Mengenal dan Menghitung Rumus Segitiga Sama Kaki

Image title
30 Oktober 2023, 14:00
Rumus segitiga sama kaki
Buku Pendekatan Realistik Dan Teori Van Hiele
Rumus segitiga sama kaki

Dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII di bangku sekolah, terdapat materi yang membahas mengenai rumus keliling segitiga sama kaki. Rumus ini memiliki kesamaan yaitu sama dengan rumus keliling segitiga siku-siku, sama sisi dan segitiga sisi sembarang.

Pada penjelasan mengenai segitiga sama kaki, terdapat sebuah ciri khusus pada bentuknya unik. Anda bisa menggunakan suatu rumus agar dapat mengetahui keliling segitiga sama kaki dengan cepat.

Untuk mendalami rumus segitiga sama kaki, kita perlu mempelajari dan mengetahui ciri dan karakternya terlebih dahulu. Bentuk dan ciri khas segitiga sama kaki cukup mudah untuk ditemukan dalam keseharian. 

Mengenal Rumus Keliling Segitiga Sama Kaki

Mengutip buku Kapita Selekta Pembelajaran Geometri Datar Kelas VII, segitiga adalah bangun datar yang dibatasi oleh tiga sisi. Dalam makna lain, segitiga terbentuk oleh tiga ruas garis yang disebut sisi dan setiap sisinya berpotongan dengan dua sisi yang lain.

Apabila diklasifikasikan dari sudutnya, segitiga terdiri dari segitiga lancip, segitiga siku-siku, dan segitiga tumpul. Meski begitu, jumlah sudut segitiga selalu 180 derajat. Berdasarkan klasifikasi sisinya, segitiga terdiri dari segitiga sama sisi, segitiga sembarang, dan segitiga lancip.

Pembahasan artikel ini akan berfokus pada segitiga sama kaki yang dicirikan atas beberapa hal. Pertama, memiliki ciri dari besar sudutnya di kaki-kaki atau alasnya sama dan memiliki dua sisi yang panjangnya sama.

Kedua, rumus keliling segitiga sama kaki adalah jumlah ketiga sisinya. Dikarenakan ada dua sisi yang sama panjangnya, rumus keliling segitiga sama kaki adalah dua kali sisi yang sama, ditambah sisi yang berbeda.

Apabila diberikan soal sebagaimana berikut:

1. Hitunglah keliling segitiga sama kaki jika panjang sisi yang sama adalah 5 cm dan panjang sisi alasnya 4 cm!

Penyelesaian:
K = 2a + b
K = 2(5) + 4
K = 10 + 4
K = 14
Jadi, keliling segitiga tersebut adalah 14 cm.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement