3 Resep Donat dan Bahan Dasarnya, Bisa Dibuat di Rumah

Image title
11 November 2021, 15:06
3 Resep Donat dan Bahan Dasarnya, Bisa Dibuat di Rumah
ANTARA FOTO/Ardiansyah/hp.
Pemilik rumah produksi Sari Donuts menyusun donat dengan motif COVID 19, di Bandar Lampung, Lampung, Senin (22/3/2021). Rumah produksi donat tersebut setiap hari memproduksi 500 buah donat dengan berbagai macam motif Covid-19 dengan harga jual Rp35 ribu sampai Rp65 ribu per kotak tergantung motif dan ukuran.

Sudah menjadi rahasia umum, kalau kue berbentuk mirip huruf “O” bernama donat memiliki rasa manis dan lezat. Teksturnya yang lembut menjadikan roti ini digemari oleh semua orang, tak terkecuali di Indonesia.

Sejarah mencatat donat berasal dari Amerika Utara. Sekitar tahun 1870, seorang bernama John Blandel mendapatkan hak paten untuk cetakan donat pertama yang mempunyai lubang di tengahnya.

Seiring berkembangnya waktu, beragam variasi resep donat terus bermunculan. Ada yang berinovasi dengan toping atau taburannya. Ada pula yang berkreasi dengan cara membuatnya.

Pada umumnya, donat dibuat dengan cara digoreng. Meski begitu tidak sedikit juga ada donat  yang dibuat menggunakan metode pemanggangan

Donat, seperti dikutip dari situs encyclopedia.jakarta-tourism.go.id, merupakan roti berbentuk seperti cincin. Kue ini termasuk jenis roti. Umumnya tekstur donat adalah lembut, mirip roti kebanyakan.

Merujuk pada buku bertajuk Variasi Donat yang disusun oleh Tim Dapur DeMedia, bahan dasar untuk membuat resep donat sederhana biasanya terdiri dari tepung terigu, aneka gula seperti gula pasir, gula icing dan gula bubuk, margarin atau mentega, bread improver, ragi instan, telur, dan juga susu.

Bahan Dasar Pembuat Donat

Bahan-bahan dasar untuk membuat donat di atas memiliki fungsinya masing-masing. Untuk mmengetahuinya, simak penjelasan di bawah ini:

  • Tepung terigu

Tepung terigu merupakan bahan dasar untuk memuat donat. Tepung jenis ini mengandung protein dalam jumlah sedang. Terigu yang paling sering digunakan misalnya dari merek tepung Segitiga Biru.

  • Aneka gula

Fungsi utama dari aneka gula pada proses pembuatan donat adalah meberikan sensasi rasa manis. Selain itu, gula yang dimasukan ke dalam adonan dapat membantu kerja ragi.

  • Margarin dan mentega

Sama seperti gula, margarin yang dicampur ke dalam adonan bisa mempercepat kerja ragi. Selain itu margarin merupakan lemak nabati yang ditambahkan dalam pembuatan donat.

  • Bread improver

Bahan ini sebenarnya tidak wajib dalam pembuatan donat. Meski begitu, pemakaian bread improver ternyata bisa membantu adonan donat mengembang lebih baik, dengan teksturnya yang lembut.

  • Ragi instan

Fungsi utama ragi adalah sebagai bahan pengembang donat. Jika bahan ini tidak dimasukan, jangan harap adonan donat yang dibuat bisa mekar sempurna.

  • Telur

Perlu diketahui, telur berfungsi sebagai pengikat semua bahan di dalam adonan donat. Tak hanya itu, telur juga bisa menjadi pembentuk rasa alami, warna, dan pengembang adonan donat.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...