8 Makanan Khas Makassar yang Layak Dicoba

Image title
21 Desember 2021, 14:03
Coto Makassar, makanan khas Makassar.
resepedia.id
Coto Makassar, makanan khas Makassar.

Kota Makassar merupakan ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan. Sebagai pusat pemerintahan, kota ini tentu menyimpan segudang destinasi wisata yang layak dikunjungi. Di samping itu, sejumlah kuliner khasnya pun layak untuk dicicipi.

Salah satu makanan yang identik dengan Kota Makassar ialah coto Makassar. Kuliner yang satu ini memang cukup populer, baik di kalangan wisatawan lokal maupun luar daerah. Berbeda dengan soto pada umumnya, hidangan ini menggunakan jeroan sapi untuk menambah isian kuah soto.

Di samping itu, untuk membuat coto Makassar diperlukan sekitar 40 rempah tradisional yang biasa disebut ampah patang pulo. Adapun rempah tersebut, di antaranya cengkeh, kemiri, sereh, pala, foeli, merica, lengkuas, bawang merah, bawang putih, jintan, dan masih banyak lagi.

Hidangan dengan cita rasa khas Nusantara ini bisa didapat di sejumlah warung makan dengan harga sekitar Rp15.000 per porsinya.

Makanan Khas Makassar

Selain coto Makassar, masih banyak pilihan makanan khas Makassar lainnya yang siap untuk disantap jika berkunjung ke kota berjuluk Kota Daeng ini.

Mengutip berbagai sumber, berikut pilihan kuliner khas Makassar yang siap memanjakan lidah.

1. Konro

Konro
Konro, makanan khas Makassar (Instagram/@resepbundamudah)

Konro merupakan hidangan sup iga sapi khas Kota Makassar. Bahan kuahnya yang terbuat dari bumbu kluwuk dan rempah-rempah lainnya membuat konro tampak mencolok dengan kuah hitammnya.

Sebelum dimasak, iga atau daging sapi akan dibaluri berbagai bumbu terlebih dahulu untuk kemudian direbus hingga matang. Adapun bumbu dan rempahnya, antara lain merica, pala, kayu manis, air asam, dan kacang merah.

Selain berupa sup, makanan khas Makassar yang satu ini bisa disajikan dalam bentuk lain, yakni konro bakar.

2. Pallubasa

Kata pallubasa diambil dari bahasa Makassar, yaitu pallu yang berarti makanan dan basa yang berarti basah.

Hampir mirip dengan coto Makassar, pallubasa juga terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu lama. Bedanya, pallubasa memiliki bumbu yang diracik khusus dan kuahnya cenderung lebih kental.

Pada zaman dahulu, pallubasa daging sapi sirloin dan tenderloin disajikan sebagai hidangan keluargaa kerajaan. Sementara, bagian jeroannya disantap oleh abdi dalam pengikut kerajaan atau masyarakat kelas bawah. Kini, hidangan ini sudah bisa didapat di sejumlah tempat makan. Pengunjung juga bebas memilih antara daging sapi atau jeroan.

Di samping itu, makanan khas Makassar ini biasanya dihidangkan menggunakan kelapa kering yang sudah digoreng.

3. Kapurung

Kapurung
Hidangan kapurung (cookandrecipe.com)

Makanan khas Makassar selanjutnya adalah kapurung atau pugalu. Kuliner yang satu ini berasal dari daerah Luwu, Sulawesi Selatan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...