Cara Membuat Telur Asin dari Telur Ayam dengan Mudah

Image title
22 November 2021, 17:42
Ilustrasi cara membuat telur asin dari telur ayam
ANTARA FOTO/ Reno Esnir/aww.
Ilustrasi telur ayam yang bisa dijadikan bahan telur asin dan menjadi hidangan.

Telur asin merupakan salah satu panganan legendaris yang sudah ada di Indonesia sejak ratusan tahun lamanya. Keberadaannya juga berkat kehadiran para pedagang Tiongkok yang membawa telur asin sebagai bekal makanan mereka.

Awalnya telur asin berasal dari Tiongkok, tepatnya dari Distrik Gaoyou. Posisi geografis Gaoyou dinilai sangat baik untuk memproduksi telur asin dengan kualitas paling unggul. Selama berabad-abad, wilayah ini dikelilingi saluran air yang melimpah; laiknya Danau Gaoyou yang menjadi danau terbesar ketiga di Provinsi Jiangsu, Tiongkok. Hal ini membuat industri unggas air lokal semakin berkembang.

Adapun di Indonesia, telur asin tumbuh subur di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Di Brebes, telur asin memiliki kualitas terbaik. Jelas, karena kota tersebut menjadi pusat berkembangnya hidangan telur asin. Ciri khas dari telur asin khas Brebes, biasanya mempunyai kulit warna turquoise atau toska terang sampai kemerahan, tidak amis, tidak mengeluarkan cairan, dan cita rasa asinnya tidak terlalu menyengat.

Karena ketenarannya, dan kelekatan dengan kehidupan masyarakat Brebes, telur asin pun ditetapkan menjadi warisan budaya tak benda Indonesia. Penetapan ini melalui sidang yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada 6-9 Oktober 2020.

Namun apabila dilihat dari keuda sejarah tersebut, dapat dilihat bahwa telur asin mengggunakan bahan dasar telur bebek. Namun sejatinya ada sejumlah resep yang bisa bisa digunakan untuk membuat olahan telur asin menggunakan bahan dasar telur ayam. Oleh karenanya berikut  cara membuat telur asin dari telur ayam yang bisa dipraktikkan di rumah dengan mudah dan murah.

Bahan untuk Membuat Telur Asin

Berikut bahan-bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat telur ayam asin:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...