Mengenal Pola Lantai, Properti, dan Fungsi Tari Yapong

Dwi Latifatul Fajri
14 November 2021, 14:52
Tari Yapong
encyclopedia.jakarta-tourism.go.id

Tari Yapong berasal dari kreasi suku Betawi, Jakarta. Tarian ini menggambarkan pergaulan anak muda yang diciptakan seniman Bagong Kussudiardja. Tari Yapong dipentaskan pertama kali untuk memeriahkan acara ulang tahun Jakarta ke-450 di tahun 1977.

Pentas seni tari yapong ini ditampilkan selama 2 hari yaitu 20-21 Juni 1977. Sebanyak 300 orang artis, penari, dan musikus mendukung pementasan ini. Bagong Kussudiardja sebelumnya melakukan penelitian dan observasi selama beberapa bulan. Studi kepustakaan tentang masyarakat Betawi dan seni drama tari (sendratari).

Advertisement

Tema cerita yang diangkat dari tarian ini adalah adegan menyambut Pangeran Jayakarta. Mengutip dari laman indonesiakaya.com, Pangeran Jakarta bernama Fatahillah ingin merebut kota pelabuhan Sunda Kelapa dari tangan Portugis. Peristiwa tersebut menjadi inspirasi untuk kisah tari Yapong.

Penari yapong digambarkan sebagai rakyat kecil yang mengekspresikan kegembiraan. Kata “Yapong” sebenarnya tidak memiliki arti khusus. Namun nama tarian ini diambil dari teriakan para penari yang meneriakkan kata “ya ya ya ya” dan musik pengiring berbunyi “pong pong pong”.

Mengutip dari laman jakarta-tourism.go.id, penari tari yapong terdiri dari 5-10 perempuan yang berjajar simetris. Beberapa pertunjukan juga menampilkan penari laki-laki. Tarian ini memiliki gerakan dinamis pada kaki, tangan, dan pinggul.

Tari Yapong biasanya ditampilkan di acara kebudayaan dan acara adat khas Betawi. Selain itu, tarian ini menjadi hiburan untuk ulang tahun ibu kota, pesta di DKI Jakarta, dan menyambut hari kemerdekaan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement