Daftar 5 Youtuber Terkaya di Indonesia Tahun 2022

Image title
11 Januari 2022, 10:06
Wakil Presiden Ma’ruf Amin hadir dalam acara podcast Deddy Corbuzier sebagai salah satu Youtuber terkaya di Indonesia
YouTube Corbuzier
Wakil Presiden Ma’ruf Amin hadir dalam acara podcast Deddy Corbuzier

YouTube adalah satu situs yang sangat digandrungi masyarakat Indonesia. Situs video yang berdiri pada Februari 2005 ini menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna/kreator, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan juga ada dalam situs ini.

Mayoritas dari konten yang diunggah di YouTube berbasis dari individu. Meski demikian perusahaan media raksasa juga ikut menapakkan kaki mereka di You Tube. Perusahaan media internasional seperti CBS, BBC, Vevo, Hulu, dan organisasi lain sudah mengunggah material mereka ke situs ini sebagai bagian dari program kemitraan YouTube.

Hingga kini keberadaan YouTube juga mendapat hati untuk masyarakat Indonesia. Bahkan tidak sedikit warga yang mengunggah sendiri hasil konten mereka, hingga para pembuat dan pengunggah video tersebut menyandang status sebagai YouTuber. Beberapa waktu belakangan, YouTuber menjadi profesi yang sangat menjanjikan, terutama dalam segi penghasilan.

Walau nampak mudah bila dilihat dari luar, namun menjadi YouTuber tidak semudah yang dibayangkan. Karena bukan hal mudah untuk membuat konten video yang akan ditonton dan disukai banyak orang. Diperlukan konsep yang unik dan matang, kualitas gambar yang baik, hingga faktor lucky alias keberuntungan.

Sebagaimana dilansir dari Prambors.com, dalam beberapa waktu ini, status YouTuber dengan jumlah penghasilan terbesar di Indonesia masih tak banyak berubah. Setidaknya ada lima nama yang selalu menempati daftar teratas.

Pola perputaran keuangan dalam dunia YouTube yang sangat dinamis mampu menggeserkan para artis YouTuber, dari peringkat pertama ke bawahnya. Sebut saja Raffi Ahmad yang sempat menggeser posisi Deddy Corbuizier sebagai YouTuber dengan penghasilan tertinggi, pada Juli 2021 harus kembali turun peringkat kedua setelah Deddy.

5 Youtuber Terkaya di Indonesia

1. Deddy Corbuzier

Sosok Deodatus Andreas Deddi Cahyadi Sunjoyo atau yang akrab disapa dengan Deddy Corbuzier merupakan seorang profesional yang mahir dalam banyak bidang. Sebut saja ada mentalis, aktor, presenter.

Deddy juga dikenal sebagai seorang YouTuber. Setelah mundur dari dunia persulapan, Deddy aktif membuat video siniar berjudul Close the Door di saluran YouTube miliknya. Pada Desember 2021, saluran tersebut memiliki lebih dari 16,7 juta pelanggan dan videonya memiliki lebih dari 3.160.638.445 penonton.

Proyeksi pendapatan per bulan dari chanel Youtube milik Deddy Corbuzier US$28.200 - US$451.100 atau setara Rp408,9 juta - Rp6,54 miliar. Video unggahannya mencapai 900 video dan hampir semuanya berisi obrolan Podcast.

2. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Sosok yang memiliki nama lengkap Raffi Farid Ahmad merupakan pemeran, pembawa acara, penyanyi, pengusaha, bintang iklan, YouTuber, produser, dan selebritis berkebangsaan Indonesia. Sebelum menjadi YouTuber, Nama Raffi dikenal luas sebagai presenter program Dahsyat di RCTI sejak 2009, dan menghantarkannya meraih sejumlah penghargaan seperti Panasonic Gobel Awards dan Indonesian Television Awards.

Hingga kemudian Raffi bersama istrinya, Nagita Slavina mengelola saluran Youtube-nya, RANS Entertainment dengan jumlah pengikut yang mencapai 16,9 Juta pada bulan Agustus 2020. Kanal RANS Entertainment tersebut meraih rekor atas pencapaian "Siaran Langsung Acara Keluarga dengan Penonton Terbanyak dan Siaran Langsung Acara Keluarga melalui YouTube dan Facebook Terlama" dari Museum Rekor Indonesia.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...