8 Manfaat Jahe Merah untuk Wanita

Image title
23 Desember 2021, 14:34
Manfaat jahe merah untuk wanita.
cairofood.id
Manfaat jahe merah untuk wanita.

Manfaat jahe merah untuk wanita dan menunjang kesehatan dan kecantikan. Rempah yang umumnya digunakan sebagai penyedap masakan ini mengandung senyawa seperti gingerol, shogaol, dan zingeron yang ampuh menyembuhkan berbagai penyakit.

Sekilas tentang Jahe Merah

Jahe merah atau zingiber officinale var. rubrum termasuk dalam famili zingiberaceae. Jenis jahe ini identik dengan warna merah serta ukurannya yang lebih kecil dibanding dengan jahe biasa.

Mengutip buku "Khasiat dan Manfaat Jahe Merah" oleh Maria Putri K., rimpang jahe merah berlapis warna jingga muda hingga merah dengan ukuran 4,20-4,26 cm. Tingginya sekitar 5,26-10,4 dan panjangnya sekitar 12,33-12,6 cm.

Jahe merah memiliki kandungan minyak atsiri dengan rasa sedikit pedas karena adanya senyawa keton yang diberi nama zingeron.

Jahe merah biasanya digunakan untuk obat herbal. Kandungan gingerol, flavonoid, senyawa antibakteri, senyawa antiradang, dan kandungan baik lainnya bermanfaat untuk menjaga dan mengatasi masalah kesehatan.

Jahe merah sering digunakan sebagai obat herbal khususnya di negara Cina. Di negeri Tirai Bambu itu, jahe merah dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi penyakit ginjal dan memperbaiki fungsi kerja limpa.

Manfaat Jahe Merah untuk Wanita

Jahe merah memang bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit. Namun, secara spesifik, jahe ini memiliki khasiat khusus bagi wanita. Mengutip berbagai sumber, berikut manfaat jahe merah untuk wanita:

1. Mengobati Mual

Mual dapat menyerang setiap orang, tak terkecuali wanita hamil. Gejala mual yang dialami wanita hamil, seperti morning sickness, dapat diminimalisasi dengan mengonsumsi ramuan jahe merah yang dicampur dengan madu.

Meneruskan catatan National Center for Biotechnology Information (NCBI), jahe merah memang dikenal ampuh meredakan mual dan muntah setelah operasi. Selain itu, jahe ini dapat meredakan mual pasien kanker yang tengah menjalani kemoterapi.

Namun demikian, pastikan untuk mengonsumsi ramuan jahe merah dalam kadar yang tidak berlebihan.

2. Mencegah Kanker

Manfaat jahe merah untuk wanita lainnya yaitu dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Jahe ini memiliki fungsi antiinflamasi yang dipercaya dapat melawan sel kanker pada rahim. Untuk memperoleh manfaat ini bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi air jahe merah dengan dosis dan takaran yang sesuai.

Selain itu, berdasarkan dokumentasi US National Library of Medicine Institues of Health, jahe merah mengandung gingerol yang dapat menangkal pertumbuhan tumor pada penyakit kanker usus.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...