Cara Menanam dan Merawat Daun Mint

Image title
8 Desember 2021, 16:10
Cara menanam dan merawat daun mint.
Pexels.com/icon0.com
Cara menanam dan merawat daun mint.

Daun mint merupakan daun herba dengan aroma dan rasa yang khas. Daun yang kerap dicampurkan dengan olahan makan dan minuman ini juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Daun berbentuk bulat telur dan bergigi halus ini berkhasit mengatasi gangguan pencernaan, meningkatkan imun, meredakan sindrom iritasi usus besar, hingga meningkatkan fungsi otak.

Cara Menanam Mint

Tanaman mint cukup mudah untuk ditanam. Tidak perlu pekarangan luas atau keahlian bercocok tanam yang mumpuni, Anda bisa menanam dan merawat tanaman mint dengan mudah dan mendapat hasil yang memuaskan.

Pertama-tama, tentukan terlebih dahulu bibit varietas mint yang hendak ditanam. Ada berbagai bibit varietas, di antaranya chocolate mint, spearmint, sweet mint, lemon mint, atau apple mint.

Tapi, selain langsung dari bibitnya, menanam mint bisa dilakukan dengan memetik dari tanaman yang sudah ada. Caranya potong tangkai sekitar satu sentimeter (cm) di atas percabangan. Kemudian, masukan tangkai ke dalam segelas air.

Buang daun-daunnya yang terbenam di bawah air. Tunggu sekitar satu minggu sampai akar mint mulai muncul di bawah air. Biarkan selama beberapa hari sampai akar mulai memanjang. Selanjutnya, tambahkan air dan ganti setiap 4-5 hari sekali agar tanaman tetap sehat dan tidak membusuk.

Cara Merawat Mint

Mengutip Almanac, ada beberapa hal yang mesti diketahui dan perhatikan ketika menanam mint. Tanaman dengan nama ilmiah Mentha piperita L ini adalah jenis flora yang tumbuh subur di tanah ringan dengan drainase yang baik.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...