13 Wisata Dieng dengan Keindahan Alam yang Memesona

Image title
17 November 2021, 10:08
Batu Angkruk, salah satu wisata Dieng yang menyajikan keindahan alam
Instagram/batuangkruk.dieng
Batu Angkruk, salah satu wisata Dieng yang menyajikan keindahan alam

Secara administratif, dataran tinggi Dieng berada di Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Ketinggian Dieng mencapai sekitar 2.000 mdpl dengan suhu berkisar 15-20 derajat celcius di siang hari dan 10 derajat celcius di malam hari.

Nama Dieng berasal dari bahasa Kawi, yaitu di yang berarti 'tempat' atau 'gunung' dan hyang yang berarti Dewa atau Tuhan. Sehingga Dieng dapat diartikan sebagai tempat para dewa dan dewi bersemayam, menurut buku Mengenal Lebih Dekat: Wisata Alam Indonesia.

Advertisement

Kondisi geografis Dieng dikelilingi oleh pegunungan dan bukit yang menambah keindahan alam tempat wisata ini. Kawasan dataran tinggi Dieng merupakan daerah vulkanis aktif yang terletak diantara Gunung Sindoro dan Sumbing. Beberapa kawah terlihat aktif mengeluarkan gas, seperti Kawah Sinila dan Sikidang.

Selain keindahan alam, terdapat wisata sejarah yang edukatif. Kompleks Candi Dieng terdiri dari beberapa candi yang dilestarikan. Wisatawan yang berkunjung ke Dieng dapat menikmati keindahan alam sekaligus mempelajari sejarah.

Selengkapnya, simak ragam wisata Dieng dengan keindahan alamnya berikut ini.

1. Wisata Alam Patean Tambi

Wisata Alam Patean Tambi
Wisata Alam Patean Tambi (instagram/wltjsthd94)

Alamat: Jl. Tambi KM. 2, Tegalrejo, Tambi, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Wisata Alam Patean Tambi adalah kawasan kebun teh yang dijadikan tempat wisata. Pengunjung dapat berkeliling kebun teh melalui jembatan kayu panjang. Hamparan hijau kebun teh serta pepohonan di sekitar menambah suasana asri.

Pengunjung dapat berfoto dari jembatan. Di salah satu sudut terdapat miniatur balon udara sebagai spot foto. Selain berkeliling di jembatan, wisatawan juga dapat berjalan di jalur tanah di antara tanaman teh.

2. Batu Angkruk

Alamat: Jl. Dieng, Rejosari, Tambi, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Wisata Dieng ini merupakan spot foto dengan latar pegunungan. Pengunjung dapat naik di platform kaca yang aman dan berfoto. Terdapat pula area bersantai di rerumputan dengan kursi bean bag.

Di sudut lain ada dekorasi yang tak kalah menarik untuk latar foto. Beberapa area dilengkapi ayunan rotan berwarna putih yang semakin mempercantik. Banyak sekali pilihan spot foto lain yang unik. Jika berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng, jangan lewatkan tempat wisata ini.

3. Dieng Park

Alamat: Jl. Telaga Warna, Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Dieng Park terletak bersebelahan dengan Telaga Warna. Tempat wisata ini menyediakan taman dengan berbagai wahana. Salah satu yang populer adalah ayunan besar yang mengarah langsung ke telaga.

Pengunjung dapat menikmati sensasi berayun dengan latar Telaga Warna yang memukau. Tak perlu khawatir, pengunjung disediakan alat pengaman saat berayun. Di sisi lain terdapat area bermain, rumah jamur, tenda dekoratif, dan sebagainya.

4. Telaga Warna

Telaga Warna, Dieng
Telaga Warna, Dieng (disparbud.wonosobokab.go.id)

Alamat: Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Telaga Warna menyajikan pemandangan indah dengan hutan alam di sekitarnya. Dari Wonosobo, jaraknya sekitar 26 km berkendara.

Perpaduan alam dan udara yang bersih dan sejuk membuat suasana Telaga Warna Dieng sangat memikat dan menenangkan. Suasana magis muncul saat kabut putih datang menyelimuti area tersebut dan memasuki celah pepohonan tinggi dan rindang.

Berkunjung ke Dieng tidak akan lengkap tanpa melewati dan menyaksikan langsung keindahan Telaga Warna. Danai ini diberi nama Telaga Warna karena adanya fenomena alam yang menyebabkan air telaga berubah warna secara fluktuatif.

Terkadang berwarna hijau, kuning, ungu atau bahkan perpaduan semuanya sehingga seperti pelangi. Fenomena ini terjadi karena kandungan belerang yang tinggi di perairan tersebut, sehingga ketika matahari mengenai air, danau akan memantulkan warna yang bervariasi.

Pengunjung juga dapat melihat pada pinggir danau, ada bagian air yang tampak menggelegak karena semburan belerang yang tinggi. Walau cukup tersembunyi di antara jajaran perbukitan, Telaga Warna tak sepi pengunjung.

Keindahan dan misterinya telah menarik banyak pengunjung ke Dieng. Air paling sering tampak tenang, tanpa riak sama sekali. Suara kicau burung liar dan hutan liar yang terpelihara dengan baik menciptakan suasana damai yang menenangkan.

Telaga Warna juga bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Mereka menggunakan air danau sebagai sumber untuk mengairi perkebunan kentang dan kubis yang merupakan produk utama daerah ini.

5. Kawah Sikidang

WISATA ALAM KAWAH SIKIDANG DIENG
WISATA ALAM KAWAH SIKIDANG DIENG (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Alamat: Bakal Buntu, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Kawah Sikidang terletak di Kecamatan Batur. Kawah ini memiliki luas sekitar 200 meter persegi dan terletak di tanah yang datar sehingga pengunjung dapat melihat dengan jelas gumpalan asap yang keluar dari kawah ini.

Pengunjung perlu hati-hati karena Kawah Sikidang mengandung kadar belerang yang tinggi, sehingga untuk menjaga keamanan pengunjung, pihak pengelola telah membangun pagar pembatas di sekitar lokasi kawah.

Begitu wisatawan tiba di lokasi, mereka dapat melihat beberapa lubang atau kawah besar yang mengeluarkan asap. Wisata ini juga memiliki pemandangan pegunungan dan tanaman yang rimbun, sehingga memberikan suasana yang menenangkan bagi pengunjung.

Selain jalan-jalan, wisatawan juga bisa mempelajari legenda Kawah Sikidang. Konon, ada seorang wanita seperti bidadari bernama Shinta Dewi. Banyak pria berusaha untuk memenangkan hatinya, tetapi tak ada yang berhasil. Bahkan, seorang pangeran sakti bernama Kidang Garungan gagal memenuhi keinginannya untuk membuat sumur raksasa.

Kisah ini berkembang dalam masyarakat hingga saat ini. Penduduk setempat dan pemandu wisata menceritakan kisah tersebut sebagai daya tarik wisata.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement