5 Rekomendasi Wisata Sukabumi Menarik untuk Liburan

Berikut adalah nama area wisata Sukabumi yang bisa menjadi pilihan destinasi saat berlibur atau menikmati akhir pekan.
Image title
17 November 2021, 14:42
Spot foro Curug Cimarinjung sebagai salah satu wisata Sukabumi
Unsplash
Spot foro Curug Cimarinjung sebagai salah satu wisata Sukabumi

Kota Sukabumi merupakan salah satu wilayah adminsitratif yang berada di bawah naungan Provinsi Jawa Barat. Secara geografis kota ini menjadi wilayah terkecil di Jawa Barat setelah Kota Cirebon dan Kota Cimahi, yakni 48,33 km² dengan jumlah penduduk 353.455 jiwa (2021).

Meski secara skala ukuran tergolong kecil dibandingkan dengan kota atau kabupaten lainnya di Provinsi Jawa Barat, namun perkembangannya luar biasa. Dalam sejarahnya, Kota Sukabumi adalah pemukiman penduduk bagian dari wilayah pemerintahan District Goenoeng Parang, Onderafdeeling Tjiheulang yang merupakan bagian dari Afdeeling Tjiandjoer (Cianjur), Residentie Preanger (Regeerings Almanaks tahun 1872).

Perkembangan Sukabumi yang sebelumnya hanya sebuah distrik kemudian menjadi sebuah gementee. Lalu perkembangan ini semakin berjalan dikarenakan letak wilayah Sukabumi yang strategis terutama setelah dibangun jalan raya pos oleh Daendels. Keberadaan perkebunan teh yang berada di Sukabumi menjadi faktor penarik penduduk di sekitar untuk datang ke Sukabumi. Mereka datang mengadu nasib untuk meningkatkan taraf hidupnya. Akhirnya Sukabumi tumbuh menjadi pusat perekonomian.

Selain keberadaan kebun teh yang membuat Sukabumi menjadi semakin maju secara ekonomi dan terkenal secara nama, ada berbagai wahana wisata yang bisa dikunjungi.

Advertisement

Rekomendasi 5 Wisata Sukabumi Pilihan

Setelah mengetahui mengenai penjaran Kota Sukabumi yang terkenal dengan industri perkebunan teh, ternyata masih ada banyak wahana wisata lainnya yang bisa menjadi pilihan kunjungan. Bagi Anda para warga di sekitar ibu kota ataupun wilayah perkotaan Jawa Barat. Wisata Sukabumi patut menjadi pilihan pertama dalam wisata. Berikut daftar pilihan wisata Sukabumi yang bisa Anda sambangi:

1. Santa Sea Waterpark

Pilihan wisata Sukabumi yang pertama adalah Santa Sea Waterpark. Tempat ini memiliki tujuh tema jelajah yang bervariasi, seperti Ontario Lake, Caribbean Ocean, dan Amazone River.

Berkunjung di tempat ini Anda bersama keluarga tidak sekedar bermain air saja, karena ada berbagai wahana permainan air bisa dicoba di area water park seluas tidak kurang dari 2,5 hektare ini. Mulai dari kolam yang didesain khusus anak-anak. Sampai kolam dan seluncuran yang untuk orang dewasa.

Selain itu Anda juga bisa merasakan sensasi terombang-ambing dalam cengkeraman ombak buatan. Namun, hati-hati saat berada di wahana ini. Saat ombak mulai bergelombang, volume air bertambah. Pengunjung harus ekstra perhatian pada anak-anak agar tidak sampai hanyut. Sebagai langkah keamanan, pengunjung dapat mengenakan ban pelampung. Selain aman, ban pelampung juga menambah ke seruan wahana ini.

Selain permainan air, para pengunjung akan diajak untuk menengok Jungle Forest. Area khusus hewan tersebut banyak binatang yang bisa ditemukan, seperti aneka jenis burung hingga kelinci. Di sini, anak-anak bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan jinak ini dengan memberi makanan.

Untuk bisa menikmati keseruan bermain Water park Anda akan dikenakan biaya tiket masuk. Harga tiket masuk SantaSea Waterpark Sukabumi ditawarkan mulai dari harga Rp35.000 dan sudah termasuk untuk wahana mengamati hewan di Jungle Forest.

2. Curug Cimarinjung

Wahana wisata Sukabumi selanjutnya ada Curug Cimarinjung yang memiliki pemandangan menarik dengan suasana tebingnya yang indah untuk menjadi latar belakang foto. Walaupun akses jalannya tidak terlalu mudah untuk dilalui, namun air terjun ini selalu kedatangan wisatawan.

Secara geografis, Curug Cimarinjung merupakan salah satu kekayaan air terjun lokal yang berada di dalam kawasan Geopark Ciletuh, Sukabumi. Air terjun ini mengalir dari ketinggian kurang-lebih 50 meter di tebing Kampung Cimarinjung. Posisinya langsung menghadap ke arah Samudera Hindia.

Untuk memasuki area alam dan penuh hamparan sawah ini pengunjung akan dipungut biaya sukarela. Sehingga biaya yang dikenakan sesuai dengan keikhlasan masing-masing pengunjung.

Bila Anda hendak berkunjung, pastikan untuk tiba pada pukul 09.00 hingga 17.00 WIB, karena selain itu aksesnya akan ditutup.

3. Bukit Karang Para

Wisata bukit ini tepatnya berada di Desa Kebun Manggu, Kecamatan Gunung Guruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Apabila Anda berkunjung ke tempat wisata ini akan dimanjakan dengan keindahan pedesaan dari ketinggian sembari berburu spot foto yang menarik.

Para petugas pengelola bukit ini menyediakan beberapa jembatan kayu yang menjorok ke tepi jurang dan beberapa platform untuk foto lainnya. Solusi untuk bisa sampai ke tempat wisata di Sukabumi yang satu ini, kamu bisa mengambil jalur lingkar selatan ke arah Pelabuhan Ratu.

Jangan khawatir soal harga tiket, meski pemandangan di tempat ini teramat indah, Anda hanya akan dipatok tarif tiket sekitar Rp2.000-3.000 ditambah dengan parkir per kendaraan Rp5.000.

4. Curug Sawer

Wisata Sukabumi pilihan selanjutnya masih berada di kawasan alam yaitu Curug Sawer. Curug ini memiliki pesona keindahan alam yang membuat orang tergoda untuk datang berulang kali. Bahkan beberapa stasiun TV pun pernah meliput Curug Sawer.

Untuk masuk ke objek wisata ini cukup murah. Pengunjung akan melihat pemandangan asri dan indah Curug Sawer. Ditambah lagi adrenalin akan terpacu ketika melintasi Situ Gunung Suspension Bridge.

Adapun harga tiketnya adalah sebesar Rp16.000 pada hari biasa, dan Rp18.500 di hari libur atau akhir pekan. Selain itu tempat ini juga memiliki jam operasional dari puluk 07.00 hingga 17.00 WIB dan tidak memungkinkan untuk dikunjungi saat malam hari.

5. Pantai Amanda Ratu

Pantai Amanda Ratu memiliki julukan dengan pantai Sukabumi rasa Bali. Pasalnya pesona dan keindahannya eksotis. Hal itu ditandai dengan banyaknya nyiur pohon kelapa dan tebing batu di berbagai sisi pantai.

Pantai Amanda Ratu berlokasi di Jalan Raya Ujung Genteng, Desa Purwasedar, Purwasedar, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat. Jarak Pantai Amanda Ratu sendiri hanya sekitar 8,5 km dari pusat Ujung Genteng.

Asal mula nama Amanda Ratu sebenarnya merupakan pantai yang terletak di area sebuah resort mewah bernama Villa Amanda Ratu. Setiap hendak mengunjungi Pantai Amanda Ratu, para wisatawan harus melewati resort mewah Amanda Ratu terlebih dahulu. Oleh karenanya, pantai tersebut lebih dikenal dengan nama Pantai Amanda Ratu.

Pantai ini menyediakan berbagai fasilitas demi kenyamanan para wisatawan dan salah satu yang sering menjadi cerita dari mulut ke mulut mengenai pantai adalah keangakeran dan beberapa misteri yang menyertainya.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait