Cara Menghitung Rumus Keliling Segitiga Sama Kaki dan Contoh Soalnya

Berikut tata cara menghitung rumus keliling segitiga sama kaki yang bentuk bendanya dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.
Image title
6 Januari 2022, 07:50
Ilustrasi tata cara menghitung rumus keliling segitiga sama kaki yang bentuk bendanya dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.
Buku Pendekatan Realistik Dan Teori Van Hiele
Ilustrasi tata cara menghitung rumus keliling segitiga sama kaki yang bentuk bendanya dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagian besar rangka atap rumah memiliki bentuk segitiga sama kaki. Selain atap rumah masih ada beragam benda lain yang memiliki bentuk yang sama seperti gantungan baju atau hanger hingga beberapa bentuk tenda yang sering digunakan sebagai sarana untuk berkemah. Namun tidak banyak yang mengetahui cara mengukur bentuk luas bangun data tersebut.

Dalam pembelajaran matematika di bangku sekolah, terdapat materi yang membahas mengenai rumus keliling segitiga sama kaki. Rumus ini memiliki kesamaan yaitu sama dengan rumus keliling segitiga siku-siku, sama sisi dan segitiga sisi sembarang.

Pada penjelasan mengenai segitiga sama kaki, terdapat sebuah ciri khusus pada bentuknya unik. Anda bisa menggunakan suatu rumus agar dapat mengetahui keliling segitiga sama kaki dengan cepat.

Untuk mendalami rumus segitiga sama kaki, kita perlu mempelajari dan mengetahui ciri dan karakternya terlebih dahulu. Bentuk dan ciri khas segitiga sama kaki cukup mudah untuk ditemukan dalam keseharian.

Advertisement

Rumus Keliling Segitiga Sama Kaki

Mengutip buku Kapita Selekta Pembelajaran Geometri Datar Kelas VII, segitiga adalah bangun datar yang dibatasi oleh tiga sisi. Dalam makna lain, segitiga terbentuk oleh tiga ruas garis yang disebut sisi dan setiap sisinya berpotongan dengan dua sisi yang lain.

Apabila diklasifikasikan dari sudutnya, segitiga terdiri dari segitiga lancip, segitiga siku-siku, dan segitiga tumpul. Meski begitu, jumlah sudut segitiga selalu 180 derajat. Berdasarkan klasifikasi sisinya, segitiga terdiri dari segitiga sama sisi, segitiga sembarang, dan segitiga lancip.

Pembahasan artikel ini akan berfokus pada segitiga sama kaki yang dicirikan atas beberapa hal. Pertama, memiliki ciri dari besar sudutnya di kaki-kaki atau alasnya sama dan memiliki dua sisi yang panjangnya sama.

Kedua, rumus keliling segitiga sama kaki adalah jumlah ketiga sisinya. Dikarenakan ada dua sisi yang sama panjangnya, rumus keliling segitiga sama kaki adalah dua kali sisi yang sama, ditambah sisi yang berbeda.

Apabila diberikan soal sebagaimana berikut:

1. Hitunglah keliling segitiga sama kaki jika panjang sisi yang sama adalah 5 cm dan panjang sisi alasnya 4 cm!

Penyelesaian:
K = 2a + b
K = 2(5) + 4
K = 10 + 4
K = 14
Jadi, keliling segitiga tersebut adalah 14 cm.

 2. Berapa panjang dua sisi segitiga sama kaki yang sama jika diketahui kelilingnya 8 cm dan panjang alas 2 cm?

Penyelesaian:
K = 2a + b
8 = 2a + 2

8 - 2 = 2a
6 = 2a
a = 6/2
a = 3

Jadi, panjang dua sisi segitiga sama kaki tersebut adalah 3 cm.

Lalu, bagaimana menentukan keliling segitiga sama kaki jika yang diketahui adalah panjang tinggi segitiga?

Kamu bisa mencari panjang sisi miring yang sama panjang itu dengan menggunakan kaidah phytagoras. Berikut adalah rumus mencari luas dan keliling segitiga sama kaki:

3. Hitunglah keliling segitiga sama kaki jika diketahui tinggi segitiga 8 cm dan panjang alasnya 12 cm!

Penyelesaian:
b = 12 cm
b/2 = 6 cm
a = √(b^2 +t^2)
a = √((6)^2 + (8)^2)
a = √(36 + 64)
a = √100
a = 10

Selanjutnya, mari kita hitung keliling segitiga sama kaki.

K = 2a + b
K = 2(10) + 12
K = 20 + 12
K = 32 cm

Jadi, keliling segitiga sama kaki tersebut adalah 32 cm.

Rumus keliling segitiga sama kaki sebenarnya tidak sulit dipelajari. Jangan lupa untuk selalu berlatih mengerjakan contoh soal di atas agar semakin memahaminya.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait