang sendi, membantu meringankan sakit kepala, dan sakit telinga.

2. Membantu mengelola gula darah

Daun pandan bisa mengelola kadar gula darah dalam tubuh. Penelitian dilakukan pada 30 orang dewasa yang rutin meminum teh dari daun pandan. Hasilnya setelah mereka rutin minum teh, gula darah bisa berkurang daripada objek peneliti yang hanya minum air panas.

3. Meningkatkan kesehatan mulut

Daun pandan bisa menjadi penyegar mulut alami. Mengunyah daun pandan bisa menyegarkan napas karena aroma yang dikeluarkan. Praktikum ini dilakukan di beberapa negara Asia. Selain menyegarkan mulut, mengunyah daun pandan bisa menghentikan gusi berdarah.

4. Menetralkan racun

Daun pandan ketika digunakan sebagai bahan masakan menetralkan racun. Daun pandan bisa melakukan detoksifikasi atau pelepasan racun yang tertinggal ketika dikonsumsi.

Tak hanya menetralkan, daun ini bisa membantu melepaskan racun dan kotoran dalam tubuh. Beberapa orang memakai daun pandan sebagai pencahar alami untuk melancarkan pencernaan.

5. Pencegahan Penyakit Jantung

Mengutip dari webmd.com, daun pandan memiliki karotenoid yang bisa mengurangi resiko pengembangan penyakit aterosklerosis. Penyakit ini terjadi karena penyempitan arteri jantung karena penumpukan plak pada dinding pembuluh darah. Kondisi ini bisa menyebabkan penyakit jantung koroner.

6. Perawatan kulit

Daun pandan bisa dikeringkan lalu dihancurkan untuk pengobatan penyakit luka ringan di kulit. Daun pandan bisa mengobati luka bakar ringan, terkena sinar matahari, dan masalah kulit lainnya.

Asam tanat pada daun pandan memberikan tindakan pendinginan sehingga bisa menyembuhkan luka bakar ringan.

Manfaat Daun Pandan untuk Kolesterol dan Asam Urat

Mengutip dari website ipb.ac.id, sebuah penelitian dilakukan untuk menemukan antikolesterol pada daun pandan wangi. Penelitian tersebut dilakukan kelompok mahasiswa kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Alasan dipilihnya daun pandan wangi karena tidak menyebabkan peningkatan kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan ini dapat mengikat asam empedu di usus dan akhirnya dibuang melalui feses. Kandungan fenol pada daun pandan bisa menghambat oksidasi Low Density Lipoprotein (LDL) yang bisa menurunkan kecenderungan kolesterol.

Ekstrak pandan bisa mengurangi asam urat secara alami. Manfaat daun pandan yaitu mempercepat pembuangan asam urat dalam tubuh, menjaga kandungan asam urat normal pada tubuh, dan memperbaiki kristal asam urat.

Daun pandan bermanfaat untuk metabolisme dan sumber energi untuk orang yang sembuh dari sakit. Manfaat lain tanaman ini dapat menenangkan saraf dan membantu relaksasi.

Cara Mengkonsumsi Daun Pandan

Daun pandan biasanya dimasak untuk pengolahan kue dan sayur. Sebelum dimasak, bersihkan terlebih dahulu daun pandan. Bersihkan daun pandan di atas air bersih yang mengalir. Bersihkan bagian depan, belakang, sampai ujung daun. Setelah bersih kemudian keringkan daun.

Daun pandan bisa dipotong kecil-kecil untuk penyedap rasa makanan. Anda bisa juga membuat infused water dari daun pandan. Infused water merupakan campuran air putih dan buah-buahan yang didinginkan selama beberapa waktu.

Infused water baik diminum karena kandungan nutrisi buah meresap dalam air. Berikut resep membuat infused water dari daun pandan:

1. Siapkan daun pandan yang sudah dibersihkan

2. Potong daun pandan menjadi beberapa bagian

3. Siapkan botol berisi air bersih lalu masukkan potongan daun pandan dalam air tersebut. Anda bisa menambahkan buah lain untuk infused water. Diamkan selama semalam dalam kulkas.

Editor: Safrezi

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...