Pengertian Kewajiban dan Contohnya di Lingkungan Sehari-Hari

Dwi Latifatul Fajri
24 Desember 2021, 19:08
Kewajiban
Unsplash/Annie Spratt
Kewajiban Warga Negara

Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban untuk dilakukan. Contohnya saja warga negara punya kewajiban untuk saling menghargai dan menjaga kerukunan antar umat beragama.

Hak dan kewajiban harus seimbang untuk dipahami dan dilakukan oleh anggota keluarga dan lingkungan masyarakat. Sikap menghormati hak dan kewajiban umat beragama ini ada dalam Pancasila sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa.

Pengertian Kewajiban

Kewajiban adalah segala sesuatu yang harus atau wajib dilakukan dengan penuh tanggung jawab. Warga negara wajib untuk tanggung jawab sebagai negara. Kewajiban ini diatur dalam UUD 1945.

Kewajiban ini menjadi suatu tugas manusia yang harus dilakukan, seperti pekerjaan dan tugas menurut hukum.

Sedangkan pengertian hak adalah segala sesuatu yang didapatkan atau diterima secara penuh dan bertanggung jawab. Pada dasarnya hak asasi manusia sudah melekat sejak dilahirkan. Contoh hak dasar yaitu mendapat kasih sayang dari orang tua dan hak dilindungi oleh negara.

Kewajiban Warga Negara

Mengutip dari buku Hak atau Kewajiban? Modul Tema 10, berikut contoh kewajiban warga negara yang diatur dalam UUD 1945:

  1. Kewajiban menjunjung hukum dan pemerintahan sesuai pasal 27 ayat 1.
    Sebagai warga negara wajib mematuhi peraturan yang dibuat oleh pemerintah seperti taat membayar pajak, membayar iuran listrik, dan menaati rambu lalu lintas.
  2. Hak dan kewajiban untuk membela negara (pasal 27 ayat 3).
    Setiap warga negara punya kewajiban untuk membela dan mencintai negara.
  3. Kewajiban untuk mengikuti pendidikan dasar (pasal 31 ayat 2)
    Warga negara paling tidak harus lulus sekolah pendidikan dasar untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan kehidupan lebih baik.
  4. Setiap orang berhak wajib untuk menghormati hak asasi manusia orang lain untuk tertib dalam kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara (pasal 28 ayat 1)
  5. Dalam menjalankan hak dan kebebasan, setiap orang wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan undang-undang dengan maksud semata-mata untuk menjamin pengakuan dan penghormatan atas hak dan kebebasan orang lain. (Pasal 28 ayat 2)
  6. Setiap warga negara wajib untuk ikut serta dalam pertahanan dan keamanan negara (pasal 30 ayat 1)

Setelah mengetahui pengertian kewajiban, sebagai warga negara tentunya mewujudkan keharmonisan dalam lingkungan. Kewajiban ini dilaksanakan dengan baik dan tidak merugikan orang lain dan diri sendiri. Contoh kewajiban warga negara yaitu menaati peraturan lalu lintas, supaya tidak membahayakan pengguna jalan lain.

Contoh Kewajiban

Kewajiban Anak Di Rumah

Kewajiban tidak hanya di lingkup sosial dan masyarakat. Kewajiban dilakukan dalam lingkup keluarga, sehingga ayah, ibu, dan anaknya berperan mewujudkan kewajiban dan hak. Berikut contoh kewajiban di lingkungan keluarga.

  • Kewajiban Menghemat Listrik di Rumah

Lingkungan keluarga perlu menjaga sumber daya energi dan tidak boros dalam pemakaian. Hal ini karena sumber daya untuk lingkungan perlu diolah dan dipakai secukupnya. Tujuan menghemat energi listrik untuk membantu wilayah Indonesia yang belum mendapatkan fasilitas listrik memadai.

  • Menjaga Kebersihan Rumah dan Lingkungan Sekitar

Lingkungan rumah yang bersih dan asri membuat kehidupan dan kesehatan dalam keluarga lebih baik. Lingkungan asri membuat rumah nyaman, sedangkan rumah yang bersih sedap dipandang.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...