Cara Membuat Akun Google Tanpa Nomor HP di Android dengan Praktis

Berikut cara membuat akun Google tanpa nomor HP di Android dan bisa dilakukan oleh siapa pun dengan mudah dan praktis.
Image title
14 Desember 2021, 10:55
Google menampilkan sejumlah fitur baru pada aplikasi Google Assistant dalam Consumer Electronics Show (CES) 2020 di New York, Amerika Serikat. Fitur tersebut bisa didapatkan dengan cara membuat akun Google tanpa nomor HP.
123RF.com/dennizn
Google menampilkan sejumlah fitur baru pada aplikasi Google Assistant dalam Consumer Electronics Show (CES) 2020 di New York, Amerika Serikat.

Ketenaran Google dalam membantu kehidupan manusia sudah merambah di seluruh dunia. Data yang dirilis dari media Selular.id mencatat sebanyak 4,66 miliar orang di seluruh dunia yang menggunakan internet hingga penghujung 2021. Jumlah tersebut naik signifikan hingga 316 juta orang atau 7,3% dibanding Januari 2020.

Dari jumlah yang sangat besar itu, Indonesia menduduki posisi ranking 6 dalam menggunakan internet setelah China, Amerika Serikat, India, Brazil, dan Jepang. Jumlah penggunaan di Indonesia sekitar 112 juta warganya dan tergolong pesat dalam proses pertumbuhannya. Data ini sebagaimana dilansir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Dalam praktiknya, Google melayani hampir setiap kebutuhan manusia melalui perangkat lunak dan memberikan produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring.

Sejarah Google yang panjang dan kemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, Google menyediakan banyak hal bagi manusia. Dari mendapat email Gmail, Anda juga dapat menikmati berbagai fasilitas gratis lainnya dari Google seperti Google Drive, Google Form, Google Maps, dan masih banyak lagi.

Dari setiap kemudahan yang ditawarkan Google, ada satu syarat yang harus dipenuhi sebelum bisa mengakses semua fasilitas tersebut. Syarat itu adalah kepemilikan akun Google. Dalam proses pembuatan akun, Anda diberi opsi untuk menautkan nomor HP ke akun Anda. Meski sebenarnya dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan akun, verifikasi nomor HP ini terkadang merepotkan dan dapat menjadi penghalang terutama bila Anda membuat akun Gmail dalam jumlah banyak.

Cara Membuat Akun Google Tanpa Nomor HP di Android dengan Praktis

Anda tidak perlu khawatir bila tidak ingin menuliskan nomor HP Anda dalam akun Google. Ada cara membuat akun Google tanpa nomor HP dan dapat dilakukan melalui android. Berikut langkah-langkahnya yang disadur dari artikel teknologi Nitrotekno.com:

1. Cara membuat akun Google tanpa nomor HP di android adalah dengan membuka menu Settings pada Android untuk mulai membuat akun Gmail (Google).
2. Memilih menu 'Accounts and Backup'.
3. Klik menu 'Accounts'.
4. Geser ke ke bawah lalu pilih menu 'Add account'.
5. Pilih Google untuk menambahkan akun Google (Gmail) baru.
6. Apabila Anda menggunakan fingerprint, Anda mungkin diminta untuk memverifikasi identitas dengan menggunakan sidik jari.
7. Pilih opsi 'Create account' lalu pilih 'For myself' untuk membuat email Gmail untuk pribadi.
8. Selanjutnya, Anda akan diminta agar mengisi nama depan (First name) dan nama belakang (Last name). Tekan 'Next' untuk melanjutkan proses pembuatan akun Google (Gmail).
9. Pada halaman selanjutnya, isikan tanggal lahir dan jenis kelamin Anda lalu klik 'Next'.
10. Kemudian, Anda akan diberi beberapa opsi alamat email yang bisa Anda pilih. Tetapi, Anda juga dapat membuat alamat email sendiri. Caranya, pilih opsi 'Create your own Gmail address' lalu ketikkan alamat email sesuai keinginan Anda. Klik Next untuk meneruskan pembuatan akun Google (Gmail).
11. Pada langkah selanjutnya Anda akan diarahkan untuk membuat password untuk akun Google (Gmail) Anda, lalu tekan 'Next'.
12. Setelah itu, Anda akan diberi pilihan untuk menghubungkan nomor HP Anda ke akun Google yang Anda buat. Pilih 'Skip' untuk membuat akun Gmail (Google) tanpa nomor HP.
13, Pada langkah ini Anda akan diminta untuk mereview akun Google Anda sekali lagi. Pastikan nama dan alamat email yang dipilih sudah benar, kemudian klik 'Next'.
14. Di bagian halaman berikutnya, Anda akan melihat halaman Privacy and Terms. Untuk melanjutkan, scroll ke bawah kemudian pilih 'I Agree'.
15. Di akhir Google akan melakukan proses pembuatan akun Anda. Setelah akun Anda selesai dibuat, Anda dapat melihat akun Google (Gmail) baru di menu 'Accounts' HP Anda.

Demikianlah cara membuat akun Google tanpa nomor HP melalui android. Meski tergolong mudah ada catata yang harus dipastikan bahwa Anda hanya dapat membuat akun Google tanpa nomor HP sekitar empat hingga lima kali.

Setelah itu, Anda akan diwajibkan untuk menggunakan nomor HP. Hal ini merupakan salah satu fitur keamanan Google yang mendeteksi alamat IP dan perangkat yang dipakai ketika mendaftar akun Gmail/ Google. Sehingga tidak mudah terkena serangan hacker atau orang yang tidak bertanggungjawab lainnya terhadap akun Anda. 

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait