Memahami Arti Passion dan Perbedaannya dengan Hobi

Passion adalah keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu sesuai motivasi, keinginan, dan antusiasme. Contoh passion yaitu latihan menulis, rutin bermain alat musik, dan mengikuti olahraga kesukaan.
Dwi Latifatul Fajri
5 Januari 2022, 14:57
Passion
pixabay.com/StockSnap
contoh passion

Passion sering muncul dalam pembahasan diskusi, podcast, dan video online. Passion berkaitan dengan pekerjaan yang bisa dilakukan secara maksimal. Lalu apakah passion itu?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), passion artinya yaitu kegemaran, gairah, keinginan yang besar, semangat, emosi, kemarahan, dan kecemasan.

Sedangkan dictionary.com, mengartikan kata passion menjadi beberapa bagian, antara lain:

  1. Passion adalah perasaan atau emosi yang kuat.
  2. Passion sendiri bisa diartikan sebagai cinta atau benci.
  3. Arti passion yaitu sebuah keinginan atau perasaan yang kuat.
  4. Passion bisa diartikan sebagai seseorang yang merasakan cinta dan hasrat, kesukaan, antusiasme, atau keinginan yang kuat.

Dari penjelasan diatas, menjelaskan passion adalah keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu, yang dilakukan secara antusias. Passion bisa berarti motivasi bertemu dengan emosi dan sama-sama kuat.

Advertisement

Contoh Passion

Dalam kehidupan sehari-hari, seseorang bisa menemukan passion jika dilakukan secara terus menerus. Contoh passion yaitu berlatih alat musik, latihan sepakbola, dan menyukai menulis, dan masih banyak lagi.

Mengutip dari smadwiwarna.sch.id, berikut cara mengenali passion:

  • Adanya emosi yang dalam

Seseorang punya keinginan untuk melakukan sesuatu, karena merasakan adanya hasrat dan ikatan emosional.

  • Perasaan yang kuat akan sesuatu

Ketika seseorang merasakan keinginan yang kuat akan sesuatu, dia bisa merasakannya. Perasaan ini menandakan seseorang merasa ada yang kurang jika tidak melakukannya. Contohnya, kamu merasa sangat sedih ketika tidak berlatih piano sesuai jadwal.

  • Terpicu antusias dan hasrat

Passion membuat seseorang semangat untuk mengejar apa yang mereka inginkan. Meski, beberapa akan merasa gagal berkali-kali, namun mereka tetap antusias untuk menyelesaikannya.

Dorongan antusiasme dan hasrat ini untuk mewujudkan keinginan passion. Contohnya kamu tak bosan berlatih setiap hari mengikuti les menari, untuk mendapatkan juara.

Perbedaan Passion dan Hobi

Jika kalian melihat, sekilas passion dan hobi hampir sama. Namun, kedua istilah ini bisa berbeda jika kalian telusuri.

Hobi adalah aktivitas yang dilakukan secara terus-menerus dan disukai. Namun, hobi belum tentu memberi dampak positif seperti passion. Contoh hobi bisa berbagai macam seperti hobi belanja, hobi mengumpulkan mainan, dan hobi bermain games.

Dari contoh diatas, hobi bisa memberi dampak positif atau negatif. Contohnya saja hobi belanja bisa menghabiskan uang demi kesenangan pribadi. Kecuali, jika hobi tersebut dimanfaatkan pada hal yang berguna. Contohnya ibu kalian berbelanja baju banyak kemudian dijual kembali.

Kegiatan tersebut hampir sama, tetapi contoh diatas menghasilkan sesuatu yang berbeda. Berbelanja kemudian dijual kembali menghasilkan suatu yang berguna. Dari contoh itu, passion bisa menjelaskan sebagai nilai yang menghasilkan.

Mengutip dari buku My Business is My Passion : Kumpulan Kisah Pebisnis, passion bisa digali dari hobi kemudian menghasilkan. Contoh lainnya yaitu hobi membuat desain baju. Jika dilatih secara terus-menerus, Anda bisa menjadi desainer baju dan menghasilkan uang dari hobi tersebut.

Tips Menemukan Passion

Beberapa orang mungkin kesulitan menemukan passion mereka dari hobi atau kegiatan. Sebagian memilih menyerah untuk menggapai passion yang diinginkan.

Berikut tips untuk membantumu menemukan passion:

  1. Pikirkan tentang sesuatu yang membuatmu bahagia.
  2. Cobalah untuk memulai aktivitas yang disukai.
  3. Pikirkan atau tulis aktivitas yang bernilai.
  4. Buatlah sebuah keputusan untuk mendorong Anda.
  5. Lakukan penilaian dan identifikasi diri kekuatan Anda.
  6. Pikirkan tentang pekerjaanmu saat ini lalu tanyakan kepada dirimu. Apakah benar ini pekerjaan yang sesuai untukku?
  7. Cobalah untuk membayangkan topik yang disukai.
  8. Pikirkan impian kedepan yang ingin dilakukan.

Passion Populer

Selain hobi, ada beberapa cara menemukan passion. Cara ini membuat Anda termotivasi untuk melakukan sesuatu dan mengejar impian. Berikut aktivitas untuk menemukan passionmu:

Binatang

Kecintaan pada binatang peliharaan bisa menyenangkan untuk beberapa orang. Tak hanya hobi, memelihara binatang bisa menjadi inspirasi seseorang untuk menemukan passionnya.

Sekarang ini banyak banyak penyuka binatang yang menyukai satwa dan bekerja di penangkaran hewan.

Kamu bisa juga menjadi sukarelawan di tempat penampungan hewan, atau menjadi peneliti untuk hewan. Pekerjaan mengamati burung, melatih anjing, dan menonton hewan bermain bisa menjadi hal menyenangkan untuk beberapa orang.

Seni

Beberapa orang menyukai hobi seperti menggambar, fotografi, dan desain yang berkaitan dengan seni. Karya seni bisa membangkitkan gairah untuk orang-orang yang ingin bekerja di bidang seni.

Mengutip dari aconsciousrethink.com, Anda bisa membuat sebuah karya dari kreativitas dan imajinasi Anda sendiri. Contohnya lukisan, patung, dan tulisan inspirasi.

Beberapa orang menganggap karya seni adalah hal luar biasa. Anda bisa menjadi pekerja seni berawal dari hobi. Cobalah untuk mengumpulkan karya seni untuk dipamerkan atau ditampilkan ke beberapa orang.

Anda bisa juga bekerja yang berkaitan dengan seniman dan karya, seperti pekerja museum, bekerja di desainer, dan masih banyak lagi.

Belajar

Passion bisa dicari dengan cara belajar dan melatih diri terus menerus. Ketika kamu mengerti tentang bidang tertentu, maka bisa menemukan kemampuan yang dibutuhkan.

Belajar bisa didapatkan dari berbagai cara, misal membaca buku, bepergian, bertemu orang, dan aktivitas lain.

Cobalah untuk bertemu dengan orang baru untuk bertukar pikiran dan mengembangkan passion yang sama. Dari cara ini kamu bisa menemukan ide-ide untuk memulai passion.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait