Wisata Curug Leuwi Hejo dari Rute Jalan Hingga Biaya Tiket Masuk

Curug Leuwi Hejo menjadi salah satu wisata bagi warga Jabodetabek yang ingin menikmati wisata alam air di akhir pekan atau masa liburan panjang akhir tahun.
Image title
15 November 2021, 18:18
Suasana Curug Leuwi Hejo
Pinterest
Suasana Curug Leuwi Hejo

Salah satu destinasi wisata untuk menikmati akhir pekan bagi para warga Jabodetabek adalah Kota Bogor. Kota ini memiliki banyak destinasi wisata alam maupun buatan yang menarik perhatian para wisatawan. Destinasi wisata Bogor sangat beraneka macam, salah satunya adalah Curug Leuwi Hejo.

Destinasi Curug Leuwi Hejo mempunyai pemandangan alam yang sangat indah, bahkan karena indahnya tempat ini juga sering disebut-sebut sebagai Green Canyon kota Bogor. Melalui pesona tersebut, Bogor yang juga merupakan kota penunjang bagi ativitas perekonomian ibu kota negara yaitu Jakarta.

Adapun lokasi Curug Leuwi Hejo berada di Kampung Wangan, Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Kota Bogor. Setidaknya Anda bisa mencapai destinasi wisata alam yang indah ini kamu harus menempuh perjalanan dengan jarak 10 kilometer dari pusat kota Bogor.

Meskipun demikian jarak dan yang waktu yang harus ditempuh dalam durasi 20 sampai 45 menit. Namun apabila Anda datang dari Provinsi DKI Jakarta, Anda harus menempuh perjalanan dengan jarak sekitar 50 kilometer dengan waktu tempuh selama dua sampai tiga jam perjalanan.

Advertisement

Apabila sedang beruntung, Anda bisa melihat pemandangan Gunung Gede dan Gunung Pangrango dalam perjalanan menuju Leuwi Hejo. Namun saat cuaca mendung atau ada awan tebal, maka bersiaplah untuk kecewa, semua pemandangan itu akan tertutup dengan sendirinya.

Berlibur Sembari Mencari Spot Foto

Sebagai destinasi wisata alam air yang populer di Kota Bogor, curug ini cukup menjadi piliha dibanding wahana wisata alam air lainnya. Hal iti disebabkan air terjun Leuwi Hejo memiliki daya tarik tersendiri yang membuat para wisatawan datang ke air terjun ini.

Para wisatawan baik lokal maupun asing sering menjuluki lokasi ini sebagai “Green Canyon” kota Bogor. Air terjun leuwi hejo memiliki kolam berwarna hijau toska dibawah air terjun yang menambah keindahannya.

Kemilau kolam yang memiliki pemandangan seakan sama dengan warna hijau toska ersebut juga memiliki air yang sangat jernih dan dingin. Tak jarang para pengunjung yang berenang menggigil karena merasa kedinginan.

Bagi Anda yang tidak bisa berenang, jangan nekat menyeburkan diri, karena kedalaman curug yang mencapai 1,5 meter. Bebatuan di curug ini juga licin dan berbahaya. Namun, meski tidak bisa menceburkan diri, setidaknya Anda bisa berfoto memanfaatkan kilauan cahaya yang berpencar dari ujung ke ujung sehingga mempercantik hasil potret.

Perjalanan Menuju Curug Leuwi Hejo

Jika hendak berwisata ke Curug Leuwi Hejo dan berangkat Jakarta, Anda bisa melewati Tol Jagorawi, setelah keluar dari tol tersebut kamu masuk di Tol Sentul City.

Perjalanan bisa dilanjutkan dengan membelok ke arah kiri menuju Sentul City kemudian menuju Rainbow Hills Golf dan Polsek Babakan Madang. Setelah sampai di polsek Babakan Madang, Anda hanya perlu berjalan lurus terus sambil melihat kanan jalan. Akan banyak petunjuk jalan yang mengarahkan menuju Curug Leuwi Hejo.

Bagi Anda yang memulai perjalan dari Bogor, rute yang harus dilalui dimulai dari Sentul City. Setelah melewati Giant Departemen Store, belok ke arah Rainbow Hills Golf dan polsek Babakan Madang. Setelah itu kamu hanya perlu berjalan lurus saja.

Jam buka Curug Leuwi Hejo dari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Untuk bisa menuju ke lokasi utama bisa dibilang tidaklah mudah. Setelah Anda sampai di tempat parkir, Anda harus berjalan selama kurang lebih satu jam untuk mencapai salah satu destinasi indah ini.

Jalan yang kamu lewati adalah tanah basah, bebatuan dan sungai kecil. Pada waktu selama masa perjalanan juga akan disuguhkan beberapa pemandangan sungai berbatu. Tak jarang para pengunjung yang menyempatkan berfoto di lokasi tersebut.

Harga Tiket dan Pilihan Penginapan di Sekitar Curug Leuwi Hejo

Sesampainya Anda di Curug Leuwi Hejo nantinya akan dikenakan biaya retribusi tiket sebesar Rp15.000 dan biaya parkir kendaraan dari Rp8.000 hingga Rp10.000.

Selain itu Anda juga bisa mencari tempat penginapan bila ingin bermalam. Pilihannya juga cukup variatif dari harga Rp300.000 hingga jutaan di setiap malam. Fasilitasnya cukup memadai dari kamar tidur hingga sarapan pagi.

Selain fasilitas penginapan pihak pengelola wisata juga menyediakan tempat parkir , tolet dan gazebo yang bisa menampung untuk istirahat. Di Curug ini juga sudah disediakan beberapa warung makan, jadi Anda tidak perlu khawatir lagi jika ingin membeli makanan dan minuman.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait