Mengenal Gerakan dan Makna Tari Serampang Dua Belas

Dwi Latifatul Fajri
15 November 2021, 12:51
Tari Serampang Dua Belas
encyclopedia.jakarta-tourism.go.id

Suku Melayu memiliki kebudayaan dan kesenian seperti seni tari, seni musik, seni rupa, seni drama, dan jenis seni lainnya. Suku Melayu yang tinggal di pesisir Sumatera Timur memiliki tarian sakral, tari perang, dan tari pergaulan.

Tarian tersebut berfungsi sebagai sarana upacara adat, upacara agama, sarana pergaulan, dan tontonan. Salah satu tarian populer Melayu adalah tari Serampang dua belas. Tarian ini dilakukan secara berpasangan dan diciptakan dari gerak-gerik tari pergaulan. Tarian ini berkembang dari masyarakat dan kalangan istana.

Tari Serampang Dua Belas berasal dari Sumatera Utara. Tarian ini diciptakan oleh salah satu guru seni bernama Guru Sauti. Serampang 12 dikenal masyarakat semenjak tahun 1950-an. Tarian ini termasuk kreasi baru yang mewakili suku Melayu.

Tarian ini berkembang pada masa kesultanan Serdang. Mengutip dari kemdikbud.go.id, nama tari Serampang 12 berasal dari gerak tarian yang berjumlah 12. Makna Tari Serampang Dua Belas merupakan penggambaran kisah cinta pasangan.

Tarian ini menceritakan tentang dua anak manusia yang saling mencintai. Kemudian diakhiri dengan pernikahan yang direstui kedua orang tua. Serampang dua belasi dilakukan secara berpasangan oleh lelaki dan perempuan. Gerakan tarian menceritakan proses bertemuan pasangan tersebut.

Gerakan tersebut menceritakan pertemuan pertama, cinta meresap, memendam cinta, menggila mabuk kepayang, isyarat tanda cinta, balasan isyarat, menduga, masih belum percaya, jawaban, pinang meminang, mengantar pengantin, dan pertemuan kasih.

Properti Tari Serampang Dua Belas

Tari Serampang 12 memiliki properti berupa musik pendukung, pakaian penari, dan sapu tangan. Awalnya lagu pengiring tarian adalah pulau Sari. Lagu ini diciptakan untuk mencocokkan tempo gaya, suasana, dan gerakan. Mengutip dari jurnal “Serampang XII: Tari kreasi yang Mentradisi pada Masyarakat Melayu Pesisir Sumatera Timur” yang ditulis Nurwani, berikut penjelasan mengenai properti tari Serampang 12.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...