5 Rekomendasi Wisata Sukabumi Menarik untuk Liburan

Image title
17 November 2021, 14:42
Spot foro Curug Cimarinjung sebagai salah satu wisata Sukabumi
Unsplash
Spot foro Curug Cimarinjung sebagai salah satu wisata Sukabumi

Kota Sukabumi merupakan salah satu wilayah adminsitratif yang berada di bawah naungan Provinsi Jawa Barat. Secara geografis kota ini menjadi wilayah terkecil di Jawa Barat setelah Kota Cirebon dan Kota Cimahi, yakni 48,33 km² dengan jumlah penduduk 353.455 jiwa (2021).

Meski secara skala ukuran tergolong kecil dibandingkan dengan kota atau kabupaten lainnya di Provinsi Jawa Barat, namun perkembangannya luar biasa. Dalam sejarahnya, Kota Sukabumi adalah pemukiman penduduk bagian dari wilayah pemerintahan District Goenoeng Parang, Onderafdeeling Tjiheulang yang merupakan bagian dari Afdeeling Tjiandjoer (Cianjur), Residentie Preanger (Regeerings Almanaks tahun 1872).

Perkembangan Sukabumi yang sebelumnya hanya sebuah distrik kemudian menjadi sebuah gementee. Lalu perkembangan ini semakin berjalan dikarenakan letak wilayah Sukabumi yang strategis terutama setelah dibangun jalan raya pos oleh Daendels. Keberadaan perkebunan teh yang berada di Sukabumi menjadi faktor penarik penduduk di sekitar untuk datang ke Sukabumi. Mereka datang mengadu nasib untuk meningkatkan taraf hidupnya. Akhirnya Sukabumi tumbuh menjadi pusat perekonomian.

Selain keberadaan kebun teh yang membuat Sukabumi menjadi semakin maju secara ekonomi dan terkenal secara nama, ada berbagai wahana wisata yang bisa dikunjungi.

Rekomendasi 5 Wisata Sukabumi Pilihan

Setelah mengetahui mengenai penjaran Kota Sukabumi yang terkenal dengan industri perkebunan teh, ternyata masih ada banyak wahana wisata lainnya yang bisa menjadi pilihan kunjungan. Bagi Anda para warga di sekitar ibu kota ataupun wilayah perkotaan Jawa Barat. Wisata Sukabumi patut menjadi pilihan pertama dalam wisata. Berikut daftar pilihan wisata Sukabumi yang bisa Anda sambangi:

1. Santa Sea Waterpark

Pilihan wisata Sukabumi yang pertama adalah Santa Sea Waterpark. Tempat ini memiliki tujuh tema jelajah yang bervariasi, seperti Ontario Lake, Caribbean Ocean, dan Amazone River.

Berkunjung di tempat ini Anda bersama keluarga tidak sekedar bermain air saja, karena ada berbagai wahana permainan air bisa dicoba di area water park seluas tidak kurang dari 2,5 hektare ini. Mulai dari kolam yang didesain khusus anak-anak. Sampai kolam dan seluncuran yang untuk orang dewasa.

Selain itu Anda juga bisa merasakan sensasi terombang-ambing dalam cengkeraman ombak buatan. Namun, hati-hati saat berada di wahana ini. Saat ombak mulai bergelombang, volume air bertambah. Pengunjung harus ekstra perhatian pada anak-anak agar tidak sampai hanyut. Sebagai langkah keamanan, pengunjung dapat mengenakan ban pelampung. Selain aman, ban pelampung juga menambah ke seruan wahana ini.

Selain permainan air, para pengunjung akan diajak untuk menengok Jungle Forest. Area khusus hewan tersebut banyak binatang yang bisa ditemukan, seperti aneka jenis burung hingga kelinci. Di sini, anak-anak bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan jinak ini dengan memberi makanan.

Untuk bisa menikmati keseruan bermain Water park Anda akan dikenakan biaya tiket masuk. Harga tiket masuk SantaSea Waterpark Sukabumi ditawarkan mulai dari harga Rp35.000 dan sudah termasuk untuk wahana mengamati hewan di Jungle Forest.

2. Curug Cimarinjung

Wahana wisata Sukabumi selanjutnya ada Curug Cimarinjung yang memiliki pemandangan menarik dengan suasana tebingnya yang indah untuk menjadi latar belakang foto. Walaupun akses jalannya tidak terlalu mudah untuk dilalui, namun air terjun ini selalu kedatangan wisatawan.

Secara geografis, Curug Cimarinjung merupakan salah satu kekayaan air terjun lokal yang berada di dalam kawasan Geopark Ciletuh, Sukabumi. Air terjun ini mengalir dari ketinggian kurang-lebih 50 meter di tebing Kampung Cimarinjung. Posisinya langsung menghadap ke arah Samudera Hindia.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement