7 Wisata Salatiga dengan Pemandangan Alam yang Indah

Kota Salatiga menghadirkan pemandangan alam yang indah dengan pegunungan dan perbukitan yang rimbun. Simak rekomendasi wisata Salatiga berikut ini.
Image title
19 November 2021, 10:09
Pemandangan di Bumi Kayom, salah satu wisata Salatiga
instagram/bumikayom
Pemandangan di Bumi Kayom, salah satu wisata Salatiga

Kota Salatiga termasuk dalam Provinsi Jawa Tengah. Secara administratif, Kota Salatiga terdiri dari empat kecamatan dan 22 kelurahan. Terdapat beberapa pegunungan di sekitar kota ini, antara lain Gunung Merbabu, Gajahmungkur, Telomoyo dan Payung Rong.

Pemandangan alam di Kota Salatiga merupakan daya tarik utama bagi para wisatawan. Terdapat banyak penginapan yang tersedia untuk menikmati keindahan Kota Salatiga. Kulinernya juga menarik untuk dicoba.

Adapun wisata Salatiga yang menarik untuk dikunjungi dapat disimak melalui rekomendasi berikut.

1. Bumi Kayom

Alamat: Jl. Nusantara No.18, Kutowinangun Lor, Kec. Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Jam buka: Setiap hari pukul 12.00 - 20.00 WIB.

Menikmati suasana alam Salatiga ditemani secangkir kopi hangat dan makanan ringan dapat dilakukan di Arun Daya Resto Bumi Kayom. Wisata Salatiga ini memiliki tempat yang luas. Di sekitarnya terdapat pepohonan rimbun dan halaman berumput yang menambah suasana sejuk.

Pengunjung dapat memilih duduk di area indoor atau outdoor. Pekarangan restoran dihias dengan lampu cantik yang memperindah suasana ketika malam datang. Tersedia tempat lesehan dengan bean bag yang nyaman.

Bangunan utama Bumi Kayom terdiri dari tiga lantai sehingga pengunjung dapat leluasa berkeliling sambil menikmati desain interiornya yang berpadu dengan alam. Di salah satu area, terdapat Bungalow Bumi Kayom yang dapat disewa untuk menginap. Tak hanya itu, Bumi Kayom dapat disewa untuk acara besar, tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat.

2. Moment Senja

Moment Senja
Moment Senja (instagram/momentsenja.id)

 

Alamat: Jl. Blotongan No.1, Blotongan, Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Jam buka: Senin - Jumat pukul 10.00 WIB dan Sabtu - Minggu pukul 09.00 WIB.

Sesuai namanya, Moment Senja cocok dijadikan tempat untuk bersantai dan menikmati matahari terbenam. Halaman tempat ini luas dan menghadap ke pegunungan sekitar. Pengunjung dapat bercengkrama sambil bersantap dikelilingi pemandangan indah.

Area indoor mengusung tema industrial modern dengan warna dominan abu-abu dan hitam sehingga menampilkan nuansa elegan. Halamannya teduh dan berumput dengan tanaman hias yang cantik. Terdapat bean bag yang dapat digunakan untuk bersantai sambil melihat pemandangan.

3. Naruna

Alamat: Jl. Sawosari No.2, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Jam buka: Setiap hari pukul 09.00 - 20.00 WIB.

Salah satu keunikan wisata Salatiga ini adalah area yang menyerupai sarang lebah dengan bangunan berbentuk heksagon. Pengunjung dapat bersantai dan berfoto dengan latar yang unik di sini. Naruna mengusung konsep co-working space. Area halaman dapat direservasi untuk acara besar, ada pula aula dengan pendingin untuk rapat atau pertemuan.

Menariknya, Naruna menyediakan kelas membuat keramik bernama Naruna Play Clay. Wisatawan dapat menikmati pengalaman edukatif pembuatan keramik yang didampingi mentor. Hasil keramik dapat dibawa pulang setelah proses tiga sampai empat minggu. Pengunjung juga mendapatkan sertifikat sebagai bukti mengikuti kegiatan.

Tak hanya itu, Naruna menyediakan showroom keramik buatan tangan dengan bentuk dan warna beragam. Bahkan, produk keramik menerima pesanan dengan tulisan nama. Selain itu, ada produk bahan kayu yang tak kalah menarik.

4. Volka Moka

Volka Moka
Volka Moka (instagram/anitadwn)

 

Alamat: Jl. Sinongko, Pulutan, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Jam buka: Selasa - Minggu pukul 08.00 - 18.00 WIB.

Bangunan Volka Moka bergaya minimalis dengan warna putih yang dominan. Tempat ini memiliki dua lantai, bagian atas digunakan sebagai tempat santai tanpa kursi. Uniknya, tempat ini menyediakan vinil musik.

Pengunjung yang tertarik dapat membeli vinil artis favorit. Untuk menu makanan tersedia dessert, sedangkan opsi minuman tersedia olahan kopi dan non-kopi.

5. Kala Resto and Coffee

Kala Resto and Coffee
Kala Resto and Coffee (instagram/kala_restoandcoffee)

 

Alamat: Bugel, Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Jam buka: Setiap hari pukul 10.00 - 22.00 WIB.

Kala Resto and Coffee menghadirkan suasana asri dengan pepohonan rimbun di sekitarnya. Wisata Salatiga ini cocok dikunjungi untuk berkumpul bersama keluarga atau teman. Bangunannya bergaya A-shaped roof yang menarik dengan panel kaca sehingga cahaya alami dapat masuk.

Interior Kala Resto and Coffee didominasi warna gelap dengan perabotan kayu yang menampilkan kesan natural. Setiap sudut tempat ini cocok dijadikan spot foto yang menarik.

6. Teak Tree Eatery & Living

Alamat: Jl. Soekarno Hatta No.113, Cebongan, Kec. Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Jam buka: Setiap hari pukul 11.00 - 21.00 WIB.

Teak Tree Eatery & Living menempati area luas yang asri. Pekarangannya dihias oleh kolam ikan dengan air mancur yang semakin mempercantik suasana. Eksteriornya menampilkan dinding bata yang natural berpadu dengan kusen jendela dan pintu berwarna putih.

Area outdoor dapat dipilih jika tertarik bersantap dengan suasana alam. Sedangkan area indoor berukuran besar dan beratap tinggi sehingga tidak terasa sempit. Selain itu, Teak Tree Eatery & Living menyajikan menu paket untuk rombongan dengan harga terjangkau.

7. Resto Kalibatur Salatiga

Alamat: Jl. Salatiga - Glawan, Batur, Kauman Kidul, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Jam buka: Setiap hari pukul 09.30 22.00 WIB.

Resto Kalibatur Salatiga menghadirkan pengalaman bersantap dan bersantai menikmati alam Salatiga ditemani gemericik air sungai. Bangunan restoran ini bergaya tradisional dengan bahan bambu dan atap jerami.

Pengunjung disajikan keindahan pepohonan yang rimbun. Ada beberapa area yang dapat dipilih karena wisata Salatiga ini menempati pekarangan luas. Selain itu, tempat ini juga menyediakan wisata air. Pengunjung dapat turun ke sungai dan bermain di air yang dangkal.

Itulah rekomendasi wisata Salatiga dengan pemandangan alam yang indah.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait