Aglonema, Tanaman Hias yang Cantik dan Populer

Aglonema adalah tanaman hias dari jenis talas-talasan. Ciri khasnya berupa daun dengan corak dan warna yang menarik.
Image title
31 Agustus 2021, 08:00
Berbagai jenis aglonema yang cantik dan unik
pexels.com/Tiia Pakk
Berbagai jenis aglonema yang cantik dan unik

Tanaman hias sedang menjadi primadona. Bukan hanya untuk pajangan, tanaman hias juga menjadi bisnis yang menjanjikan. Ada banyak sekali jenis tanaman hias yang tidak hanya indah namun bernilai fantastis. Salah satu yang banyak diburu yaitu aglonema atau sri rezeki.

Klasifikasi Tanaman Aglonema?

Aglonema adalah tanaman hias dari jenis talas-talasan yang berada di hutan hujan tropis. Melansir dari sidolitkaji.litbang.pertanian.go.id, nama “aglonema” diambil dari bahasa Yunani. Kata Aglo berarti terang dan Nema artinya benang. Di Indonesia, tanaman ini juga sering disebut sebagai tanaman sri rezeki.

Tanaman ini memiliki akar serabut dengan batang tak berkambium. Bentuk daun dari sri rezeki menyirip dan tersusun atas pembuluh pengangkut yang acak. Saat ini bunga aglonema banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias. Motif daun yang bercorak dengan warna yang menarik membuat orang senang memeliharanya.

Menurut Leman (2006) dalam bukunya yang berjudul Aglonema Tanaman Pembawa Keberuntungan, klasifikasi tanaman ini dalam ilmu taksonomi sebagai berikut:

  • Filum : Plantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Sub-divisi : Angiospermae
  • Kelas : Monocotyledoneae
  • Ordo : Araceales
  • Famili : Araceae
  • Genus : Aglaonema
  • Spesies : A. modestum, A.brevispathum, A. cochinchinense, A. pumilum, A. hospitum, A. simplex, A. commutatum, A. costatum, A. densinervisum, dan A. crispum.

Ciri-Ciri Aglonema

Meskipun spesiesnya sangat banyak, namun tanaman sri rezeki sebenarnya mudah dikenali. Mengutip dari skripsi berjudul Budidaya Tanaman Hias Aglaonema di Deni Nursery and Garedening karya Anita Tri Puspitasari, ciri morfologi dari tanaman sri rezeki seperti berikut ini:

1. Akar

Tanaman ini termasuk dalam kelompok tanaman monokotil dengan akar serabut. Akar yang sehat memiliki warna putih dan berisi sedangkan akar yang kurang sehat berwarna coklat.

2. Batang

Sri rezeki memiliki batang basa yang lunak dan berair. Ukuran batangnya pendek dan tertutup daun. Warna batangnya umumnya putih, hijau muda, atau merah muda tergantung dari jenis spesiesnya.

3. Daun

Daya tarik dari tanaman ini ada pada daunnya. Bentuk daun sri rezeki sangat bervariasi, ada yang bilat telur, lonjong hingga bentuk delta. Permukaan daunnya licin, tidak berbulu, dan tepian rata. Daun tanaman ini tersusun selang-seling dan saling behadapan menutupi batang tanaman. Daun dari tanaman sri rezeki umunya becorak dan berwarna indah hingga membentuk gradasi yang menarik untuk dipandang.

4. Bunga

Bunga aglonema memiliki bentuk bulir dan tumbuh di area ketiak daun. Bunga ini termasuk dalam bunga majemuk. Pada bunganya dilapisi oleh selundang bunga atau spatha yang fungsinya untuk menarik dan sebagai perangkap serangga. Secara tidak langsung bunga ini berfungsi juga untuk pertahanan diri.

5. Buah dan Biji

Buah dari tanaman sri rezeki memiliki bentuk bulan lonjong. Awalnya berwarna hijau kekuningan, seiring dengan bertamabah umur buah berubah menjadi merah. Buah ini bisa dipetik dan di dalam buah yang sudah matang terdapat biji yang bisa digunakan untuk pembiakan tanaman.

Jenis Aglonema

Aglonema atau aglaonema memiliki beragam jenis dengan ciri khasnya masing-masing. Adapun jenis-jenis tersebut sebagai berikut:

1. Aglaonema Widuri atau Red Peacock

Tanaman sri rezeki jenis ini yang paling sering dicari. Ciri khas dari tanaman ini yaitu tulang daun yang berwarna merah membuatnya semakin indah. Bagi pecinta tanaman hias, tanaman ini sangat berharga bahkan banyak orang yang rela merogoh kocek hingga ratusan juta untuk mendapatkan tanaman indah ini.

2. Aglaonema Cinta

Disebut sebagai aglaonema cinta karena daun dari tanaman ini melengkung pada kedua pangkal menyerupai hati. Tanaman ini juga sangat cantik dengan cokrak yang unik dan warna yang mencolok. Biasanya tanaman ini disimpan pada ruangan untuk mempercantik ruang tamu.

3. Aglaonema Suksom

Sri rezeki yang satu ini juga dijual dengan harga yang tidak murah. Berbeda dengan jenis lainnya, aglaonema suksom ini tidak memiliki corak. Daunnya polos namun memiliki warna merah yang mencolok. Daun tanaman ini tidak memiliki banyak klorofil.

4. Aglaonema Claudia

Jika jenis suksom memiliki warna merah menyala, sri rezeki jenis claudia justru sebaiknya. Warna daun tanaman ini hijau pucat dengan tulang daun berwarna pink. Asalnya dari Thailand dan sama dengan aglonema lainnya, jenis ini juga banyak diburu bahkan saat masih bibit.

5. Agalonema Anyamanee

Pesona dari tanaman sri rezeki yang satu ini ada pada daunnya yang lebar dan berwarna. Tidak tanggung-tanggung tanaman ini memiliki tiga warna yang cantik yaitu hijau, putih, dan merah. Sama seperti jenis lainnya, anyamanee juga memiliki harga yang fantastis.

6. Aglaonema Pride of Sumatera

Tanaman ini memiliki daun yang tidak begitu lebar. Warna daun bagian atas hijau tua sedangkan bagian bawahnya berwan merah maroon. Batang tanaman ini juga berwarna merah dengan sedikit gradasi putih pada bagian bawahnya. Aglaonema jenis ini menjadi daya tarik bukan hanya di dalam namun juga luar negeri. Hal ini dibuktikan dengan dimenangkannya kontes tanaman hias internasional di Belanda pada 2002 silam.

7. Aglaonema Lipstik

Disebut aglaonema lisptik karen pada tepi tanaman ini memiliki warna merah cerah sehingga menyerupai bibir yang mengenakan lipsik. Meskipun menjadi favorit banyak orang namun harganya masih lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis lainnya.

8. Aglaonema Legacy

Sri rezeki jenis ini sekilas mirip dengan jenis widuri. Namun bentuk daun Legacy lebih lebar pada bagian pankal dan ujung runcing. Warna tulang daun merah sedangkan bagian daunnya memiliki bercak berwarna hijau muda.

9. Aglaonema Adelia

Daun jenis adelia mirip dengan legancy hanya saja pada jenis ini daunnya lebih panjang dan ramping. Daun sri rezeki adelia memanjang sampai 30 cm dengan corak dominan hijau tua serta bercak kuning dan merah muda. Tulang daun tanaman ini juga berwarna merah sehingga membuat penampilannya menarik.

10. Aglaonema Nitidum

Tanaman yang satu ini cukup spesial seba ia bisa tumbuh dalam kondisi gelap alias minim matahari. Maka dari itu, nitidum cocok untuk diletakkan di dalam ruangan.

11. Aglaonema Cutlass

Sri rezeki ini memiliki warna hijau dan putih krem dengan urat daun berwarna hijau. Bentuk daunnya tidak begitu lebar namun memanjang.

12. Aglaonema Emerald Bay

Daun tanaman ini memiliki warna yang unik. Pada bagian tepi berwarna hijau tua sedangkan tengahnya berwarna abu-abu perak. Tanaman ini juga toleran pada cahaya rendah sedangkan bisa disimpan di dalam ruangan.

13. Aglaonema Harlequin

Aglonema yang satu ini sangat unik karena penampilannya bisa menyesuaikan cahaya. Jika kurang cahaya tanaman ini memiliki warna hijau dengan bercak kuning dan urat merah muda. Namun ketika ada cahaya warnanya menjadi kuning dan warna merah muda.

14. Aglaonema Silver Queen

Daun dari tanaman ini memiliki warna perah dan hijau dengan bentuk tombak. Tanaman ini akan selalu terlihat indah meskipun ada perubahan cahaya.

15. Aglaonema Silver King

Selain queen ada juga king. Tanaman hias ini memiliki warna daun hijau dua dengan kombinasi perak yang berseri-seri dari urat utama. Tanaman ini juga cocok disimpan pada tempat gelap karena bisa hidup dengan cahaya minim.

16. Aglaonema Maria Christina

Jenis sri rezeki yang satu ini sebenarnya mirip dengan jenis silver queen. Hanya saja pada jenis ini perumbuhan daunnya sedikit lebih kecil dan lebat. Keunikan dari tanaman ini yaitu tahan pada kondisi dingin.

17. Aglaonema Maria

Aglonema yang satu ini berasal dari Filipina, namanya lainnya yaitu Emerald Beauty. Danaman ini memiliki daun motif hijau tua dan muda. Tanaman mudah untuk dirawat sehingga banyak orang yang menjadikannya tanaman hias di depan rumah.

Harga Aglonema

Harga tanaman aglonema sebenarnya sangat variatif. Harga ditentukan oleh jenis dari tanaman ini. Semakin indah bentuk dan penampilan dari tanaman sri rezeki maka harganya akan semakin tinggi. Sebagai patokan, dilansir dari iprice.co.id harga tanaman ini mulai dari Rp150.000 sampai Rp1.500.000. Untuk mendapatkan tanaman hias ini anda bisa membelinya langsung ke tempat jual beli tanaman hias atau membeli di e-commerce.

Namun jika Anda hendak membeli di online shop, sebaiknya lihat terlebih dahulu deskripsi dan penilaian dari toko tersebut. Pastikan juga pengiriman aman sehingga tanaman akan tetap cantik saat mendarat di rumah anda.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait