Cara Menghilangkan Komedo di Wajah, Mudah dan Ampuh

Selain jerawat, komedo juga menjadi masalah utama pada wajah. Bagi anda yang mulai resah dengan komedo yang membandel, berikut ini kami berikan solusi cara menghilangkan komedo dengan mudah anda ampuh
Image title
29 Juli 2021, 15:50
Cara Menghilangkan Komedo di Wajah, Mudah dan Ampuh
Photo by Sora Shimazaki from Pexels
Ilustrasi penggunaan produk perawatan kulit untuk menghilangkan komedo

Selain jerawat, komedo juga menjadi masalah utama pada wajah. Banyak orang yang melakukan berbagai cara menghilangkan komedo agar bisa tampil lebih fresh dan cantik. Pasalnya, jika komedo dibiarkan begitu saja bisa menjadi penyebab jerawat.

Pori-pori wajah yang tersumbat komedo bisa mengakibatkan sel kulit yang mati dan minyak di wajah tidak bisa keluar. Lama kelamaan terjadi penumpukan dan mengakibatkan jerawat. Komedo biasanya berawarna hitam atau putih. Beberapa bagian wajah yang menjadi tempat komedo biasanya di area hidung.

Komedo ini muncul disebabkan oleh beberapa hal seperti stres, hormon yang berubah, penggunaan make up atau skin care yang kurang tepat, hingga disebabkan oleh makanan tertentu. Bagi Anda yang mulai resah dengan komedo yang membandel, berikut ini kami berikan solusi cara mengatasi komedo dengan mudah anda ampuh.

Cara Menghilangkan Komedo Hitam

Komedo hitam atau black heads merupakan salah satu jenis komedo yang banyak dikeluhkan. Biasanya komedo ini ditemukan pada area hidung. Jika dibiarkan, komedo bisa menyebabkan jerawat yang rasanya sakit.

Advertisement

Tanda dari kehadiran komedo hitam ini biasanya ada benjolan kecil yang warnanya gelap di permukaan kulit. Namun benjolan tersebut tidak sebesar jerawat dan permukaan kulit yang terdapat komedo ini menjadi lebih kasar. Meskipun komedo tidak menyebabkan peradangan, namun tetap perlu dihilangkan agar kulit tetap bersih dan sehat. Ada beberapa cara menghilangkan komedo hitam yang bisa Anda coba. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

Rutin Mencuci Muka

Cara pertama untuk mengurangi komedo hitam dan membandel yakni dengan rutin cuci muka. Melakukan cuci muka teratur bisa membantu mengurangi minyak dan kotoran yang menempel pada wajah. Minyak dan kotoran yang menempel ternyata bisa menjadi pemicu munculnya komedo, sehingga harus sering-sering dibersihkan.

Maksimal Anda mencuci muka dua kali dalam satu hari dan akan lebih baik jika menggunakan produk prawatan yang memiliki kandungan anti bakteri. Anda juga bisa menggunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk meminimalisir munculnya masalah kulit lainnya.

Manfaatkan Garam Laut

Garam laut ternyata bisa digunakan untuk mengatasi komedo hitam. Bahan alami yang satu ini memiliki kandungan anti bakteri. Anda bisa mencampurkan garam laut dengan beberapa tetes air lemin dan sedikit air kemudian usapkan pada bagian wajah yang terdapat komedo.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin C

Mengkonsumsi vitamin c sebenarnya bukan cara menghilangkan komedo hitam, namun bisa digunakan untuk mencegah agar komedo hitam tidak muncul di wajah. Vitamin c yang cukup di dalam tubuh ternyata membantu menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari komedo ataupun jerawat. Anda bisa mengkonsumsi vitamin c dari buah atau sayur sehingga lebih aman untuk tubuh.

Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan cara untuk mengangkat sel kulit mati. Cara ini dipercaya bisa mengatasi masalah komedo di wajah terutama komedo hitam. Namun tidak disarankan untuk melakukannya terlalu sering karena bisa menyebabkan iritasi. Anda cukup melakukan cara ini satu minggu sekali.

Gunakan Mmake up atau Skin Care Non-comedogenic

Salah satu penyebab komedo muncul yaitu karena make up dan skin care yang digunakan tidak tepat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda bisa mengganti make up dan skin care dengan produk yang non-comedogenic. Selain itu, cara menghilangkan komedo lainnya yakni dengan rutin membersihkan muka setelah memakai make up tebal, sehingga kulit selalu bersih dan terhindar dari risiko komedo atau jerawat.

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung

Area hidung menjadi salah satu yang paling sering ditumbuhi komedo. Untuk itu pada bagian ini Anda harus memberikan perhatian ekstra agar tetap bersih dan terhindar dari komedo. Ada beberapa cara menghilangkan komedo di hidung yang bisa dipilih. Berikut ini cara-caranya:

Benzoil Peroksida

Senyawa aktif benzoil peroksida dipercaya bisa menjadi salah satu cara menghilangkan komedo dengan mudah. Senyawa ini memiliki beberapa varian seperti gel, lotion, dan sabun. Benzoil peroksida ternyata bisa membuka pori-pori pada wajah serta menghentikan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat.

Cara menghilangkan komedo di hidung menggunakan bahan ini memang efektif, namun bisa menimbulkan efek samping seperti kulit menjadi kering dan menimbulkan nyeri. Untuk itu, anda jangan terlalu sering menggunakan produk ini terlebih jika anda memiliki tipe kulit yang sering.

Asam Salisilat

Cara untuk menghilangkan komedo di hidung lainnya bisa menggunakan asam salisilat. Zat ini berperan sebagai obat keratolitik sehingga melambatkan pelepasan sel di pori-pori dan memecahkan komedo.

Cara kerja ini untuk mencegah adanya penyumbatan yang menyebabkan jerawat. Namun jika ingin menggunakan asam salisilat untuk menghilangkan komedo, Anda perlu memperhatika hal-hal sebagai berikut:

  • Jangan menggunakan bersama dengan obat tropikal lain seperti benzoil peroksida dan retinoid.
  • Jangan menggunakan sabun yang memiliki scrub.
  • Kurangi penggunaan make up atau sabun yang menyebabkan kulit mudah terkelupas.

Retinoid

Retinoid sebenarnya zat turunan dari vitamin A yang bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan komedo. Retinoid ini bisa membersihkan pori-pori yang tersumbat dan bisa menghilangkan komedo.

Turunan dari vitamin A ini bekerja di reseptor kulit untuk memperbaiki kulit dan mengelupas yang bisa mencegah jerawat. Lapisan kulit kemudian akan rada dan menebal sehingga lama kelamaan kulit mati dan mengeluoas. Ada juga orang yang mengalami pengelupasan seperti kulit yang menjadi bersisik jika menggunakan retinoid.

Senyawa AHA dan BHA

Senyawa lain yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah komedo adalah AHA dan BHA. Asam alfa hidroksi (AHA) dan asam beta hidroksi (BHA) ini menjadi pilihan eksfoliator kulit terbaik. Keduanya akan membuat lapisan kulit yang kusam terangkat dan membersihkan pori-pori.

Sudah banyak skin care yang memiliki kandungan AHA dan BHA. Anda bisa menggunakan produk ini 1 sampai 2 kali dalam seminggu. Produk dengan kandungan senyawa ini selain sebagai cara menghilangkan komedo ternyata juga bisa membuat kulit lebih lembut.

Melakukan Terapi

Selain melakukan perawatan sendiri untuk menghilangkan komedo, anda juga bisa melakukan perawatan dengan bantuan ahli dermatologi. Ada beberapa cara menghilangkan komode dengan menggunakan terapi seperti:

  • Chemical peeling. Cara ini dilakukan dengan menggunakan larutan khusus yang dioleskan pada kulit wajah sehingga sel-sel kulit mati bisa terangkat.
  • Terapi leser dan cahaya yang bisa digunakan untuk mengurangi produksi minyak berlebihan yang ada di wajah.
  • Terapi ini biasanya digunakan untuk memperbaharui tekstur dan warna pada kulit. Perawatan ini juga cocok dipilih untuk menghilangkan komedo hitam.
  • Mengangkat komedo menggunakan alat khusus yang biasanya digunakan di klinik kecantikan.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Selain menggunakan produk-produk di atas, anda juga bisa menggunakan bahan alami sebagai salah satu cara menghilangkan komedo. Beberapa bahan alami ini cukup mudah di temui dalam kehidupan sehari-hari. Penasaran apa saja? Simak penjelasan berikut:

Baby Oil

Bahan alami pertama yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan komedo di wajah adalah baby oil. Minyak bayi ternyata mengandung minyak mineral sampai 98 persen sehingga bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan di wajah termasuk komedo.

Mineral oil yang ada di dalam baby oil ini bersifat non-comedogenic sehingga bisa untuk memperbaiki kulit bagian atas. Penggunaan baby oil juga bisa membantu melembabkan kulit dan tidak akan menyumbat pori-pori.

Lemon

Bahan alami yang satu ini sudah lama dikenal baik untuk kesehatan wajah. Lemon merupakan astringent alami yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan komedo secara alami. Namun lemon juga memiliki efek pemutih yang bisa membuat kulit Anda cerah dan lebih sensitif terhadap cahaya matahari. Jika memilih perawatan menggunakan bahan alami ini, Anda juga harus mengimbanginya dengan menggunakan sunscreen secara rutin.

Lidah Buaya

Sebenarnya bahan alami ini tidak secara langsung berdampak dengan komedo, namun bisa menjaga kulit sehingga terhindar dari komedo. Lidah buaya juga bisa memberishkan pori, melembabkan kulit, dan mengurangi produksi minyak berlebih. Hal-hal tersebut lah yang membuat komedo di wajah bisa dicegah. Bahan alami ini juga baik untuk perawatan tubuh lainnya seperti merawat rambut.

Tea tree oil

Cara menghilangkan komedo menggunakan tea tree oil dapat menjadi salah satu pilihan yang bisa anda coba. Kandungan senyawa yang ada di dalamnya dipercaya bisa membunuh bakteri yang menyebabkan masalah kulit serta bisa mengangkat kotoran di wajah. Dengan demikian kulit wajah menjadi lebih bersih dan terhindar dari komedo.

Minyak pohon teh ini bisa anda pakai secara langsung dengan mengoleskan ke bagian yang ada komedo seperti area hidung. Saat ini tea tree oil juga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan skin care. Anda bisa memilih produk perawatan kulit yang memiliki bahan ini jika ingin lebih mudah dan praktis.

Baking Soda

Bahan ini biasanya digunakan untuk membuat kue. Namun siapa sangka jika baking soda juga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan komedo secara alami. Baking soda bisa membantu pelepasan kulit mati dan biasanya digunakan juga sebagai bahan dalam perawatan mikrodermabrasi.

Untung menghilangkan komedo menggunakan baking soda, Anda bisa mencampurkan bahan tersebut dengan sedikit air sehingga membentuk pasta. Kemudian oleskan pada bagian wajah yang berkomedo. Gosok secara perlahan dan lembut. Kemudian bilas dengan air bersih dan gunakan pelembab setelah aplikasi untuk tetap menjaga kelembaban kulit wajah.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait