Letak Geografis dan Karakteristik Benua Afrika

Dwi Latifatul Fajri
21 Desember 2021, 13:47
Benua Afrika
pixabay.com/wikilmages
Letak Astronomis Benua Afrika

Bumi memiliki enam benua yang dibagi menjadi benua Asia, benua Afrika, benua Australia, benua Eropa, Antartika, dan Amerika. Setiap benua memiliki kondisi geografis dan sumber daya alam yang berbeda.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, benua adalah tanah atau daratan yang sangat luas hingga bagian tengah tidak mendapat pengaruh dari angin laut.

Berdasarkan letak astronomi bumi, benua ini dibedakan menjadi garis bujur dan garis lintang. Garis bujur membedakan bumi menjadi belahan barat dan belahan timur. Bagian timur ini terdiri atas benua Eropa, Afrika, Asia, Australia, dan Antartika.

Sedangkan belahan bumi barat dibagi menjadi benua Amerika Utara, Amerika Selatan, dan benua Antartika.

Letak Astronomis Benua Afrika

Benua Afrika termasuk benua terluas ketiga setelah benua Asia dan Amerika. Jika benua Amerika dibagi menjadi benua Amerika Utara dan Selatan, maka benua Afrika menduduki peringkat benua kedua setelah benua Asia.

Mengutip dari buku Explore Ilmu Pengetahuan Sosial Jilid 3 untuk SMP/MTs Kelas IX, luas wilayah benua Afrika mencapai 30.319.000 km2. Luas wilayah tersebut menutupi sekitar 20% daratan di permukaan bumi.

Secara astronomis benua Afrika berada di tiga garis lintang utama, yaitu garis khatulistiwa, garis balik utara (23,5 derajat LU), dan garis balik selatan (23,5 derajat LS). Letak astronomis benua Afrika berada di 380 LU-350 LS dan 170 BB-510 BT.

Letak Geografis Benua Afrika

Benua Afrika berbatasan langsung dengan laut, selat, dan samudera. Berikut letak geografi benua Afrika.

  • Sebelah utara: Benua Eropa, Laut Mediterania atau Laut Tengah, dan Selat Gibraltar
  • Sebelah timur: Benua Asia, Laut Merah, dan Samudra Hindia
  • Sebelah selatan: Samudra Hindia
  • Sebelah barat: Samudra Atlantik

Iklim Benua Afrika

Kebanyakan daerah Afrika memiliki curah hujan rendah. Ada gurun, lembah, dan pegunungan di beberapa negara. Benua Afrika memiliki gurun gersang dan tandus seperti gurun Sahara, Libia, Sahel, dan lembah Taoudenni.

Sementara itu di bagian selatan dan timur punya pegunungan lebih tinggi, dibanding wilayah utara dan barat. Tanzania memiliki gunung tertinggi di Afrika yaitu gunung Kilimanjaro.

Benua Afrika juga memiliki sungai Nil, sungai terpanjang di dunia (6.690 km). Benua Afrika dibedakan menjadi empat wilayah iklim, yaitu:

  • Daerah Iklim Sedang (subtropis)

Daerah ini memiliki iklim sedang yang berada di bagian selatan benua Afrika seperti Afrika Selatan dan garis balik selatan.

  • Daerah Iklim Tropis

Wilayah ini dilalui garis khatulistiwa sehingga mengalami curah hujan teratur. Semakin jauh wilayah dari garis ekuator, maka curah hujan di daerah tersebut semakin berkurang.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...