Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dan Cara Membuatnya

Image title
24 Desember 2021, 14:08
Ilustrasi seseorang sedang membaca contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris.
Tima Miroshnichenko/Pexels
Ilustrasi seseorang sedang membaca contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris.

Biasanya dalam sebuah iklan lowongan pekerjaan, ada beberapa kualifikasi atau persyaratan yang perlu dipenuhi oleh calon pelamar (jobseeker), misalnya harus menguasai bahasa Inggris. Jika demikian, sebaiknya saat mengajukan job application pelamar memakai surat lamaran bahasa Inggris.

Hal tersebut akan membantunya supaya dinilai layak sebagai salah satu kandidat  untuk posisi pekerjaan yang ditawarkan oleh pihak rekruter. Selain itu, penggunaan surat lamaran bahasa Inggris bakal menjadikannya terlihat lebih profesional.

Sebagai bahasa dengan jumlah penutur terbanyak di dunia, bahasa Inggris saat ini menjadi soft skill yang harus dikuasai oleh semua orang, tak terkecuali para jobseeker. Apalagi, sejumlah lowongan pekerjaan yang dibuka di platform pencari kerja seperti LinkedIn dan Jobstreet sudah memakai bahasa Inggris.

Melihat dari fenomena itu, jika Anda hendak melamar kerja maka tingkatkan lagi kemampuan bahasa Inggris. Tetapi, untuk membuat surat lamaran bahasa Inggris, metodenya jauh lebih mudah daripada yang Anda bayangkan. Kuncinya adalah minimal Anda memahami penggunaan grammar dalam bahasa Inggris.

Kemampuan dasar dalam bahasa Inggris bisa diasah dan dilatih secara terus menerus. Jika Anda sudah menguasainya, kemungkinan besar untuk membuat surat lamaran  kerja bahasa Inggris tidak akan begitu sulit.

Struktur Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Dihimpun dari sejumlah sumber, berikut struktur surat lamaran kerja bahasa Inggris yang perlu Anda ketahui:

1. Identitas Diri: Name, Email, Phone Number, dan Address

Struktur pertama adalah identitas diri. Pada surat lamaran kerja kebanyakan, beberapa informasi yang harus Anda cantumkan contohnya seperti nama, kontak yang bisa dihubungi, dan alamat tempat tinggal.

Ada satu hal yang mesti Anda perhatikan. Saat menuliskan alamat, ada baiknya Anda tidak terlalu detail menguraikannya. Anda cukup mencantumkan nama jalan, kota, dan nama provinsi tempat tinggal Anda disertai dengan kode pos.

2. Keterangan Waktu: Date & Year

Bagian kedua adalah keterangan waktu atau titi mangsa. Ini perlu Anda cantumkan saat menulis surat lamaran kerja bahasa Inggris.

3. Nama Perusahaan yang Dilamar

Kemudian, Anda harus menuliskan keterangan terkait surat lamaran itu akan ditujukan kepada siapa. Anda bisa memasukan nama perusahaan yang dilamar atau pihak rekruter.

4. Opening Paragraph

Paragraf pembuka biasanya berisi ucapan salam dan kalimat yang memberikan informasi tentang posisi apa serta di mana Anda mendapatkan kabar lowongan pekerjaan tersebut.

5. Body Paragraph

Pada bagian ini, Anda bisa menjelaskan alasan mengapa Anda tertarik pada posisi tersebut. Lalu Anda juga bisa menuliskan soal pengalaman, pencapaian dan keahlian yang relevan agar pihak rekruter memilih Anda sebagai kandidat.

6. Closing Paragraph

Di paragraf penutup, Anda bisa memberikan ucapan terima kasih, penawaran dan ajakan agar pihak rekruter dapat memberi informasi lebih lanjut terkait lamaran Anda.

7. Complimentary Close & Signature

Jangan lupa mencantumkan tanda tangan dan Complimentary Close pada akhir surat lamaran kerja bahasa Inggris yang Anda buat.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bila Anda sudah memahami dasar-dasar dalam penulisan bahasa Inggris, maka untuk membuat cover letter akan berjalan dengan mudah.

Guna membantu Anda, simak rangkuman penjelasan cara membuat surat lamaran kerja bahasa Inggris yang dikutip dari Glints, Novoresume, dan sumber lainnya berikut ini:

Surat Lamaran Akan Ditujukan Kepada Siapa?

Hal pertama yang menjadi catatan awal untuk Anda adalah surat lamaran tersebut akan dikirimkan kepada siapa dan perusahaan mana. Tips sederhana, Anda bisa mencari tahu informasi berupa kontak serta nama pihak rekruter, dalam hal ini biasanya yaitu HRD.

Ambil contoh, kalau nama HRD dari perusahaan yang ingin dilamar adalah Siswanto maka Anda bisa menuliskannya seperti ini “Dear Mr. Siswanto”.

Menunjukkan surat lamaran langsung kepada pihak atau orang yang spesifik akan memberikan kesan lebih bagi diri Anda. Namun, kalau Anda sudah mencari nama pihak rekruter, tetapi tidak bisa menemukannya, Anda bisa menuliskannya seperti ini ““Dear Hiring Manager” atau “Dear Head of XXX”.

Tuliskan Paragraf Pembuka yang Menarik Pihak Rekruter

Kesan pertama itu sangat penting. Oleh karenanya Anda harus bisa merangkai paragraf pembuka dengan kalimat yang bisa menarik minat pihak rekruter. Sebagai contoh, simak uraian berikut ini:

Dear Mr. Josh,

My name’s Michael and I’d like to help XYZ Inc. hit and exceed their sales goals as a Sales Manager. I’ve worked with Company X, a fin-tech company, for 3+ years. As a Sales Representative, I generated an average of $30,000+ in sales per month (beating the KPIs by around 40%). I believe that my previous industry experience, as well as excellence in sales, makes me the right candidate for the job.

Jika melihat contoh di atas, kalimat pembuka tersebut hanya menjelaskan 2-3 pencapaian yang sudah dilakukan. Tidak terlalu bertele-tele, melainkan singkat, padat, dan jelas.

Sebagai kalimat pembuka, Anda bisa menguraikan pengalaman atau pencapaian Anda terkait posisi yang ditawarkan.

Jelaskan Kelebihan Diri Anda

Pada kalimat pembuka Anda juga harus menjelaskan maksud dari surat tersebut. Lalu dilanjutkan dengan menguraikan alasan mengapa Anda layak untuk menempati posisi pekerjaan yang ditawarkan.

Selanjutnya Anda bisa menjelaskan keahlian, pengalaman kerja, dan kelebihan yang bisa membuat Anda lebih menonjol ketimbang pelamar lainnya. Namun, Anda harus menjelaskan informasi yang relevan serta sesuai dengan diri Anda.

Berikut contoh yang bisa Anda jadikan referensi:

 I’ve personally used the XYZ Smartphone, and I believe that it’s the most innovative tech I’ve used in years. The features such as Made-Up-Feature #1 and Made-Up-Feature #2 were real game changers for the device. 

I really admire how Company XYZ thrives for excellence for all its product lines, creating market-leading tech. As someone that thrives in a self-driven environment, I truly believe that I and Company XYZ will be a great match.

Gunakan Bahasa Formal dan Baku

Hal ini sangat penting dan harus menjadi perhatian untuk Anda. Penggunaan bahasa yang formal serta sesuai kaidah penulisan akan memberikan kesan kalau Anda adalah orang yang profesional.

Tips sederhana yang bisa Anda lakukan. Cobalah buat surat lamaran kerja dalam bahasa Indonesia yang formal. Lalu Anda bisa menterjemahkannya ke bahasa Inggris.

Tutup dengan Kalimat yang Menarik

Jika semuanya sudah dilakukan, maka langkah terakhir adalah membuat kesan menarik pada paragraf penutup. Anda bisa memberikan penawaran serta detail apa yang harus dilakukan oleh diri Anda seandainya diterima.

Untuk lebih jelasnya simak contoh berikut ini:

Your commitment to customer satisfaction is something I’ve always strived for in my own career. I’d love to bring this dedication, along with my relevant skills and experience, to your award-winning company.

Cek Kembali Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Sudah Dibuat

Sebelum mengirimkan surat lamaran kerja bahasa Inggris, ada baiknya Anda mengeceknya kembali. Perhatikan apakah tata bahasanya sudah sesuai atau baca lagi sampai Anda benar-benar yakin.

Gunakan aplikasi dan situs web yang bisa mengecek typo serta penggunaan grammar yang tepat. Ini akan sangat membantu Anda dalam memperbaiki surat tersebut.

Contoh Surat Lamaran Bahasa Inggris

Di internet, banyak sekali contoh surat lamaran yang ada. Namun, tidak semuanya sesuai. Berikut beberapa contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris untuk Anda:

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dari Gramedia.com

Dear Ms. Winston,

As a highly skilled project manager with 11 years of experience, I am writing to express my interest in the project manager position at your company. My experience aligns well, as I have worked in project management for several years with a prominent retailer, and I know I would make a valuable addition to your team.

After working for over a decade in project management, I have advanced knowledge in developing scopes, keeping projects moving, submitting deliverables on time, and ensuring a seamless experience for all parties involved. Moreover, while my previous position afforded me a well-rounded skill set, including excellent relationship building and time management skills, I excel at :

Outlining project scopes, managing timelines, and deadlines.

Tracking and reporting on overall progress.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement