Mengenal Alat Musik Tradisional, dari Sejarah hingga Fungsinya

Image title
6 Desember 2021, 15:05
Ilustrasi seorang seniman tradisional asal Nusa Tenggara Timur yang sedangmempersiapkan alat musik tradisional Sasando
Kemenparekraf/Shutterstock/Fotone Agus
Ilustrasi seorang seniman tradisional asal Nusa Tenggara Timur yang sedangmempersiapkan alat musik tradisional Sasando

Alat musik yang kita dengar sekarang ternyata sudah ada embrionya sejak ribuan tahun lamanya. Hal itu merupakan hasil karya para leluhur di masa lalu yang berkembang seiring majunya zaman. Sepuluh tahun lalu, sekitar 5.000 orang berkumpul di sebuah monumen di ibukota Amerika Serikat, Washington DC. Mereka datang untuk bermain angklung, alat musik tradisional kebangaan masyarakat Jawa Barat.

Hal itu menjadi tolok ukur masifnya perkembangan alat musik tradisional Indonesia. Bahkan dengan jumlah partisipan yang sangat banyak, kegiatan tersebut berhasil memecahkan rekor Guiness Book World Record. Namun, lebih dari itu, pencapaian yang sesungguhnya ialah keberhasilan dari masyarakat Indonesia untuk mempromosikan budaya khas nusantara ke kancah internasional.

Angklung hanya salah satu dari beragam alat musik tradisional Indonesia yang berhasil mencuri perhatian dunia. Alat musik kebangaan masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT), sasando juga cukup rutin ditampilkan dalam panggung-panggung kesenian di Eropa.

Bahkan beberapa alat musik semacam gamelan Jawa, sudah masuk ke bangku kuliah di Eropa. Alat musik ini bukan hanya ditampilkan di atas panggung namun juga dibawa masuk ke dalam kelas-kelas sebagai mata pelajaran di beberapa perguruan tinggi di Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru.

Namun di balik prestasi alat musik tradisional Indonesia sudah melalang buana hingga penjuru dunia. Ternyata masyarakat Indonesia yang ada dalam negeri Indonesia masih banyak belum mengetahui tentang musik traidisi Indonesia itu sendiri. Oleh karenanya dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai pengertian hingga fungsi alat musik tradisional yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Penjelasan Singkat Mengenai Alat Musik Tradisional

Ada beragam makna dan padanan istilah mengenai alat musik tradisional, salah satunya yang dilansir dari Gramedia.com, bahwa definisi alat musik ialah segala benda yang bisa digunakan untuk menciptakan nada dan irama, tentunya agar nada dan irama terdengar indah maka alat musik dibuat dengan pengaturan-pengaturan tertentu.

Alat musik tradisional tentu hadir bukan tanpa arti. Ada tujuan mulia dalam proses pembentukannya yaitu menjadi alat pemersatu bangsa melalui seni. Selaras dengan proses penciptaan suara yang harmonis inilah yang membedakan antara alat musik dengan benda bukan alat musik. Contohnya, dinding kayu yang dipukul secara acak akan menghasilkan suara. Karena suara yang dihasilkan tidak beraturan, maka tidak dapat dikategorikan sebagai musik.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...