Fungsi Lambung Pada Manusia yang Perlu Diketahui

Siti Nur Aeni
23 Desember 2021, 09:48
Fungsi Lambung Pada Manusia yang Perlu Diketahui
pixabay.com
Ilustrasi organ lambung

Lambung merupakan organ penting bagi manusia, maka dari itu menjaga fungsi lambung menjadi sebuah keharusan. Organ ini berada di kiri perut bagian atas. Lambung menjadi organ yang nantinya akan menerima makanan yang berasal dari kerongkongan.

Fungsi Lambung Pada Sistem Perncernaan Manusia

Sebagai organ penting, lambung memiliki beberapa fungsi untuk tubuh. Mengutip dari halodoc.com dan alodokter.com, berikut ini beberapa fungsi lambung pada manusia.

Advertisement

1. Mencerna Makanan

Di awal sudah sempat disinggung bahwa fungsi lambung adalah untuk mencerna atau mengolah makanan. Dalam organ ini terdapat banyak jaringan yang menyelimuti. Selain jaringan, organ juga mengandung enzim-enzim yang berguna untuk membantu mencerna makanan.

Proses pencernaan menuju lambung diawali dengan masuknya makanan dari mulut ke kerongkongan. Di dalam organ ini terdapat gerak peristaltik yang berfungsi untuk mendorong makanan menuju lambung.

Makanan yang sudah sampai di lambung akan kembali diproses secara mekanik dan dihaluskan menggunakan otot lambung. Di lambung juga terjadi pencernaan dengan bantuan enzim-enzim.

Dalam organ tersebut terdapat enzim pepsin yang fungsinya untuk mengubah protein menjadi asam amino. Enzim renin yang akan mengubah protein menjadi kasein. Serta terdapat asam klorida (HCl) yang akan membantu memecah protein.

2. Menyimpan Makanan

Fungsi lambung lainnya yaitu untuk menyimpan makanan. Tak hanya untuk mengolah makanan, lambung juga berguna untuk menyimpan makanan yang dikonsumsi.

3. Memilah dan Membuang Zat Berbahaya

Lambung merupakan organ yang mampu menghasilkan asam bernama asam hidrokloril. Carian ini berguna untuk membantu memecah makanan.

Selain itu, asam hidrokloril ini juga berfungi untuk memilah dan membuang zat atau mikroba berbahaya yang ada di makanan. Sehingga nantinya makanan yang diserap tubuh sudah lebih aman.

4. Menyerap Zat yang Berguna untuk Tubuh

Selain mampu membuang zat berbahaya, lambung juga memiliki kemampuan untuk menyerap zat-zat yang berguna untuk tubuh. Lambung diketahui bisa memproduksi zat yang akan mempermudah tubuh untuk menyerap zat berguna seperti vitamin B12.

5. Mendorong Makanan ke Usus

Fungsi lambung berikutnya yaitu membantu makanan turun ke usus. Makanan yang sudah selesai dicerna oleh lambung, nantinya akan menuju ke usus halus melalui pilorus.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement