4 Jenis Cerita Fantasi yang Bisa Dipelajari Para Penulis Pemula

Image title
13 Desember 2021, 09:52
4 Jenis Cerita Fantasi yang Bisa Dipelajari Para Penulis Pemula
Alexis Brown/Unsplash
Ilustrasi Orang Menulis Cerita FAnntasi yang Bisa Dilakukan DImana Saja

Soerang penyair Libanon, Khalil Gibran, mengungkapkan bahwa kebutuhan manusia setelah makanan adalah cerita. Ternyata ungkapan Khalil tersebut berkaitan dengan olah pikiran manusia yang membutuhkan asupan nutrisi tak hanya dari makanan namun juga dari bacaan atau ucapan yang dapat merangsang otak untuk berpikir.

Salah satu sumber nutrisi untuk otak adalah cerita fantasi. Melansir Kamus Besar Bahasa Indonesia, cerita adalah karangan yang menuturkan perbuatan, pengalaman, atau penderitaan orang atau kejadian dan sebagainya (baik yang sungguh-sungguh terjadi maupun yang hanya rekaan belaka). Sedangkan fantasi berarti daya untuk menciptakan angan-angan.

Adapun menurut pakar dalam penulisan cerita fantasi, Nurgiyantoro, menyebut bahwa cerita fantasi adalah cerita yang menampilkan tokoh, alur, latar, atau tema yang derajat kebenarannya diragukan, baik menyangkut (hampir) seluruh ataupun hanya sebagian cerita.

Dapat diambil kesimpulan dari dua penjelasan di atas, cerita fantasi merupakan sebuah karangan yang dibuat dengan daya imajinasi atau khayalan seseorang yang didalamnya terdapat berbagai kisah.

Meski bukan kisah nyata, seorang penulis fiksi haruslah bisa membuat tokoh, alur, latar, dan sebagainya, sehingga cerita fantasi termasuk ke dalam salah satu bentuk karya sastra. Pada umumnya, cerita fantasi yang ditulis oleh penulis akan menceritakan tentang berbagai macam hal yang mudah dipahami oleh anak-anak.

Aneka Rupa Jenis Cerita Fantasi

Melansir stus Kementerian dan Pendidikan Republik Indonesia bahwa ragam cerita fantasi terdiri atas dua jenis yaitu berdasarkan kesesuaian dalam kehidupan nyata dan cerita fantasi latar cerita. Berikut penjelasannya:

1. Cerita Fantasi yang Menyesuaikan Alur Kehidupan dari Kisah Nyata

Dalam konsep cerita fantasi yang dikulik dari kehidupan kisah nyata terbagi atas cerita fantasi total dan cerita fantasi irisan.

a. Cerita Fantasi Total

Konsep dari cerita fantasi total adalah yang mengedepankan objek tertentu dan cerita didalamnya yang tidak sesuai dengan atau tidak terjadi di dalam kehidupan yang nyata. Hal-hal yang tidak sesuai dengan kehidupan yang nyata, seperti nama orang, nama objek, nama kota, dan lain-lain.

b. Cerita Fantasi Irisan

Pada konsep cerita fantasi irisan, penulis didorong untuk mengeluarkan dunia imajinasi namun nama-nama tempat dan nama-nama peristiwa masih ada di dunia nyata. Ketika membaca cerita fantasi jenis ini, kita akan mendapatkan sebuah informasi yang dibungkus dengan bahasa yang menarik.

2. Cerita Fantasi Berdasarkan Latar Cerita

Jika menilik pada latar cerita juga terbagi atas dua bagian yaitu cerita fantasi latar sezaman dan cerita fantasi lintas waktu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...