Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan dan Cara Membuatnya

Image title
24 Desember 2021, 16:52
Ilustrasi Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan
Pixabay/StockSnap
Ilustrasi Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

Daftar riwayat hidup adalah dokumen yang berisi informasi seputar data diri, riwayat pendidikan, dan pengalaman kerja seseorang. Berkas ini sering digunakan dalam urusan lamaran kerja.

Berbicara mengenai lamaran kerja, hingga saat ini masih banyak perusahaan yang mensyaratkan agar calon pelamar menulis daftar riwayat hidup secara langsung. Bukan berbentuk print out hasil ketikan komputer. Hal itu berkaitan dengan kebijakan internal perusahaan tersebut.

Advertisement

Sebenarnya mencari contoh daftar riwayat hidup di internet tidak begitu sulit. Hanya saja, Anda harus memasukan kata kunci yang tepat di Google.com.

Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan memang memiliki kelebihan tersendiri daripada dokumen digital. Salah satunya, Anda bisa lebih mengeksplorasi tentang diri Anda.

Meskipun terlihat rumit dalam pembuatannya, jika Anda sudah terbiasa menulis dengan tangan maka hal itu akan terasa lebih mudah. Simak struktur penulisan serta beberapa tips berikut ini yang bisa membantu Anda untuk menulis dokumen tersebut.

Struktur Penulisan Daftar Riwayat Hidup

Secara umum, struktur penulisan daftar riwayat hidup terdiri dari informasi yang berkaitan dengan Anda. Dokumen yang juga sering disebut Curriculum Vitae atau CV ini sudah menjadi berkas penting untuk melamar pekerjaan.

Daftar riwayat hidup berfungsi untuk memberikan gambaran atau profil singkat Anda kepada pihak rekruter. Apabila dirasa cocok dan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan, Anda mungkin saja akan diterima sebagai salh satu calon kandidat.

Menurut Gramedia.com, berukut struktur yang ada pada daftar riwayat hidup:

  • Berisi identitas diri meliputi nama, alamat, tempat dan tanggal lahir, usia, foto, serta lainnya.
  • Pendidikan terakhir (bisa juga hanya mencantumkan 2 pendidikan terakhir).
  • Pengalaman pekerjaan.
  • Pengalaman organisasi (jika dirasa perlu).
  • Keahlian dan minat.

Semua bagian di atas harus diuraikan secara ringkas dan jelas. Sebab, biasanya pihak rekruter tidak memiliki waktu yang cukup banyak untuk membaca semua informasi di dokumen daftar riwayat hidup milik Anda.

Oleh karenanya, agar Anda bisa lebih leluasa menjelaskan kelebihan diri Anda yang relevan pada dokumen tersebut, simaklah beberapa tips menulis daftar riwayat hidup di bawah ini.

Cara Menulis Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara membuat daftar riwayat hidup tulis tangan:

Siapkan Kertas Kosong dan Alat Tulis

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan kertas kosong seperti kertas folio bergaris. Kemudian siapkan juga alat tulis.

Biasanya dokumen daftar riwayat hidup semacam ini ditulis menggunakan pulpen. Sebelum membuatnya, usahakan agar Anda sudah tahu kalimat apa yang harus ditulis.

Buat Draft

Tips sederhana ini akan membantu Anda dalam menulis daftar riwayat hidup. Karena dibuat secara manual, cobalah untuk membuat draft atau konsep kalimat yang hendak Anda tulis. Hal tersebut sangat penting karena jika ada sedikit kesalahan saja, maka Anda harus membuatnya lagi dari awal.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement