5 Daftar Sungai Terpanjang di Benua Amerika dan Cerita di Baliknya

Mengenal lima sungai terpanjang di Benua Amerika yang menjadi habitat flora dan fauna hingga menjadi area transportasi penopang ekonomi masyarakat.
Image title
11 Oktober 2021, 17:37
Sungai Amazon sebagai sungai terpanjang di Benua Amerika
Pixabay
Sungai Amazon sebagai sungai terpanjang di Benua Amerika

Dalam film-film Hollywood, tak jarang menyuguhi panorama pemandangan dari Sungai Amazon. Perlu diketahui bahwa Sungai Amazon merupakan sungai terpanjang di dunia yang lokasinya berada di Benua Amerika.

Sungai Amazon diyakini menjadi yang terpanjang kedua setelah Sungai Nil. Letaknya yang masih dikeliling oleh lanskap hutan dan flora serta fauna yang beraneka ragam, membuat sungai ini memiliki banyak cerita.

Namun selain Sungai Amazon, masih ada beberapa sungai lain yang teramat panjang di Benua Amerika. Keberadaan sungai yang teramat panjang itu ada karena didukung topografi Benua Amerika yang begitu luas.

Bila diukur secara total, luas keseluruhan benua ini adalah 42.188.569 kilometer persegi (km2)atau sekitar 4 kali luas Benua Eropa. Benua Amerika merupakan benua terpanjang dengan jarak 15.300 km mulai dari kawasan Kutub Utara hingga Cape Horn di bagian selatan.

Benua Amerika terdiri dari 2 kawasan utama, yaitu Amerika Utara dan Amerika Selatan. Keduanya dihubungkan oleh daratan sempit dan ukuran yang paling sempit sekitar 60 km di wilayah Tanah Genting, Panama, Amerika Tengah yang sekaligus menjadi pemisah Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik.

Sebagai benua yang luas, kawasan ini memiliki sungai-sungai besar dan panjang di dunia. Hal tersebut disebabkan karena topografi daratan Amerika yang membentuk cekungan luas di daerah timur. Selain itu, keanekaragaman hayati dan sumber daya alam benua ini juga sangat melimpah.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut lima daftar sungai terpanjang yang ada di Benua Amerika:

1. Sungai Amazon

Sungai Amazon menduduki peringkat pertama dalam daftar sungai terpanjang di Benua Amerika. Sungai ini mengalir dari Rio Mantaro, Peru dan bermuara di Samudra Atlantik. Sungai ini juga mengaliri beberapa negara di Amerika Selatan antara lain Brasil, Ekuador, Kolombia dan Bolivia.

Ada beberapa pendapat terkait panjang sungai ini. Salah satu yang paling sering digunakan sebagai referensi adalah hasil studi beberapa ilmuwan pada 2009. Penelitian tersebut menggunakan kombinasi analisis citra satelit dan investigasi di lapangan, yang menyimpulkan sungai Amazon memiliki panjang 6.575 km.

Kawasan Amazon adalah habitat bagi berbagai flora dan fauna yang sangat kaya akan keanekaragaman hayati. Salah satu hewan yang identik dengan kawasan ini adalah ikan piranha, ikan karnivora kecil yang dikenal sangat buas. Selain itu ada pula ikan arapaima yang menyandang status ikan air tawar terbesar di dunia.

Volume air yang sanggup dialirkan oleh Sungai Amazon mencapai 184.000 m³ per detik menuju Samudera Atlantik, terhitung dari Nevado Mismis. Jumlah tersebut menjadikan Sungai Amazon sebagai sungai dengan volume tertinggi dan terluas berdasarkan lebarnya. Selain menjadi habitat flora fauna, kawasan hutan Amazon juga dihuni berbagai suku yang belum terindetifikasi.

2. Sungai Mississipi

Pada peringkat kedua ada Sungai Mississipi yang berletak di Amerika Utara. Panjang sungai ini mencapai 3.734 km. Nama Mississippi diambil dalam dari bahasa penduduk asli Amerika yang artinya 'Bapak Air'.

Sungai Mississippi menjadi salah satu ikon Amerika Serikat. Di sungai hidup banyak tumbuhan, hewan, kerang, ikan dan beberapa jenis amfibi. Karena panjangnya, sungai ini menjadi salah satu penopang vital bagi keberlangsungan ekonomi di Amerika Serikat.

Aliran Sungai Mississipi berawal atau berhulu dari Danau Itasca yang berada di Minnesota Utara. Sungai Jefferson juga dianggap sebagai hulu sungai Mississipi. Aliran sungai ini tebagi menjadi beberapa sungai lain, seperti Sungai Minnesota, Sungai St. Croix, Sungai Wisconsin, Sungai Illinois, Sungai Missouri, Sungai Ohio, Sungai Arkansas. 

3. Sungai Yukon

Di peringkat ketiga sungai terpanjang ada Sungai Yukon. Terletak di Provinsi British Columbia, sungai ini memiliki panjang 3.190 KM. Sepanjang sungai yang mengalir sampai ke Alaska ini memiliki keindahan yang seru sehingga sering dijadikan tempat wisata.

Dalam bahasa lokal Suku Athabasca, Sungai Yukon dikenal sebagai Sungai Ųųg Han. Sedangkan dalam bahasa Inuit disebut sebagai Sungai Kuupak. Sungai ini sangat bermanfaat bagi perekonomian masyarakat setempat. Sebab sebagian besar masyarakat mengandalkan ekosistem sungai untuk mencukupi kebutuhan mereka. Sungai Yukon kaya akan ikan salmon yang menjadi sumber proten dan energi bagi Suku Inuti dan Athabasca yang bermukim disekitarnya.

4. Sungai Rio Grande

Di pering keempat, terdapat Sungai Rio Grande di wilayah bagian Barat Daya dan Meksiko Utara. Panjang sungai Rio Grande mencapai sekitar 3.051. Sungai ini menjadi pembatas Texas dan juga negara bagian Meksiko Chihuahua, Coahuila, hingga Nuevo Leon.

Sungai ini berfungsi sebagai bagian dari perbatasan alami antara negara bagian AS Texas dan negara bagian Meksiko Chihuahua, Coahuila, Nuevo León, and Tamaulipas. Sebuah bagian yang sangat pendek dari sungai berfungsi sebagai bagian dari batas antara negara bagian AS Texas dan New Mexico. Maka tak jarang sungai ini menjadi area kabur bagi para imigran baik dari Amerika Serikat ke Meksiko ataupun sebaliknya.

Selain itu, sejak pertengahan abad ke-20, konsumsi air yang berat dari pertanian dan kota bersama dengan banyak bendungan pengalihan besar di sungai telah menyisakan hanya 20% dari debit alami mengalir ke Teluk. Dekat mulut sungai, Lembah Rio Grande yang lebih rendah yang sangat diirigasi adalah daerah pertanian yang penting. Rio Grande adalah salah satu dari 19 Great Waters yang diakui oleh merica's Great Waters Coalition

5. Sungai Missouri

Di nomor terakhir di lima besar sungai terpanjang di Benua Amerika ada Sungai Missouri yang merupakan anak dari Sungai Mississippi. Panjang dari sungai ini mencapai 3.768 KM.

Demikianlah daftar sungai terpanjang yang ada di Benua Amerika, yang sudah dikenali masyarakat pada umumnya, karena sering menjadi lokasi wisata dan syuting bagi sebagian film Hollywood.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait