17 Peluang Usaha yang Menjanjikan di Masa Pandemi

Usaha yang menjanjikan di masa pandemi bisa dilakukan secara online. Contoh usaha yang menjanjikan seperti membuka jasa penerjemah, menual desain kaos, menulis buku, dan masih banyak lagi.
Dwi Latifatul Fajri
11 Januari 2022, 17:42
Usaha yang menjanjikan
Unsplash/Bram Naus
Usaha yang menjanjikan di masa pandemi

Memiliki usaha yang menjanjikan di masa pandemi bisa menambah penghasilan. Beberapa jenis usaha bisa dilakukan anak-anak muda atau mahasiswa, untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup.

Beberapa ide usaha online membutuhkan keterampilan dan niat sungguh-sungguh. Untuk generasi muda, bisa memanfaatkan teknologi untuk merintis usaha online yang menjanjikan.

Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan

1. Menjadi Editor dan Menulis

Salah satu usaha yang menjanjikan di masa depan yaitu membuka jasa menulis. Kemampuan yang dibutuhkan yaitu penguasaan tata bahasa dan kata-kata.

Pekerjaan menulis dan editor web ini bisa dilakukan jarak jauh. Sehingga pekerjaan lebih fleksibel dan efisien karena bisa dilakukan di rumah. Anda bisa mencari tempat yang nyaman untuk menulis seperti di rumah atau perpustakaan.

Advertisement

2. Entri Data

Memasukkan data termasuk pekerjaan yang membutuhkan kemampuan dalam pengolahan data. Anda bisa merintis bisnis entri data secara online melalui website atau forum pekerja lepas.

3. Desain Website

Membuat dan merancang situs website membutuhkan keterampilan. Anda bisa mengikuti kursus untuk mengikuti kelas desain website. Pekerjaan desain website bisa dilakukan secara berkelompok untuk diskusi tentang detail pekerjaan dan bertemu klien.

4. Tutor Online

Adanya internet mempermudah seluruh pekerjaan, termasuk membuka usaha tutor online. Jasa mengajar online ini bisa dilakukan secara remote untuk pelajar dan mahasiswa.

Contohnya anda punya kemampuan ahli di bidang tertentu, misalnya mahir dalam bahasa. Anda bisa menyiapkan tutorial dan materi untuk mengajar secara online di depan komputer.

Usaha yang Menjanjikan di Masa Pandemi

1. Menjual Foto atau Video Online

Banyak website yang menyediakan jasa untuk menjual foto atau video online. Pengguna bisa mendapat uang untuk menjual foto dan video di website tersebut. Contoh website yang membayar foto dan video seperti iStockphoto, Shutterstock, dan lainnya.

Komisi yang didapatkan berdasarkan jumlah yang diunduh dan dibeli setiap orang. Anda bisa mendapatkan komisi yang bervariatif tergantung dari harga yang dijual.

Beberapa website membutuhkan foto dengan resolusi tinggi. Jadi, anda harus mempunyai alat penunjang untuk foto dan video seperti ponsel, kamera, dan laptop.

2. Influencer

Salah satu usaha yang menjanjikan di masa pandemi adalah influencer. Anda bisa memulai menjadi media sosial influencer bermodalkan ponsel dan Instagram.

Influencer bekerja untuk mempromosikan produk di akun Instagram, serta membuat konten yang menarik. Konten ini bertujuan untuk menarik pengikut (followers) di Instagram tertarik memakai produk.

3. Afiliasi Pemasaran atau Affiliate Marketing

Afiliasi pemasaran merupakan program kerjasama, dengan e-commerce untuk mempromosikan produk atau layanan. Anda bisa mencoba untuk mendaftar menjadi anggota afiliasi pemasaran. Caranya yaitu membagikan akun tautan afiliasi ke media sosial atau blog.

4. Asisten Virtual

Asisten virtual bisa dilakukan secara online dan bekerja dari rumah. Menjadi asisten virtual tidak perlu pengeluaran modal yang besar, tetapi dibutuhkan kemampuan organisasi yang baik. Anda bisa bekerja dimulai dari manajemen media sosial hingga pembukuan.

5. Membuat Blog

Buat anda yang hobi menulis, cobalah untuk mulai mengembangkan blog pribadi. Beberapa orang sukses mengembangkan blog hingga menghasilkan uang dari menulis konten. Menulis blog ini membutuhkan internet, keterampilan menulis, dan SEO.

6. Translator atau Penerjemah

Penerjemah merupakan peluang usaha yang bisa dilakukan di masa pandemi. Jika anda memiliki keterampilan atau ahli bahasa, cobalah untuk menawarkan jasa penerjemah. Jasa penerjemah ini banyak dipakai untuk terjemahan dokumen dan jurnal. 

7. Menjual Hasil Kerajinan Online

Hobi dan kegemaran bisa menghasilkan uang sekarang ini. Beberapa website seperti Etsy dan Redbubble, menyediakan jasa pembuat kerajinan. Contohnya saja anda menjual desain, fan art, lukisan, dan gambar di website tersebut.

8. Fotografer

Peluang usaha selanjutnya yaitu menjadi fotografer, untuk anda yang memiliki keterampilan di bidang fotografi. Pekerjaan fotografer dibutuhkan di berbagai bidang seperti acara pernikahan, wisuda, dan acara lain. Keterampilan yang dibutuhkan yaitu memotret dan mengedit foto profesional.

9. Menjual Desain Kaos Unik

Peluang usaha menjual desain kaos unik bisa jadi usaha sampingan. Keterampilan yang dibutuhkan adalah kreativitas dan ide untuk membuat desain. Anda bisa membuat desain kaos untuk klien.

10. Menulis EBook

Buku elektronik sekarang ini digemari beberapa orang, karena dapat dibaca dimana saja melalui gawai. E-book bisa dibaca di layar komputer, ponsel, dan tablet. Sebelum merilis buku elektronik, anda bisa menentukan ide untuk menulis, bergabung dalam forum menulis, dan membagikan ebook yang dirilis.

Usaha Online yang Menjanjikan

1. Menjual Kue Online

Salah satu usaha online yang menjanjikan adalah menjual kue secara online. Anda bisa membuat kue atau menjadi reseller untuk mempromosikan kue. Menjual kue online ini membutuhkan konten yang menarik supaya pembeli tertarik untuk membeli.

2. Buat Konten Memasak

Memiliki hobi memasak makanan bisa jadi ide usaha online yang menjanjikan. Anda bisa membuat konten video di Youtube dan TikTok. Ide lain yaitu membuat buku elektronik tentang resep masakan yang bisa dijual secara online.

3. Pemandu Wisata Virtual

Selama pandemi, kebutuhan untuk informasi terkait tempat wisata dibutuhkan. Anda bisa mencoba menjadi pemandu wisata virtual dengan cara membuat video di area tempat wisata terdekat. Setelah itu, Anda bisa mengunggah di media sosial untuk ditonton banyak orang.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait