Aglonema, Tanaman Hias yang Cantik dan Populer

Siti Nur Aeni
31 Agustus 2021, 08:00
Berbagai jenis aglonema yang cantik dan unik
pexels.com/Tiia Pakk
Berbagai jenis aglonema yang cantik dan unik

Tanaman hias sedang menjadi primadona. Bukan hanya untuk pajangan, tanaman hias juga menjadi bisnis yang menjanjikan. Ada banyak sekali jenis tanaman hias yang tidak hanya indah namun bernilai fantastis. Salah satu yang banyak diburu yaitu aglonema atau sri rezeki.

Klasifikasi Tanaman Aglonema?

Aglonema adalah tanaman hias dari jenis talas-talasan yang berada di hutan hujan tropis. Melansir dari sidolitkaji.litbang.pertanian.go.id, nama “aglonema” diambil dari bahasa Yunani. Kata Aglo berarti terang dan Nema artinya benang. Di Indonesia, tanaman ini juga sering disebut sebagai tanaman sri rezeki.

Advertisement

Tanaman ini memiliki akar serabut dengan batang tak berkambium. Bentuk daun dari sri rezeki menyirip dan tersusun atas pembuluh pengangkut yang acak. Saat ini bunga aglonema banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias. Motif daun yang bercorak dengan warna yang menarik membuat orang senang memeliharanya.

Menurut Leman (2006) dalam bukunya yang berjudul Aglonema Tanaman Pembawa Keberuntungan, klasifikasi tanaman ini dalam ilmu taksonomi sebagai berikut:

  • Filum : Plantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Sub-divisi : Angiospermae
  • Kelas : Monocotyledoneae
  • Ordo : Araceales
  • Famili : Araceae
  • Genus : Aglaonema
  • Spesies : A. modestum, A.brevispathum, A. cochinchinense, A. pumilum, A. hospitum, A. simplex, A. commutatum, A. costatum, A. densinervisum, dan A. crispum.

Ciri-Ciri Aglonema

Meskipun spesiesnya sangat banyak, namun tanaman sri rezeki sebenarnya mudah dikenali. Mengutip dari skripsi berjudul Budidaya Tanaman Hias Aglaonema di Deni Nursery and Garedening karya Anita Tri Puspitasari, ciri morfologi dari tanaman sri rezeki seperti berikut ini:

1. Akar

Tanaman ini termasuk dalam kelompok tanaman monokotil dengan akar serabut. Akar yang sehat memiliki warna putih dan berisi sedangkan akar yang kurang sehat berwarna coklat.

2. Batang

Sri rezeki memiliki batang basa yang lunak dan berair. Ukuran batangnya pendek dan tertutup daun. Warna batangnya umumnya putih, hijau muda, atau merah muda tergantung dari jenis spesiesnya.

3. Daun

Daya tarik dari tanaman ini ada pada daunnya. Bentuk daun sri rezeki sangat bervariasi, ada yang bilat telur, lonjong hingga bentuk delta. Permukaan daunnya licin, tidak berbulu, dan tepian rata. Daun tanaman ini tersusun selang-seling dan saling behadapan menutupi batang tanaman. Daun dari tanaman sri rezeki umunya becorak dan berwarna indah hingga membentuk gradasi yang menarik untuk dipandang.

4. Bunga

Bunga aglonema memiliki bentuk bulir dan tumbuh di area ketiak daun. Bunga ini termasuk dalam bunga majemuk. Pada bunganya dilapisi oleh selundang bunga atau spatha yang fungsinya untuk menarik dan sebagai perangkap serangga. Secara tidak langsung bunga ini berfungsi juga untuk pertahanan diri.

5. Buah dan Biji

Buah dari tanaman sri rezeki memiliki bentuk bulan lonjong. Awalnya berwarna hijau kekuningan, seiring dengan bertamabah umur buah berubah menjadi merah. Buah ini bisa dipetik dan di dalam buah yang sudah matang terdapat biji yang bisa digunakan untuk pembiakan tanaman.

Jenis Aglonema

Aglonema atau aglaonema memiliki beragam jenis dengan ciri khasnya masing-masing. Adapun jenis-jenis tersebut sebagai berikut:

1. Aglaonema Widuri atau Red Peacock

Tanaman sri rezeki jenis ini yang paling sering dicari. Ciri khas dari tanaman ini yaitu tulang daun yang berwarna merah membuatnya semakin indah. Bagi pecinta tanaman hias, tanaman ini sangat berharga bahkan banyak orang yang rela merogoh kocek hingga ratusan juta untuk mendapatkan tanaman indah ini.

2. Aglaonema Cinta

Disebut sebagai aglaonema cinta karena daun dari tanaman ini melengkung pada kedua pangkal menyerupai hati. Tanaman ini juga sangat cantik dengan cokrak yang unik dan warna yang mencolok. Biasanya tanaman ini disimpan pada ruangan untuk mempercantik ruang tamu.

3. Aglaonema Suksom

Sri rezeki yang satu ini juga dijual dengan harga yang tidak murah. Berbeda dengan jenis lainnya, aglaonema suksom ini tidak memiliki corak. Daunnya polos namun memiliki warna merah yang mencolok. Daun tanaman ini tidak memiliki banyak klorofil.

4. Aglaonema Claudia

Jika jenis suksom memiliki warna merah menyala, sri rezeki jenis claudia justru sebaiknya. Warna daun tanaman ini hijau pucat dengan tulang daun berwarna pink. Asalnya dari Thailand dan sama dengan aglonema lainnya, jenis ini juga banyak diburu bahkan saat masih bibit.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement