7 Cara Menghilangkan Komedo Menggunakan Bahan Alami

Image title
6 Januari 2022, 13:44
Ilustrasi cara menghilangkan komedo menggunakan masker arang
Pexels/Gustavo Fring
Ilustrasi cara menghilangkan komedo menggunakan masker arang

Komedo bisa muncul di area wajah dan mungkin bisa mengurangi rasa percaya diri seseorang. Komedo merupakan benjolan kecil pada pori-pori kulit, yang disebabkan karena menumpuknya sel kulit mati dan minyak (sabum) di area tersebut.

Saat ini banyak produk kecantikan yang bisa digunakan untuk mengatasi komedo. Namun, sejumlah bahan alami yang ada di sekitar kita, dapat menjadi pilihan alternatif sebagai cara menghilangkan komedo. Khususnya komedo hitam pada pori-pori kulit.

Advertisement

Sejatinya komedo hitam adalah komedo yang mengalami perubahan warna menjadi kecoklatan atau kehitaman karena permukaannya tidak tertutup lapisan kulit. Komedo ini umumnya akan sangat mengganggu penampilan seseorang.

Untuk mengatasi komedo hitam, Anda bisa memakai sejumlah bahan alami seperti lidah buaya. Kandungan nutrisinya sangat efektif dan bisa menjadi cara menghilangkan komedo hitam paling ampuh.

Selain lidah buaya, masih banyak lagi bahan alami untuk menghilangkan komedo. Dihimpun dari sejumlah sumber, berikut cara menghilangkan komedo menggunakan bahan alami yang bisa Anda praktikkan di rumah.

Cara Menghilangkan Komedo Menggunakan Bahan Alami

Dilansir dari Alodokter, komedo disebabkan oleh adanya sumbatan pada pori-pori kulit. Komedo ini biasanya disebut dengan komedo putih dan area permukaannya tertutup lapisan kulit. Sedangkan, bila komedo tersebut tidak tertutup permukaannya maka akan berubah warna menjadi kehitaman.

Tidak hanya di wajah, komedo juga bisa muncul di area kulit lainnya. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda menerapkan pola hidup bersih. Lakukan kebiasaan mencuci muka secara teratur karena komedo dapat terjadi karena adanya penyumbatan folikel rambut oleh akumulasi dari debris sel kulit dan minyak.

Jika komedo sudah terlanjur ada di wajah Anda, sejumlah bahan alami berikut ini mungkin bisa menjadi metode atau cara menghilangkan komedo yang efektif. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Lidah Buaya

Lidah buaya
Lidah buaya (Pixabay/endriqstudio)

 

Sudah sejak lama lidah buaya dipercaya mempunyai segudang manfaat untuk kulit, termasuk bisa digunakan sebagai pilihan alternatif untuk cara menghilangkan komedo. Tanaman yang dikenal dengan sebutan Aloe vera ini, memiliki antioksidan dan bisa menangkal radikal bebas.

Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya pada area kulit yang memiliki komedo. Perlu diingat, agar hasilnya maksimal cara ini harus dilakukan dengan rutin.

Selain bisa menghilangkan komedo, lidah buaya mengandung sejumlah nutrisi penting yang baik bagi kesehatan kulit Anda. Melansir dari Lifebuoy.co.id, lidah buaya memiliki kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi. Kemudian, kandungan vitamin E  di dalamnya bisa meningkatkan imunitas kulit dan reproduksi.

Selain itu sifat antioksidan lidah buaya bisa melindungi kulit dari sinar UV. Lidah buaya juga mengandung enzim Bradykinase berfungsi sebagai zat antiinflamasi.

2. Kulit Jeruk

Kulit jeruk
Kulit jeruk (Pixabay)

 

Merujuk dari situs Klikdokter.com, kulit jeruk mengandung vitamin C cukup tinggi dan bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan komedo di wajah.

Kulit jeruk juga bersifat sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Sedangkan manfaat vitamin C di dalam kulit jeruk, dianggap mampu membantu menjaga kesehatan kulit.

Anda bisa memperoleh manfaat ini dengan cara mengoleskan atau menempelkan kulit jeruk pada area komedo. Sebagai bahan alami, kulit jeruk cukup aman jika Anda memakainya.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement