5 Manfaat Akar Bajakah untuk Kesehatan

Image title
24 November 2021, 15:20
Pekerja menjemur tanaman herbal akar bajakah di rumahnya di Jalan Bengaris, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (17/4/2020). Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) komoditas tanaman obat, herbal dan rempah-rempah meningkatkan nilai ekspor 14,09 milia
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/wsj.
Pekerja menjemur tanaman herbal akar bajakah di rumahnya di Jalan Bengaris, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (17/4/2020). Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) komoditas tanaman obat, herbal dan rempah-rempah meningkatkan nilai ekspor 14,09 miliar dolar AS atau naik 0,23 persen di periode Maret 2020.

Munculnya pandemi Covid-19, membuat banyak tanaman herbal yang bermunculan dan diyakini efektif untuk mengobati virus corona. Salah satunya adalah tanaman bajakah. Yang dimanfaatkan dari tanaman ini adalah kayu dan akarnya yang biasanya disebut dengan akar bajakah.

Bahkan khasiat dari akar bajakah secara akademik telah ditelusuri oleh tiga pelajar Indonesia asal SMA di Palangkaraya dengan raihan medali emas pada ajang World Invention Creativity Olympic di Korea Selatan. Hasil penelitian tersebut menunjukkan akar bajakah memiliki kandungan berbagai senyawa penting. Misalnya seperti fenolik, flavonoid, saponin, dan tanin.

Sejatinya akar bajakah sudah menjadi bagian dari obat-obatan herbal masyarakat Indonesia, sejak zaman leluhur. Akar bajakah sendiri merupakan tanaman asal pedalaman provinsi Kalimantan Tengah yang sudah sejak lama digunakan oleh suku Dayak sebagai obat herbal.

5 Manfaat Akar Bajakah untuk Kesehatan

Setelah mempelajari mengenai asal mula akar bajakah, kini ada lima manfaat yang bisa diraih bila rutin mengonsumsinya. Berikut manfaat akar bajakah dikutip dari halodoc.com.

1. Mengurangi Potensi Obesitas

Seperti kita ketahui bersama bahwa obesitas adalah sumber dari segala penyakit. Berpengaruh pada diabetes, hingga penyakit lainnya, dan akar bajakah bisa menjadi solusi atas problematika tersebut.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Neurologico Spinale Medico Chirurgico menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak kayu bajakah tampala efektif untuk menurunkan kadar Reactive Oxygen Species (ROS) pada tikus yang mengalami obesitas.

Perlu menjadi catatan bahwa ROS berfungsi sebagai molekul yang memberi sinyal pada sel untuk melakukan proses biologis normal. Kadar ROS yang tinggi juga berkaitan erat dengan obesitas. Selain itu, ekstrak kayu bajakah juga dapat menurunkan berat lemak visceral atau lemak aktif secara efektif.

2. Mencegah Penyakit Diabetes

Selain menangkal obesitas, akar bajakah juga dipercaya bisa mengobati diabetes. Mengutip situs informasi World Health Organization (WHO), sejumlah penelitian telah menunjukkan banyak sekali manfaat dari senyawa flavonoid. Salah satunya adalah mencegah penyakit seperti diabetes melitus.

Kandungan flavonoid pada akar bajakah dipercaya dapat mencegah diabetes dan komplikasinya. Meski begitu, ada baiknya untuk mengonsumsi obat diabetes yang diresepkan dan mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi akar bajakah.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...