11 Cara Menghilangkan Komedo dengan Praktis dan Mudah

Image title
29 Juli 2021, 10:33
Seorang wanita menggunakan cara menghilangkan komedo dengan praktis
Photo by Sora Shimazaki from Pexels
Ilustrasi penggunaan produk perawatan kulit

Komedo adalah folikel rambut yang tersumbat pada pori-pori kulit. Keratin atau puing-puing kulit berkombinasi dengan minyak sehingga folikel menjadi tersumbat. Komedo biasanya berkembang di dahi dan dagu namun dapat juga menyumbat bagian wajah lain

Komedo hitam dan komedo putih adalah komedo yang paling sering ditemui pada wajah. Komedo hitam adalah penumpukan di dalam pori-pori yang bereaksi dengan oksigen di udara sehingga warna hitam muncul. Sementara komedo putih terbentuk ketika ada kelebihan minyak dan sel-sel kulit mati yang menumpuk dan menyumbat lubang pori-pori di bawah permukaan kulit.

Jenis-jenis komedo

Melansir dari situs DermNet New Zealand, terdapat beberapa jenis komedo, yaitu:

  • Whiteheads, dikenal juga sebagai komedo putih, adalah jenis komedo tertutup yang terbentuk karena folikel rambut tersumbat oleh sebum (minyak).
  • Blackheads, dikenal juga sebagai komedo hitam, adalah jenis komedo terbuka karena penumpukan pigmen pada permukaan di pori-pori membentuk titik-titik gelap pada kulit.
  • Macrocomedones, merupakan komedo tertutup ini berukuran lebih dari 2-3 milimeter.
  • Microcomedones, merupakan komedo yang sangat kecil ini biasanya tidak terlihat.
  • Solar comedones, merupakan komedo yang muncul dari kerusakan akibat sinar matahari dan biasanya terbentuk pada orang dewasa yang lebih tua, terutama di pipi.

Beberapa komedo dapat bertahan selama berhari-hari, berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan jika tidak diatasi, sementara tubuh Anda biasanya membersihkan komedo putih kecil dalam waktu seminggu hingga 10 hari. Namun, tergantung dengan kondisi tubuh, komedo sulit dihilangkan sehingga perlu cara untuk menghilangkan komedo menggunakan bahan alami atau produk perawatan kulit. Simak penjelasan berikut.

Cara menghilangkan komedo secara alami

Komedo dapat dihilangkan dengan menggunakan bahan alami, adapun cara menghilangkan komedo adalah menggunakan bahan-bahan sebagai berikut.

1. Menggunakan uap pada wajah

Uap dapat membuka pori-pori dan membantu melonggarkan penumpukan kotoran pada wajah sehingga dapat melembutkan komedo agar lebih mudah untuk dihilangkan. Kombinasi uap hangat yang membuat wajah berkeringat mampu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi. Uap dapat menjadi cara efektif untuk menghilangkan komedo, caranya:

  1. Ambil air panas dalam wadah.
  2. Tutupi kepala Anda dengan handuk dan condongkan tubuh di wadah selama 5-10 menit.
  3. Bilas wajah dengan air hangat setelah selesai.
  4. Keringkan wajah dengan handuk lembut sembari menggosok perlahan bagian wajah yang memiliki komedo.
  5. Gunakan pelembab untuk mengembalikan hidrasi kulit.

2. Minyak jojoba

Minyak jojoba adalah minyak dari biji tanaman jojoba (Simmondsia chinensis). Kandungan minyak ini sangat mirip dengan minyak (sebum) yang diproduksi secara alami oleh tubuh sehingga tidak menyumbat pori-pori dan mampu menghilangkan komedo secara alami. Cara menggunakan minyak jojoba untuk menghilangkan komedo adalah:

  1. Siapkan 1/2 sendok teh jojoba.
  2. Oleskan minyak ke wajah Anda yang kering.
  3. Gunakan ujung jari Anda untuk memijat lembut minyak ke kulit selama satu menit.
  4. Gunakan kain yang basah dan hangat untuk menyeka minyak dengan lembut. Berhati-hatilah untuk tidak menekan terlalu keras atau menggosok kulit Anda, karena ini dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat.
  5. Bilas wajah Anda dan gunakan pelembab jika perlu.

3. Madu dan susu

Madu bersifat anti bakteri dan susu memiliki asam laktat yang membantu proses pembuangan alami. Kombinasi kedua bahan tersebut dapat menghilangkan komedo secara alami. Caranya adalah:

  1. Campur susu dan madu dan panaskan selama sekitar 10 detik.
  2. Biarkan dingin selama beberapa waktu agar tidak terlalu panas untuk wajah.
  3. Oleskan campuran tersebut pada komedo.
  4. Ambil selembar kapas bersih, taruh di pada wajah yang telah dioleskan.
  5. Diamkan selama 15 menit.
  6. Setelah itu lepaskan kapas dengan lembut dan bilas wajah menggunakan air.

4. Putih telur

Putih telur membantu kulit berminyak dan mampu mengecilkan pori-pori sehingga membuat kulit terlihat bersih dan bebas noda. Jeruk nipis adalah agen pemutih alami yang membantu mencerahkan kulit. Kombinasi dua bahan tersebut mampu menghilangkan komedo pada wajah. Cara penggunaannya adalah:

  1. Siapkan satu butir telur.
  2. Pisahkan putih telur dari kuning telur.
  3. Campur putih telur dan satu sendok makan air jeruk nipis.
  4. Oleskan campuran tersebut pada wajah, hindari bagian mata dan alis.
  5. Diamkan selama sekitar 10-15 menit.
  6. Cuci bersih dengan air dingin.

5. Jeruk dan gelatin

Vitamin C pada jeruk memiliki sifat antioksidan yang membantu proses regenerasi alami kulit sehingga mampu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan menghilangkan komedo. Asam sitrat dalam jus jeruk juga membersihkan sel-sel kulit mati. Gelatin berfungsi sebagai pengikat agar air jeruk dapat menempel dan meresap pada wajah. Berikut ini cara menggunakan jeruk

  1. Siapkan 1/3 cangkir jus jeruk dan 1 sendok makan bubuk gelatin.
  2. Panaskan jus jeruk selama 10 detik dan tambahkan bubuk gelatin ke dalamnya.
  3. Aduk hingga rata, lalu oleskan pada wajah tanpa menyentuh alis atau mata.
  4. Biarkan selama sekitar 15 menit, lalu kupas dengan lembut.
  5. Bilas dengan air dingin.

Cara menghilangkan komedo dengan produk perawatan kulit

Selain menghilangkan komedo secara alami, ada beberapa zat kimia yang mampu menghilangkan komedo. Zat tersebut dapat ditemukan dalam produk-produk berikut yang sudah teregistrasi dalam Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sehingga dipastikan aman digunakan untuk kulit. Berikut ini adalah produk yang dapat menghilangkan komedo.

1. Pore strip

Strip hidung atau strip pori (pore strip) mampu menghilangkan lapisan atas dari sel kulit mati dan komedo dengan menggunakan perekat yang sangat kuat. Dengan menghilangkan komedo, strip pori mampu membersihkan penyumbatan pada pori-pori yang berwarna hitam atau coklat sehingga membuat pori-pori tampak bersih.

Strip pori dapat ditemukan dengan mudah, harganya juga terjangkau. Cara menggunakan strip pori pada komedo adalah:

  1. Bersihkan dan basahi kulit di hidung Anda.
  2. Kupas plastik dan oleskan ke hidung dengan sisi halus strip pori ke bawah.
  3. Tunggu 10-15 menit.
  4. Lepaskan strip perlahan mulai dari tepi.
  5. Komedo akan terangkat dan pori-pori menjadi bersih.

2. Asam salisilat

Asam salisilat atau disebut juga salicylic acid dapat membantu kulit melepaskan sel-sel mati dari lapisan atas dan dengan mengurangi kemerahan serta pembengkakan sehingga mengurangi penyumbatan pori-pori yang menyebabkan komedo.

Sebelum menggunakan produk yang mengandung asam salisilat untuk pertama kalinya, periksa apakah Anda alergi terhadap kandungan tersebut. Untuk memeriksanya, oleskan sedikit pada satu atau dua area pada kulit selama tiga hari. Jika Anda memiliki reaksi alergi, hentikan penggunaan produk ini dan segera periksa ke dokter. Jika tidak ada reaksi alergi, lanjutkan penggunaan produk.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...