Letak Astronomis dan Karakteristik Benua Amerika

Dwi Latifatul Fajri
21 Desember 2021, 09:11
Benua Amerika
pixabay.com/kaboompics
Letak Astronomis Benua Amerika

Benua Amerika dibagi menjadi dua yaitu Amerika Utara dan Selatan. Menurut sejarah, benua Amerika ditemukan oleh Christopher Columbus, salah satu penjelajah Eropa tahun 1492.

Sebelum Christopher Columbus, penjelajah yang menemukan benua Eropa adalah Amerigo Vespucci, dari Italia. Nama Amerigo kemudian diabadikan menjadi nama benua Amerika.

Jumlah negara di benua Amerika yang diakui oleh PBB sebanyak 35 negara. Negara ini dibagi menjadi empat bagian berdasarkan letak geografisnya, yaitu subregion Amerika Utara, subregion Karibia, subregion Amerika Tengah, dan benua Amerika Selatan.

Luas Benua Amerika

Mengutip dari buku Explore Ilmu Pengetahuan Sosial Jilid 3 untuk SMP/MTs Kelas IX, luas benua Amerika sekitar 42.330.000 km2. Benua Amerika sekitar 28,5% luas permukaan bumi.

Secara geologis benua Amerika dibagi menjadi dua yaitu bagian barat, berupa pegunungan muda sirkum pasifik. Sementara bagian pantai pantai timur benua ada pegunungan tua.

Letak Astronomis Benua Amerika

Mengutip dari laman kemdikbud.go.id, letak astronomis benua Amerika berada di 35 BB- 170BB dan 83 LU- 55 LS. Sedangkan letak geografi benua Amerika berada di belahan bumi barat, dan diapit dua Samudra Akrtik dan Samudra Pasifik.

Benua Amerika berbatasan dengan beberapa tempat. Berikut batas benua Amerika:

  1. Sebelah Utara : Laut Arktik dan Laut Beauford
  2. Sebelah Timur : Samudra Atlantik
  3. Sebelah Selatan: Samudra Pasifik, Samudera Atlantik, dan Antartika
  4. Sebelah Barat : Selat Bering dan Samudra Pasifik

Karakteristik Benua Amerika

Ciri khas atau karakteristik benua Amerika yaitu:

  • Amerika Utara merupakan benua terluas di permukaan bumi ketiga sedangkan Amerika Selatan berada di urutan keempat.
  • Batas negara antara benua Amerika Utara dan Selatan adalah negara di Panama (Amerika Utara) dan Kolombia (Amerika Selatan).
  • Benua Amerika punya air terjun terbesar di dunia yaitu air terjun Guaira di Brasil dan air terjun Niagara di Amerika Serikat.
  • Pegunungan di Amerika membujur dari Alaska sampai bagian utara pulau Tierra del Fuego di bagian Selatan.
  • Terdapat bentang alam yang berbeda antara Amerika bagian barat dan timur.
  • Letak astronomis Amerika mengakibatkan benua tersebut terdiri dari beberapa musim seperti iklim kutub, iklim subtropis, iklim tropis, dan iklim gurun.

Iklim Benua Amerika

Benua Amerika mempunyai empat iklim yaitu:

  • Iklim Kutub

Ciri-ciri iklim kutub memiliki udara dingin lebih panjang. Sedangkan musim panas lebih pendek. Iklim kutub berada di daerah paling utara dan paling selatan benua, sekitar pantai barat pulau Api-api.

  • Iklim subtropis

Ciri-ciri iklim di benua Amerika ini mempunyai 4 musim yaitu musim dingin, musim semi, musim panas, dan musim gugur. Negara di Amerika yang memiliki 4 musim ada di bagian selatan kawasan paling utara.

  • Iklim tropis

Iklim tropis mempunyai curah hujan tinggi, lembab, dan suhu panjang sepanjang tahun. Benua Amerika yang memiliki iklim tropis melewati garis khatulistiwa. Iklim tropis berada di bagian Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

  • Iklim Gurun

Iklum gurun terjadi perubahan suhu yang tiba-tiba berubah sangat cepat dan curah hujan rendah. Iklim ini biasanya ada di kawasan pegunungan.

Penduduk Asli Benua Amerika

Benua Amerika punya penduduk asli yaitu suku Eskimo dan Indian. Kemuda datang imigran bangsa kulit putih dari Eropa seperti seperti Inggris, Italia, dan Perancis berada di benua Amerika. Sedangkan imigran dari Amerika Latin berasal dari Spanyol dan Portugis.

Bentang Alam

Benua Amerika punya kondisi alam yang berbeda bentang alam yang dibagi menjadi Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Kondisi alam ini mengakibatkan perbedaan bentang alam seperti pegunungan, hewan, dan sungai.

  • Amerika Utara

Amerika Utara membentang dari Alaska bagian utara sampai Meksiko di bagian selatan. Iklim di bagian utara ini lebih dingin daripada benua di Amerika lain.

Pegunungan yang terkenal di Amerika Utara yaitu pegunungan Rocky terdiri dari Cascade, Pegunungan Sierra Madre Barat, dan Sierra Madre Nevada. Sedangkan lembah luas terkenal di Amerika Utara adalah Grand Canyon.

Benua Amerika Utara mengalir sungai-sungai pajang yang menjadi perbatasan antara negara Meksiko dan Amerika Serikat. Sungai itu antara lain Sungai Missisipi, Sungai Missouri, Sungai Arkansas, Sungai Colorado, dan Sungai Rio Grande.

  • Amerika Tengah

Amerika Tengah terdiri dari pegunungan dan dataran setinggi 2.500 m. Bagian selatan di wilayah Amerika Tengah ada terusan yang menghubungkan Samudra Pasifik dengan Samudra Atlantik.

  • Amerika Selatan

Amerika Selatan memiliki pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, dan sungai. Pegunungan Andes merupakan gunung tertinggi di benua Amerika yang puncaknya mencapai 6.959 meter.

Di bagian selatan benua Amerika ini ada sungai besar yaitu sungai Amazon. Sungai ini mengalir ke berbagai anak sungai yang ditutupi oleh hutan Amazon. Hutan Amazon memiliki ragam flora dan fauna karena berada di iklim tropis.

Contoh hewan yang hidup di iklim tropis Amerika seperti bison, alligator, beruang, kadal, lama, jaguar, puma, monyet, ular, dan masih banyak lagi.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait