5 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan, Ampuh Cegah Flu Hingga Kanker

Image title
25 November 2021, 10:48
Ilustrasi manfaat bawang putih untuk kesehatan
pixabay.com
Ilustrasi manfaat bawang putih untuk kesehatan

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang cukup familiar di Indonesia. Olahan sayuran akan terasa kurang nikmat bila belum ada campuran bawang putih. Namun tidak banyak yang tahu bahwa bawang putih mengandung beragam khasiat untuk kesehatan.

Dari segi bahasa, bawang putih dikenal dengan istilah garlic bila dalam Bahasa Inggris, dan dalam Bahasa Latin dikenal dengan Allium sativum. Dalam sejarahnya, bawang putih telah digunakan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama di Asia Tengah, dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa.

Selain itu, dalam catatan Mesir kuno, bawang putih biasa digunakan sebagai campuran masakan hingga pengobatan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia.

Apabila Anda pernah mengunyah bawang putih dalam keadaan mentah tentu ada rasa pedas yang terasa di lidah. Hal itu muncul karena bawang putih mentah penuh dengan senyawa-senyawa sulfur, termasuk zat kimia yang disebut alliin yang membuat bawang putih mentah terasa getir atau angur.

Kandungan Nutrisi Bawang Putih

Perlu Anda ketahui pula bahwa bawang putih masih masuk dalam keluarga tanaman amarilis (Amaryllidaceae), dan bersaudara dengan daun bawang dan bawang merah. Berambang putih adalah umbi siung asli budidaya Asia Tengah, tapi juga tumbuh liat di Italia dan daerah selatan Prancis.

Bawang putih juga mengandung sejumlah nutrisi dan gizi di setiap siungnya. Dalam siung yang memiliki kisaran berat sekitar 6-8 gram terdapat beberapa gizi, antara lain:

  • Empat kalori.
  • Satu gram karbohidrat.
  • 0,2 gram protein.
  • 0,1 gram serat.
  • 0,1 miligram mangan (setara dengan 3% kebutuhan harian tubuh).
  • 0,9 miligram vitamin C (setara dengan 2% kebutuhan harian tubuh).
  • 5,4 miligram kalsium (setara dengan 1% kebutuhan harian tubuh).
  • 0,4 mikrogram selenium (setara 1 persen% kebutuhan harian tubuh).
  • sederet antioksidan seperti flavonoid, oligosakarida, dan asam amino.

Kekayaan nutrisi pada bawang putih tidak hanya berhenti pada satuan zat di atas. Ada juga senyawa sulfur aktif seperti alliin, allyl propyl disulfide, dialil disulfida, dan dialil trisulfida. Ketika bawang putih mentah dikunyah dalam mulut, zat-zat sulfur tersebut akan bereaksi membentuk allicin.

5 Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan Badan

Berikut manfaat bawang putih untuk kesehatan seperti dikutip dari situs hellosehat.com:

1. Menekan Angka Kolesterol

Manfaat bawang putih untuk kesehatan yang pertama adalah sebagai penekan angka kolesetrol. Sejak lama bawang putih juga dikenal sebagai makanan terbaik untuk mencegah kolesterol tinggi. Dalam sebuah penelitian yang pernah dimuat dalam Journal of Postgraduate Medicine melaporkan makan sekitar 10 gram bawang putih mentah (1-2 siung kecil) setiap hari berhasil menurunkan kolesterol cukup drastis dalam dua bulan.

Untuk memeprkuat temuat tersebut, sejumlah studi di masa kini juga memberikan penelitian atas manfaat bawang putih. Di antaranya adalah studi yang dimuat dalam International Journal of Medical Science and Public Health tahun 2016.

Tim peneliti dari India awalnya meminta 50 orang yang punya kolesterol tinggi untuk rutin makan tiga gram bawang putih mentah satu kali setiap hari. Setelah 90 hari masa percobaan, seluruh partisipan tersebut mengalami penurunan kolesterol yang cukup banyak, yaitu sekitar 10-13 persen.

Dalam studi tersebut para peneliti menemukan sejumlah manfaat yang berasal dari kandungan allicin dalam bawang putih. Uniknya, allicin hanya akan diproduksi oleh bawang putih ketika siungnya dipotong, ditumbuk (uleg), atau dihancurkan dengan cara dikunyah. Allicin menghambat enzim yang berperan dalam pembuatan kolesterol.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...