Cara Menghilangkan Komedo di Wajah, Mudah dan Ampuh

Siti Nur Aeni
29 Juli 2021, 15:50
Cara Menghilangkan Komedo di Wajah, Mudah dan Ampuh
Photo by Sora Shimazaki from Pexels
Ilustrasi penggunaan produk perawatan kulit untuk menghilangkan komedo

Selain jerawat, komedo juga menjadi masalah utama pada wajah. Banyak orang yang melakukan berbagai cara menghilangkan komedo agar bisa tampil lebih fresh dan cantik. Pasalnya, jika komedo dibiarkan begitu saja bisa menjadi penyebab jerawat.

Pori-pori wajah yang tersumbat komedo bisa mengakibatkan sel kulit yang mati dan minyak di wajah tidak bisa keluar. Lama kelamaan terjadi penumpukan dan mengakibatkan jerawat. Komedo biasanya berawarna hitam atau putih. Beberapa bagian wajah yang menjadi tempat komedo biasanya di area hidung.

Komedo ini muncul disebabkan oleh beberapa hal seperti stres, hormon yang berubah, penggunaan make up atau skin care yang kurang tepat, hingga disebabkan oleh makanan tertentu. Bagi Anda yang mulai resah dengan komedo yang membandel, berikut ini kami berikan solusi cara mengatasi komedo dengan mudah anda ampuh.

Cara Menghilangkan Komedo Hitam

Komedo hitam atau black heads merupakan salah satu jenis komedo yang banyak dikeluhkan. Biasanya komedo ini ditemukan pada area hidung. Jika dibiarkan, komedo bisa menyebabkan jerawat yang rasanya sakit.

Tanda dari kehadiran komedo hitam ini biasanya ada benjolan kecil yang warnanya gelap di permukaan kulit. Namun benjolan tersebut tidak sebesar jerawat dan permukaan kulit yang terdapat komedo ini menjadi lebih kasar. Meskipun komedo tidak menyebabkan peradangan, namun tetap perlu dihilangkan agar kulit tetap bersih dan sehat. Ada beberapa cara menghilangkan komedo hitam yang bisa Anda coba. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

Rutin Mencuci Muka

Cara pertama untuk mengurangi komedo hitam dan membandel yakni dengan rutin cuci muka. Melakukan cuci muka teratur bisa membantu mengurangi minyak dan kotoran yang menempel pada wajah. Minyak dan kotoran yang menempel ternyata bisa menjadi pemicu munculnya komedo, sehingga harus sering-sering dibersihkan.

Maksimal Anda mencuci muka dua kali dalam satu hari dan akan lebih baik jika menggunakan produk prawatan yang memiliki kandungan anti bakteri. Anda juga bisa menggunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk meminimalisir munculnya masalah kulit lainnya.

Manfaatkan Garam Laut

Garam laut ternyata bisa digunakan untuk mengatasi komedo hitam. Bahan alami yang satu ini memiliki kandungan anti bakteri. Anda bisa mencampurkan garam laut dengan beberapa tetes air lemin dan sedikit air kemudian usapkan pada bagian wajah yang terdapat komedo.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin C

Mengkonsumsi vitamin c sebenarnya bukan cara menghilangkan komedo hitam, namun bisa digunakan untuk mencegah agar komedo hitam tidak muncul di wajah. Vitamin c yang cukup di dalam tubuh ternyata membantu menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari komedo ataupun jerawat. Anda bisa mengkonsumsi vitamin c dari buah atau sayur sehingga lebih aman untuk tubuh.

Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan cara untuk mengangkat sel kulit mati. Cara ini dipercaya bisa mengatasi masalah komedo di wajah terutama komedo hitam. Namun tidak disarankan untuk melakukannya terlalu sering karena bisa menyebabkan iritasi. Anda cukup melakukan cara ini satu minggu sekali.

Gunakan Mmake up atau Skin Care Non-comedogenic

Salah satu penyebab komedo muncul yaitu karena make up dan skin care yang digunakan tidak tepat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda bisa mengganti make up dan skin care dengan produk yang non-comedogenic. Selain itu, cara menghilangkan komedo lainnya yakni dengan rutin membersihkan muka setelah memakai make up tebal, sehingga kulit selalu bersih dan terhindar dari risiko komedo atau jerawat.

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung

Area hidung menjadi salah satu yang paling sering ditumbuhi komedo. Untuk itu pada bagian ini Anda harus memberikan perhatian ekstra agar tetap bersih dan terhindar dari komedo. Ada beberapa cara menghilangkan komedo di hidung yang bisa dipilih. Berikut ini cara-caranya:

Benzoil Peroksida

Senyawa aktif benzoil peroksida dipercaya bisa menjadi salah satu cara menghilangkan komedo dengan mudah. Senyawa ini memiliki beberapa varian seperti gel, lotion, dan sabun. Benzoil peroksida ternyata bisa membuka pori-pori pada wajah serta menghentikan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat.

Cara menghilangkan komedo di hidung menggunakan bahan ini memang efektif, namun bisa menimbulkan efek samping seperti kulit menjadi kering dan menimbulkan nyeri. Untuk itu, anda jangan terlalu sering menggunakan produk ini terlebih jika anda memiliki tipe kulit yang sering.

Asam Salisilat

Cara untuk menghilangkan komedo di hidung lainnya bisa menggunakan asam salisilat. Zat ini berperan sebagai obat keratolitik sehingga melambatkan pelepasan sel di pori-pori dan memecahkan komedo.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...