5 Teknik Dasar Sepak Bola yang Bisa Dipelajari oleh Pemula

Image title
14 Desember 2021, 17:16
Ilustrasi Timnas Indonesia yang menerapkan teknik dasar sepak bola dalam pertandingan.
ANTARA FOTO/Humas PSSI/app/aww.
Ilustrasi Timnas Indonesia yang menerapkan teknik dasar sepak bola dalam pertandingan.

Salah satu permainan yang cukup populer dan menyedot perhatian masyarakat adalah sepak bola. Permainan ini dapat dikatakan paling banyak diminati. Setiap pertandingan sepak bola tidak pernah sepi dari penonton.

Sepak bola sendiri merupakan permainan yang dilakukan oleh dua tim berbeda, dengan komposisi pemain yang berada lapangan sebanyak sebelas orang. Masing-masing tim berupaya untuk menang dan mencetak gol ke gawang lawan.

Dari istilah itu dapat disimpulkan bahwa permainan bola diharuskan melibatkan pergerakan unsur fisik, mental, motorik kasar dan motorik halus, serta di bangun dengan kekuatan tim yang solid. Pergerakan semua unsur tersebut dilakukan untuk menjaga pergerakan bola tetap dinamis dan melewati garis gawang.

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Setidaknya ada lima teknik dasar sepak bola yang bisa dipelajari. Berikut penjelasannya yang dikutip dari Buku Jago Sepak Bola Untuk Pemula yang ditulis oleh Reki Siaga Agustina yang diterbitkan oleh Penerbit Cemerlang.

1. Shooting

Teknik dasar sepak bola yang pertama adalah shooting. Teknik ini mengajarkan dengan cara menembakkan bola. Tembakan yang dilakukan maksudnya adalah dengan menendang bola. Seorang pemain yang melakukan shooting harus dengan tepat dan disertai tingkat akurasi yang tinggi.

Untuk mendapat hasil yang pas dengan akurasi yang tepat dapat dilakukan dengan menggunakan kaki kiri bagian luar, kaki sisi bagian dalam, dan menggunakan ujung kaki. Selain itu, dapat juga dilakukan dengan menggunakan ujung kaki. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk melakukan teknik shooting supaya dapat dilakukan dengan tepat:

  • Perhatikan ke arah lapangan, kemudian mengamati situasi sebelum melakukan shooting.
  • Selalu fokus kepada target atau sasaran untuk bola ditembakkan. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan pemain lawan.
  • Menyesuaikan tembakan dengan arah gerak dan posisi lawan.
  • Ketika sudah menentukan sasaran dan informasi di lapangan, kemudian lihatlah kembali bola. Setelah itu, lakukan pandangan pada bola sehingga hasil menjadi lebih akurat.

2. Dribbling

Selanjutnya adalah teknik dasar sepak bola dengan dribbling. Teknik dribbling dalam sepak bola adalah sebuah gerakan yang dilakukan oleh pemain ketika menggiring bola menggunakan kaki. Teknik dribbling ini dilakukan untuk menggerakan serta mengontrol bola ketika berada di lapangan.

Untuk mendapat performa dan hasil akhir yang bagus, pola teknik dribbling juga dilakukan saat bola ingin digiring ke area gawang. Kemudian, tidak akan pemain yang akan diberikan untuk operan. Teknik dasar dribbling ini dibagi menjadi dua jenis. Teknik tersebut adalah speed dribbling dan closed dribbling.

3. Teknik Menghentikan Bola

Berikutnya ada teknik dasar sepak bola dalam proses penghentian bola. Teknik ini adalah salah satu taktik dalam bermain sepak bola. Dalam teknik ini, bisa menggunakan banyak anggota tubuh. di antaranya dengan menggunakan kaki, paha, dada, kepala, dan perut.

Di bagian kaki, para pemain dapat melakukan penghentian bola menggunakan beberapa bagian. Bagian tersebut adalah kaki bagian luar, punggung kaki, dan telapak kaki. Teknik menghentikan bola yang dilakukan dengan paha biasanya karena operan bola yang diterima dari jarak jauh.

4. Teknik Melempar ke Dalam

Pada poin nomor empat ada teknik dasar sepak bola yang menggunakan mode lemparan ke dalam. Teknik ini dipakai saat bola berada di dalam posisi out atau keluar dari lapangan. Bisa dari sisi kiri atau sisi kanan lapangan. Dalam teknik ini, pemain hanya perlu melemparkan bola.

Agar bisa mendapat hasil maksimal dalam teknik ini, pertama ambilah bola menggunakan kedua tangan. Langkah kedua, arahkan kaki sehingga menghadap ke lapangan. Pada posisi ini, ujung jari kaki diposisikan berada di pinggir garis lapangan. Langkah ketiga. Lengkungkanlah punggungmu, langkah keempat, angkat bola yang diawali dari belakang kepala. Bawalah bola ke atas melewati kepala kamu.

Langkah selanjutnya, lepaskan bola ke arah depan dengan jentikan pergelangan tangan. Langkah terakhir, kembalilah lari ke dalam lapangan untuk kembali bermain. Akan tetapi, jangan sampai menyentuh bola, sebelum disentuh oleh pemain lain.

5. Passing

Dalam teknik passing ini masih memiliki kaitan dengan teknik shooting. Teknik passing adalah sebuah teknik keterampilan untuk memindahkan bola. Bola akan dipindah dari satu pemain pada pemain lainnya. Teknik ini akan dilakukan dengan menggunakan kaki atau bagian tubuh yang lain, kecuali tangan.

Passing terdiri dari dua jenis. Ada short passing atau operan pendek,dan ada long passing atau operan jauh. Teknik operan pendek digunakan untuk memberikan bola kepada sesama pemain yang berjarak dekat. Untuk dapat mengarahkan bola tersebut, pemain harus memiliki keseimbangan badan yang bagus. Caranya dengan memposisikan kaki yang dijadikan sebagai tumpuan sehingga sejajar dengan bola.

Demikianlah lima teknik dasar sepak bola yang bisa dipelajari bagi para pecinta olahraga ini. Bagi para pemula jika ingin ahli dalam permainan ini maka harus rutin latihan dalam menerapkan lima pola teknik ini.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait