8 Cara Mengusir Lalat Buah dengan Bahan Alami dan Ramah Lingkungan

Image title
10 November 2021, 14:22
Ilustrasi cara mengusir lalat buah
Pixabay
Ilustrasi cara mengusir lalat buah

Makanan yang dihinggapi lalat tentu akan menurunkan kadar kualitas gizi maupun penampilan. Tentunya hal itu berpengaruh bagi para pedagang, karena akan menurunkan minat belanja pembeli.

Salah satu jenis lalat yang sering hinggap di makanan adalah lalat buah. Walaupun ukurannya kecil, keberadaannya tetap membuat jijik dan bergidik. Lalat buah seringkali berada di bahan makanan dapur ataupun buah di pasar. Karena ukurannya yang mini, banyak orang yang sering terlewat dengan keberadaannya.

Advertisement

Selain harus waspada saat berbelanja terutama kebutuhan sayur dapur dan buah, Anda juga bisa mengusirnya dengan sejumlah cara. Ada sejumlah cara mengusir lalat buah dengan bahan yang murah dan tentu tidak berbahaya karena tercipta dari saripati alami.

 Cara Mengusir Lalat Buah Menggunakan Bahan Alami

Berikut cara mengusir lalat buah dengan bahan alami yang mudah dan murah untuk didapatkan:

1. Perhatikan Bahan dan Makanan yang Mengundang Lalat Buah

Lalat buah terkadang hadir atas undangan kita sebagai pemilik makanan yang dibiarkan terbuka. Hal itu kerap terjadi seperti pada kecap dan minuman manis seperti, sirup yang lupa ditutup botolnya.

Selain itu lalat ini biasanya akan masuk ke dalam, lalu terperangkap hingga mati dan bersemayam di dalamnya. Solusinya adalah dengan selalu menjaga kebersihan dan terus membersihkan seriap sisa makanan atau minuman yang tercecer.

2. Menggunakan Cuka Apel

Cuka apel selain lezat untuk dikonsumsi dan bermanfaat untuk kesehatan juga berguna sebagai bahan pengusir lalat buah. Berikut bahan dan cara mengusir lalat buah dengan cuka apel:

  • Cuka apel, 2 sendok makan (sdm).
  • Gula, 1 sdm.
  • Sabun cuci piring, beberapa tetes.
  • Air, 1 liter.
  • Wadah.

Campurkan semua bahan dalam wadah yang sudah disiapkan, kemudian letakkan di area yang terlihat banyak dihinggapi lalat buah. Dengan jebakan tersebut, para lalat tidak akan bisa keluar dan terperangkap lalu mati di tempat.

3. Simpan Bahan Makanan di Tempat yang Terjaga

Lalat buah kerap kali bertandang ke dapur untuk mencari sisa makanan atau bahan dapur lain yang bisa mereka akses. Oleh karenanya bahan makanan harus selalu disimpan dan berada dalam keadaan terjaga. Salah satu tempat terbaik menyimpanan makanan agar terhindar dari lalat buah dan bisa mencegah kebusukan adalah kulkas.

4. Menambahkan Campuran Lada, Gula dan Susu

Campuran dari larutan susu, gula merah, dan lada dapat membuat lalat buah mati secara perlahan. Bahan-bahan tersebut tidak hanya ampuh untuk mengusir lalat buah namun juga mematikan para lalat yang meresahkan itu.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement