13 Wisata Dieng dengan Keindahan Alam yang Memesona

Dataran tinggi Dieng berada di Jawa Tengah. Keindahan alamnya dapat dinikmati dengan mengunjungi tempat wisata Dieng berikut ini.
Image title
17 November 2021, 10:08
Batu Angkruk, salah satu wisata Dieng yang menyajikan keindahan alam
Instagram/batuangkruk.dieng
Batu Angkruk, salah satu wisata Dieng yang menyajikan keindahan alam

Secara administratif, dataran tinggi Dieng berada di Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Ketinggian Dieng mencapai sekitar 2.000 mdpl dengan suhu berkisar 15-20 derajat celcius di siang hari dan 10 derajat celcius di malam hari.

Nama Dieng berasal dari bahasa Kawi, yaitu di yang berarti 'tempat' atau 'gunung' dan hyang yang berarti Dewa atau Tuhan. Sehingga Dieng dapat diartikan sebagai tempat para dewa dan dewi bersemayam, menurut buku Mengenal Lebih Dekat: Wisata Alam Indonesia.

Kondisi geografis Dieng dikelilingi oleh pegunungan dan bukit yang menambah keindahan alam tempat wisata ini. Kawasan dataran tinggi Dieng merupakan daerah vulkanis aktif yang terletak diantara Gunung Sindoro dan Sumbing. Beberapa kawah terlihat aktif mengeluarkan gas, seperti Kawah Sinila dan Sikidang.

Selain keindahan alam, terdapat wisata sejarah yang edukatif. Kompleks Candi Dieng terdiri dari beberapa candi yang dilestarikan. Wisatawan yang berkunjung ke Dieng dapat menikmati keindahan alam sekaligus mempelajari sejarah.

Selengkapnya, simak ragam wisata Dieng dengan keindahan alamnya berikut ini.

1. Wisata Alam Patean Tambi

Wisata Alam Patean Tambi
Wisata Alam Patean Tambi (instagram/wltjsthd94)

 

Alamat: Jl. Tambi KM. 2, Tegalrejo, Tambi, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Wisata Alam Patean Tambi adalah kawasan kebun teh yang dijadikan tempat wisata. Pengunjung dapat berkeliling kebun teh melalui jembatan kayu panjang. Hamparan hijau kebun teh serta pepohonan di sekitar menambah suasana asri.

Pengunjung dapat berfoto dari jembatan. Di salah satu sudut terdapat miniatur balon udara sebagai spot foto. Selain berkeliling di jembatan, wisatawan juga dapat berjalan di jalur tanah di antara tanaman teh.

2. Batu Angkruk

Alamat: Jl. Dieng, Rejosari, Tambi, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Wisata Dieng ini merupakan spot foto dengan latar pegunungan. Pengunjung dapat naik di platform kaca yang aman dan berfoto. Terdapat pula area bersantai di rerumputan dengan kursi bean bag.

Di sudut lain ada dekorasi yang tak kalah menarik untuk latar foto. Beberapa area dilengkapi ayunan rotan berwarna putih yang semakin mempercantik. Banyak sekali pilihan spot foto lain yang unik. Jika berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng, jangan lewatkan tempat wisata ini.

3. Dieng Park

Alamat: Jl. Telaga Warna, Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Dieng Park terletak bersebelahan dengan Telaga Warna. Tempat wisata ini menyediakan taman dengan berbagai wahana. Salah satu yang populer adalah ayunan besar yang mengarah langsung ke telaga.

Pengunjung dapat menikmati sensasi berayun dengan latar Telaga Warna yang memukau. Tak perlu khawatir, pengunjung disediakan alat pengaman saat berayun. Di sisi lain terdapat area bermain, rumah jamur, tenda dekoratif, dan sebagainya.

4. Telaga Warna

Telaga Warna, Dieng
Telaga Warna, Dieng (disparbud.wonosobokab.go.id)

 

Alamat: Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Telaga Warna menyajikan pemandangan indah dengan hutan alam di sekitarnya. Dari Wonosobo, jaraknya sekitar 26 km berkendara.

Perpaduan alam dan udara yang bersih dan sejuk membuat suasana Telaga Warna Dieng sangat memikat dan menenangkan. Suasana magis muncul saat kabut putih datang menyelimuti area tersebut dan memasuki celah pepohonan tinggi dan rindang.

Berkunjung ke Dieng tidak akan lengkap tanpa melewati dan menyaksikan langsung keindahan Telaga Warna. Danai ini diberi nama Telaga Warna karena adanya fenomena alam yang menyebabkan air telaga berubah warna secara fluktuatif.

Terkadang berwarna hijau, kuning, ungu atau bahkan perpaduan semuanya sehingga seperti pelangi. Fenomena ini terjadi karena kandungan belerang yang tinggi di perairan tersebut, sehingga ketika matahari mengenai air, danau akan memantulkan warna yang bervariasi.

Pengunjung juga dapat melihat pada pinggir danau, ada bagian air yang tampak menggelegak karena semburan belerang yang tinggi. Walau cukup tersembunyi di antara jajaran perbukitan, Telaga Warna tak sepi pengunjung.

Keindahan dan misterinya telah menarik banyak pengunjung ke Dieng. Air paling sering tampak tenang, tanpa riak sama sekali. Suara kicau burung liar dan hutan liar yang terpelihara dengan baik menciptakan suasana damai yang menenangkan.

Telaga Warna juga bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Mereka menggunakan air danau sebagai sumber untuk mengairi perkebunan kentang dan kubis yang merupakan produk utama daerah ini.

5. Kawah Sikidang

WISATA ALAM KAWAH SIKIDANG DIENG
WISATA ALAM KAWAH SIKIDANG DIENG (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

 

Alamat: Bakal Buntu, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Kawah Sikidang terletak di Kecamatan Batur. Kawah ini memiliki luas sekitar 200 meter persegi dan terletak di tanah yang datar sehingga pengunjung dapat melihat dengan jelas gumpalan asap yang keluar dari kawah ini.

Pengunjung perlu hati-hati karena Kawah Sikidang mengandung kadar belerang yang tinggi, sehingga untuk menjaga keamanan pengunjung, pihak pengelola telah membangun pagar pembatas di sekitar lokasi kawah.

Begitu wisatawan tiba di lokasi, mereka dapat melihat beberapa lubang atau kawah besar yang mengeluarkan asap. Wisata ini juga memiliki pemandangan pegunungan dan tanaman yang rimbun, sehingga memberikan suasana yang menenangkan bagi pengunjung.

Selain jalan-jalan, wisatawan juga bisa mempelajari legenda Kawah Sikidang. Konon, ada seorang wanita seperti bidadari bernama Shinta Dewi. Banyak pria berusaha untuk memenangkan hatinya, tetapi tak ada yang berhasil. Bahkan, seorang pangeran sakti bernama Kidang Garungan gagal memenuhi keinginannya untuk membuat sumur raksasa.

Kisah ini berkembang dalam masyarakat hingga saat ini. Penduduk setempat dan pemandu wisata menceritakan kisah tersebut sebagai daya tarik wisata.

6. Desa Sembungan

Alamat: Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Desa Sembungan adalah desa tertinggi di Pulau Jawa. Begitu sampai di desa ini, gapura kedatangan menampilkan informasi tersebut. Di Desa Sembungan, pengunjung dapat berkeliling sambil menikmati keindahan Dataran Tinggi Dieng.

Tempat menginap tersedia bagi wisatawan yang tertarik. Aktivitas menarik di Desa Sembungan meliputi pemandangan dari Bukit Sikunir, Telaga Cebong, Air Terjun Sikarim, dan Gunung Pakuwaja.

7. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir Dieng
Bukit Sikunir Dieng (disparbud.wonosobokab.go.id)

 

Alamat: Desa Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Bukit Sikunir terletak di Desa Sembungan. Wisata ini adalah memiliki panorama matahari terbit yang indah. Pemandangan ini menjadi salah satu objek foto andalan di dataran tinggi Dieng.

Waktu terbaik menikmati matahari terbit adalah sekitar bulan Juli-Agustus karena bulan tersebut merupakan musim kemarau sehingga langit akan terlihat bersih dan tidak ada hujan. Anda harus datang saat fajar atau dini hari. Biasanya wisatawan akan menginap di penginapan atau hotel di sekitar kawasan Dieng Wonosobo.

8. Bukit Setalang

Alamat: Jl. Tambi, Tambi, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Di Bukit Setalang, pengunjung dapat menikmati pemandangan melalui bangunan yang terbuat dari bambu. Konstruksinya dibangun dekat sungai sehingga tempat wisata ini berhawa sejuk. Gemericik air yang merdu dapat terdengar saat berkeliling.

Daya tarik utama wisata Dieng ini adalah jembatan gantungnya. Jembatan ini hanya dapat dinaiki empat orang saja untuk menjaga keamanan. Sekeliling Bukit Setalang dihias oleh dekorasi alami dari kayu dan bambu.

9. Bukit Cinta Lembah Seroja

Alamat: Bukit Cinta Lembah Seroja, Maron, Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Tempat wisata ini menyajikan beragam area yang menarik. Pengunjung dapat menikmati hidangan sambil melihat pemandangan Kabupaten Wonosobo yang indah. Spot foto juga banyak tersedia di tempat ini.

Jembatan gantung, dekorasi, kolam ikan, dan hiasan lainnya semakin mempercantik lokasi Bukit Cinta Lembah Seroja. Ada lahan khusus untuk berkemah bagi wisatawan yang tertarik.

10. Batu Pandang Ratapan Angin

Alamat: Jl. Dieng, Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Batu Pandang Ratapan Angin adalah dua tebing tinggi yang terletak berdekatan dengan Telaga Warna. Wisata ini menjadi salah satu favorit pengunjung karena dari tempat ini Anda bisa melihat Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian.

Letaknya yang tinggi membuat tempat ini terkena hembusan angin kencang dan menimbulkan suara mendesis seperti orang meratapi kesedihan. Bisa jadi, itulah kenapa dua tebing ini diberi nama Batu Ratapan Angin.

Dari puncak tebing, pengunjung dapat melihat pemandangan Telaga Warna dan Telaga Pengilon serta hamparan pepohonan hijau. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah sekitar pukul 5:30 dan 6:00 pagi karena akan tampak matahari terbit yang indah.

Namun, karena letaknya cukup tinggi, pengunjung perlu usaha ekstra untuk mencapai tempat ini. Usaha tersebut akan terbayar saat setelah sampai puncak dengan keindahan yang tersaji dan menakjubkan.

11. Dieng Plateau Theatre

Alamat: Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Pengunjung yang tertarik untuk mempelajari tentang proses terbentuknya dataran tinggi Dieng dapat berkunjung ke Dieng Plateau Theatre (DPT). Tempat wisata ini dibangun pada tahun 2006 atas usulan oleh Gubernur Provinsi Jawa Tengah saat itu, Bapak Mardiyanto.

DPT dilengkapi dengan peralatan audio dan visual yang menampilkan proses pembentukan dataran tinggi Dieng, aktivitas vulkanik Gunung Dieng, dan kehidupan sosial budaya masyarakat.

12. Telaga Pengilon

Alamat: Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Telaga Pengilon merupakan salah satu objek wisata di dataran tinggi Dieng dan berada satu kawasan dengan Telaga Warna. Telaga Pengilon didominasi warna hijau kekuning-kuningan dengan pepohonan rimbun di sekelilingnya.

Selain itu, terdapat ikan di  Telaga Pengilon sehingga pengunjung bisa duduk di tepi telaga sambil memancing. Terdapat pula beberapa peternakan lokal di dekat danau. Tempat wisata ini juga menjadi tempat peristirahatan bagi para pendaki yang kembali dari Gunung Sikunir atau Gunung Prau. Dengan udara segar dan nuansa yang menenangkan, tidak ada yang bisa menyangkal pesona Telaga Pengilon.

13. Gunung Prau

Gunung Prau
Gunung Prau (Unsplash/Robbyansyah DewanToro)

 

Alamat: Bakulan, Dieng, Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Kawasan pendakian Gunung Prau merupakan tempat wisata yang dikhususkan bagi pengunjung yang hobi mendaki gunung atau pecinta alam. Sebelum melakukan pendakian ke Gunung Prau, diperlukan persiapan yang lebih, terutama kesiapan fisik para pendaki.

Gunung Prau mungkin tidak populer jika dibandingkan dengan pendakian gunung di sekitarnya seperti Sindoro, Sumbing, dan Merapi. Namun, Gunung Prau memiliki keistimewaan tersendiri dan memiliki pemandangan yang sangat indah.

Gunung Prau memiliki ketinggian sekitar 2.565 mdpl. Salah satu spot di Gunung Prau yang terkenal adalah Bukit Teletubbies, dimana di bukit ini terdapat hamparan padang rumput hijau yang menyerupai setting serial anak Teletubbies di televisi. Jalur pendakian dapat ditempuh dari Kendal atau dari Kawasan Dieng.

Itulah rekomendasi wisata Dieng dengan keindahan alam yang memukau.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait