Fungsi Lambung Pada Manusia yang Perlu Diketahui

Fungsi lambung sebagai organ pencernaan berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Maka dari itu, penting untuk mengenal dan menjaga fungsi organ ini.
Image title
23 Desember 2021, 09:48
Fungsi Lambung Pada Manusia yang Perlu Diketahui
pixabay.com
Ilustrasi organ lambung

Lambung merupakan organ penting bagi manusia, maka dari itu menjaga fungsi lambung menjadi sebuah keharusan. Organ ini berada di kiri perut bagian atas. Lambung menjadi organ yang nantinya akan menerima makanan yang berasal dari kerongkongan.

Fungsi Lambung Pada Sistem Perncernaan Manusia

Sebagai organ penting, lambung memiliki beberapa fungsi untuk tubuh. Mengutip dari halodoc.com dan alodokter.com, berikut ini beberapa fungsi lambung pada manusia.

1. Mencerna Makanan

Di awal sudah sempat disinggung bahwa fungsi lambung adalah untuk mencerna atau mengolah makanan. Dalam organ ini terdapat banyak jaringan yang menyelimuti. Selain jaringan, organ juga mengandung enzim-enzim yang berguna untuk membantu mencerna makanan.

Proses pencernaan menuju lambung diawali dengan masuknya makanan dari mulut ke kerongkongan. Di dalam organ ini terdapat gerak peristaltik yang berfungsi untuk mendorong makanan menuju lambung.

Advertisement

Makanan yang sudah sampai di lambung akan kembali diproses secara mekanik dan dihaluskan menggunakan otot lambung. Di lambung juga terjadi pencernaan dengan bantuan enzim-enzim.

Dalam organ tersebut terdapat enzim pepsin yang fungsinya untuk mengubah protein menjadi asam amino. Enzim renin yang akan mengubah protein menjadi kasein. Serta terdapat asam klorida (HCl) yang akan membantu memecah protein.

2. Menyimpan Makanan

Fungsi lambung lainnya yaitu untuk menyimpan makanan. Tak hanya untuk mengolah makanan, lambung juga berguna untuk menyimpan makanan yang dikonsumsi.

3. Memilah dan Membuang Zat Berbahaya

Lambung merupakan organ yang mampu menghasilkan asam bernama asam hidrokloril. Carian ini berguna untuk membantu memecah makanan.

Selain itu, asam hidrokloril ini juga berfungi untuk memilah dan membuang zat atau mikroba berbahaya yang ada di makanan. Sehingga nantinya makanan yang diserap tubuh sudah lebih aman.

4. Menyerap Zat yang Berguna untuk Tubuh

Selain mampu membuang zat berbahaya, lambung juga memiliki kemampuan untuk menyerap zat-zat yang berguna untuk tubuh. Lambung diketahui bisa memproduksi zat yang akan mempermudah tubuh untuk menyerap zat berguna seperti vitamin B12.

5. Mendorong Makanan ke Usus

Fungsi lambung berikutnya yaitu membantu makanan turun ke usus. Makanan yang sudah selesai dicerna oleh lambung, nantinya akan menuju ke usus halus melalui pilorus.

Usus halus kemudian akan melanjutkan proses pencernaan makanan tersebut. Usus akan memecah makanan dan menyerap nutrisi dari makanan ke dalam aliran darah.

Fungsi Asam Lambung

Asam lambung dalam lambung termasuk jenis asam klorida. Mengutip dari sehatq.com, fungsi asam lambung seperti berikut:

  1. Membantu memecah, mencerna, dan menyerap nutrisi dalam makanan.
  2. Membunuh bakteri dan virus berbahaya yang ada di lambung sehingga tubuh terlindungi dari infeksi.

Fungsi asam klorida dalam lambung yaitu untuk memasuk H+ yang dapat mengaktifkan perpinogen menajdi pepsin. Jika enzim tersebut sudah aktif, maka protein bisa dipecah menjadi peptida atau asam amino yang mudah diserap usus.

Jumlah peptida, asam amino, dan zat lain dari makanan akan membuat produksi HCl bertambah. Jika produksi HCl tidak cukup, maka protein yang dihasilkan berukuran lebih besar dan sulit dicerna. Hal tersebut membuat efektivitas proses pencernaan menjadi terganggu.

Asam klorida merupakan zat yang bersifat korosif. Namun tubuh manusia memiliki lapisan lendir yang dapat melindungi dinding lambung sehingga tidak terkikis oleh asam lambung.

Cara Menjaga Fungsi Lambung

Lambung menjadi organ yang berperan besar dalam sistem pencernaan manusia. Maka dari itu, penting juga menjaga fungsi lambung tersebut. Menurut penjelasan di halodoc.com, berikut beberapa cara untuk menjaga agar lambung tetap berfungsi dengan baik.

  1. Mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil.
  2. Menghindari minuman berkarbonasi.
  3. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur.
  4. Mengurangi makanan berlemak.
  5. Tidak merokok.
  6. Menurunkan berat bedan yang berlebih.
  7. Mempertahankan tubuh dalam posisi tegak sesuai makan.
  8. Menghindari camilan sebelum tidur.
  9. Menghindari makanan yang bisa menyebabkan iritasi.
  10. Minum air putih sebanyak delapan gelas per hari.
  11. Rutin berolahraga
  12. Mengkonsumsi makanan probiotik untuk menjaga mikroba baik dalam tubuh,
  13. Rutin buang air kecil dan besar.

Gangguan Kesehatan pada Lambung

Apabila fungsi lambung terganggu, maka dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Gangguan tersebut biasanya ditandai dengan gejala seperti kembung, mual, muntah, nyeri di ulu hati, hingga nyeri pada perut bagian atas. Mengutip dati alodokter.com, berikut ini beberapa masalah kesehatan yang terjadi jika fungsi lambung terganggu.

1. Gastritis

Gastritis adalah peradangan di lambung akibat asam lambung yang merusak dinding lambung. kondisi tersebut menyebabkan rasa nyeri lembung, pendarahan, dan tukak lambung.

2. GERD

Gastroesophageal reflux disease atau GERD merupakan kondisi saat asam lambung dan isi lambung naik ke kerongkongan. Kondisi tersebut dapat menyebabkan iritasi pada dinding kerongkongan dan menyebabkan nyeri ulu hati.

3. Tukak Lambung

Tukak lambung adalah luka di dinding lambung akibat terkikisnya lapisan lambung. luka tersebut juga bisa terjadi di atas usus kecil. Penyebab dari gangguan ini yaitu adanya infeksi bakeri dan penggunaan obat antiinflamasi dalam jangka panjang.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait