Cara Menghilangkan Ketombe yang Mudah dan Bisa Dilakukan di Rumah

Berikut cara menghilangkan ketombe dengan mudah dan bisa dilakukan di rumah
Image title
26 November 2021, 11:09
Ilustrasi Cara Menghilangkan Ketombe
Pixabay
Ilustrasi Cara Menghilangkan Ketombe

Pernahkah Anda berjalan lalu tanpa disadari ada serpihan berwarna putih yang mengotori rambut dan beberapa bagian pundak Anda. Ada kemunginan kepala Anda sedang berketombe. Mengutip Hellosehat.com, ketombe berarti serpihan kulit mati yang berasal dari kulit kepala. Serpihan-serpihan ini biasanya terlihat ketika terjatuh di atas bahu, alis, atau sepanjang sisi hidung. Umumnya, ketombe juga disertai rasa gatal di kulit kepala.

Apabila Anda atau sanak kerabat sering mengalami gatal-galat di bagian kepala, bisa jadi ada masalah ketombe di kepalanya. Kasus ketombe memang tidak membuat gejala fatal pada kesehatan, namun mengganggu kepercayaan diri seseorang.

Dalam sebagian kasus yang sudah sangat mengganggu, keberadaan ketombe dapat menyebabkan kerontokan rambut bila tidak segera diobati. Perlu diingat bahwa kondisi ini tidak berhubungan dengan cara merawat rambut. Namun, jumlah serpihan kulit mati dapat dikurangi dengan rutin keramas.

Mengenal Ketombe Sebagai Penyakit Kulit Kepala

Dalam definisi lain ketombe juga merupakan kondisi kulit kepala yang umum terjadi. Kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja, terlepas dari usia, jenis kelamin, dan ras. Penyakit kulit kepala ini lebih sering terjadi pada pria.

Advertisement

Kasus ketombe tidak hanya menimpa orang dewasa, bayi dan anak-anak pun dapat mengalami masalah ini yang disebut sebagai cradle crap. Kelainan ini biasanya muncul pada bayi yang baru lahir hingga berusia dua bulan, bisa juga terlihat pada bayi yang lebih tua.

Sebelum beranjak ke pembahasan cara menghilangkan ketombe, ada baiknya mengenali gejala kemunculan ketombe secara bentuk dan fisik. Secara umum ketombe dikenali dengan:

  • Serpihan kulit mati berwarna putih atau kuning pucat,
  • Rasa gatal di area yang terdampak,
  • Kulit tampak bersisik,
  • Ada ruam pada daerah yang gatal,
  • Kulit terasa berminyak.

Proses gejala di atas terjadi secara umum. Namun gejala tersebut akan semakin memburuk jika Anda berada di tempat bercuaca dingin terlalu lama atau mengalami stres berat. Selain itu, gejala dan tanda lainnya mungkin tidak tercantum di atas, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Penyebab Munculnya Ketombe

Mengenai penyebab ketombe, para ahli meyakini bahwa kondisi ini dapat terjadi akibat adanya peningkatan produksi minyak, sekresi, dan jumlah jamur pada kulit. Namun penyebab ini masih perlu diteliti untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkap.

Kasus ini tidak sama dengan masalah kutu rambut, ketombe bukan penyakit menular. Ada kemungkinan masalah ini dipicu oleh kulit kepala yang kering dan reaksi alergi dari produk perawatan rambut. Sehingga Anda tidak perlu khawatir ketularan bila ada rekan atau keluarga yang memiliki penyakit ketombe.

Tips dan Cara Menghilangkan Ketombe

Ada beberapa cara menghilangkan ketombe salah satunya dengan menggunakan sampo khusus antiketombe. Hal ini bertujuan agar serpihan dan kerak kulit dapat hilang dan tidak terlalu terlihat.

Untuk memilih produk sampo perlu dilakukan secara cermat dan memerhatikan, bahan-bahan aktif berikut ini:

  • Zinc Pyrithione ini menjadi zar penting pertama karena mengandung senyawa antibakteri dan antijamur.
  • Tar batu bara untuk mengurangi jumlah penumpukan sel kulit mati di kulit kepala.
  • Asam salisilat untuk membantu menghilangkan sisik kulit yang berketombe.
  • Selenium sulfide untuk memperlambat penumpukan sel kulit mati.
  • Ketoconazole biasanya digunakan pada sampo antiketombe dengan resep dokter.

Selain menggunakan sampo sebagai cara menghilangkan ketombe, yang bisa dilakukan, dengan menggunakan cara berikut:

Pertama, harus mengelola stres agar tidak menimbulkan ketombe, Beberapa orang yang stres cenderung terbiasa menggaruk kepala mereka, sehingga serpihan kulit kepala pun ikut terangkat. Akhirnya, jumlah sisik kulit yang jatuh pun meningkat.

Kedua, batasi produk penata rambut dalam kehidupan sehari-hari. Produk penata rambut, seperti gel dan hairspray ternyata dapat memicu produksi minyak berlebih di kulit kepala Anda. Alhasil, ketombe pun lebih mudah muncul.

Ketiga, selain mengawasi dari eksternal, bagian internal juga perlu dijaga pola kesehatannya. Cara menghilangkan ketombe selanjutnya harus dengan memperbanyak konsumsi sebagai berikut:

  • Asam lemak omega-3 untuk mengurangi peradangan kulit.
  • Probiotik untuk memperbaiki sistem imun tubuh.
  • Vitamin B dan zinc.

Demikian tips dan cara menghilangkan ketombe dengan cara yang bisa dipraktikkan di rumah. Apabila ada gejala yang lebih parah, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait