Contoh Daftar Riwayat Hidup Sederhana Untuk Melamar Bekerja

Image title
23 Desember 2021, 17:54
Ilustrasi rekruter yang sedang membaca contoh daftar riwayat hidup dalam format sederhana
Tima Miroshnichenko/Pexels
Ilustrasi rekruter yang sedang membaca contoh daftar riwayat hidup dalam format sederhana

Setiap manusia selalu memiliki pengalaman yang berbeda antara satu dengan lainnya. Namun tidak semua orang mau mencatat dan merangkumnya menjadi satu daftar bagian. Salah satu cara untuk mencatat semua hal tersebut adalah dengan membuat daftar riwayat hidup.

Nantinya riwayat hidup akan memiliki fungsi untuk menyimpan semua informasi penting tentang Anda, informasi yang perlu dan seharusnya dicantumkan. Jadi, ada pula beberapa informasi yang tidak perlu ikut dimasukkan. Curriculum Vitae atau CV memang merupakan salah satu syarat penting untuk melamar pekerjaan.

Kumpulan informasi tersebut yang terhimpun dalam daftar riwayat hidup akan menjadi cerminan serta penjelasan secara padat, seperti apakah orang tersebut dan bagaimana pengalamannya setelah berkontribusi dalam dunia pekerjaan.

Hal yang Harus Dicantumkan dalam Daftar Riwayat Hidup

  • Identitas Pribadi seperti nama lengkap dan gelar, alamat/lokasi, usia dan foto.
  • Pendidikan Terakhir (Cantumkan dua Pendidikan terakhir).
  • Pengalaman Pekerjaan.
  • Pengalaman Organisasi.
  • Bakat dan Kemampuan/Minat.

Unsur Penguat dalam Daftar Riwayat Hidup

Ada beberapa unsur yang ada dalam daftar riwayat yang harus dicantumkan, antara lain:

1. Desain

Unsur penguat pertama adalah desain daftar riwayat hidup. Meski desain itu penting namun tidak serta merta diharuskan untuk dibuat keren, atau berwarna-warni seperti desain poster, kecuali jika Anda melamar pekerjaan dalam bidang industri kreatif. Seperti: desain grafis, ataupun videografer.

2. Konten dan Konteks

Riwayat hidup ini cocok dipakai untuk fresh graduate atau pelamar yang belum memiliki banyak pengalaman. Sebelah kiri fokus pada profil pelamar dan sebelah kanan untuk pendidikan, pengalaman kerja, dan kemampuan.

 Mencantumkan alamat lengkap pun sebenarnya tidak terlalu diperlukan, kecuali ketika mengirim lamaran menggunakan surat. Dahulu, pemberitahuan akan diterima atau tidaknya biasanya dikirimkan ke rumah pelamar melalui surat. Alamat lengkap menjadi sangat penting jika situasinya seperti itu. Di zaman modern sekarang ini, recruiter lebih memilih untuk menghubungi calon pekerja lewat WhatsApp atau Email.

3. Pengalaman

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...