10 Tempat Wisata Kuliner Malang yang Legendaris

Image title
15 November 2021, 14:19
Pecel Kawi Hj. Musilah Malang, salah satu wisata kuliner Malang yang legendaris
instagram/pecelkawi
Pecel Kawi Hj. Musilah Malang, salah satu wisata kuliner Malang yang legendaris

Malang memiliki daya tarik wisata kuliner yang potensial untuk menarik minat wisatawan. Terdapat banyak tempat makan yang legendaris di Malang. Tempat-tempat ini telah berdiri selama puluhan tahun.

Melalui buku 100 Tempat Makan Legendaris di Malang, penulis dan pakar kuliner Lilly T. Erwin menjelaskan beragam tempat makan di Malang yang bertahan dan memiliki reputasi. Seiring berjalannya waktu, tempat-tempat tersebut semakin terkenal karena mampu mempertahankan cita rasa yang khas namun tetap mengikuti perkembangan zaman.

Selengkapnya, berikut rekomendasi wisata kuliner Malang yang legendaris untuk dicoba.

1. Soto Babon Pak Mulyani

Soto Babon Pak Mulyani terletak di Jalan Kolonel Slamet Supriyadi No.3, Bandungrejosari, Kec. Sukun, Kota Malang, Jawa Timur. Rumah makan ini telah beroperasi selama sekitar 20 tahun.

Soto yang disajikan serupa dengan soto Lamongan. Isinya terdiri dari ayam, sohun, kol, dan tauge. Lauk pelengkapnya meliputi hati, ampela, dan telur. Keistimewaan soto babon adalah penggunaan ayam babon (betina) yang sudah bertelur sehingga rasa daging agak kenyal.

Bumbu koya khas Lamongan dibuat dari bawang putih goreng yang ditumbuk halus. Untuk menambah kesegaran, tersedia sari perasan jeruk nipis yang disimpan dalam botol.

2. Toko Roti Andalas

Toko Roti Andalas terletak di Jalan Kawi No. 11, Malang, Jawa Timur. Tempat ini cocok dijadikan wisata kuliner karena beragam pilihan roti yang ditawarkan. Awalnya, Toko Roti Andalas mulai berjualan pada tahun 1963 di Jalan Andalas.

Kemudian toko pindah di Jalan Kawi pada tahun 1992. Kue yang terkenal dari toko ini adalah kue khas Belanda, seperti krakeling, yan hagel, kastengel, anannas, tastjes, mereng, dan lidah kucing.

3. Ayam Panggang Mbak Sri Ono (Nyik Sun) Kayutangan

Wisatawan dapat menikmati kelezatan ayam di tempat makan Ayam Panggang Mbak Sri Ono (Nyik Sun) Kayutangan. Letaknya di Jalan Tangkuban Perahu No.23, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

Awalnya, tempat ini didirikan oleh Nyik Sun dan kini dikelola oleh Mbak Sri sebagai penerusnya. Menu terlaris dari tempat ini adalah ayam panggang. Tersedia juga aneka sate, olahan ikan, nasi, dan sayur.

4. Bakso Solo Kidul Pasar

Terletak di Jalan Ahmad Yani 67, Kota Malang, wisata kuliner ini sudah berdiri sejak tahun 1965. Kelezatan hidangan bakso disajikan dengan bumbu dan kaldu dari daging. Pada zaman dahulu, Pak Mardi sebagai pemilik biasa berjualan di selatan Pasar Belimbing.

Kemudian pada tahun 1990, ia baru membuka kios di Jalan Ahmad Yani hingga saat ini dikelola oleh generasi kedua. Terdapat cabang lain di Jalan Halmahera No.12, Jalan Sartono S.H No.52, dan Jalan Raya kepuharjo No. 1.

5. Depot Semeru

Depot Semeru berada di Jalan Semeru No.46, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Awalnya, restoran ini bernama Pring Kuning. Pemilik depot mulai berjualan dengan berkeliling sejak 1962. Setelah 15 tahun ia mendirikan tempat tetap yang masih beroperasi hingga saat ini.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...