Interval Nada Adalah Jarak Frekuensi Nada. Berikut Penjelasannya

Image title
13 Januari 2022, 16:42
Alat musik yang memiliki konsep interval. Interval adalah jarak frekuensi antara satu nada dengan nada lainnya.
Pixabay.com/JamesDeMers
Alat musik yang memiliki konsep interval. Interval adalah jarak frekuensi antara satu nada dengan nada lainnya.

Bagi Anda para pecinta musik tentu sudah tidak asing dengan istilah interval nada dalam pelajaran seni musik di sekolah. Dikutip dari Majalah Bobo interval nada adalah jarak frekuensi antara satu nada dengan nada lainnya. Baik jarak nada ke atas maupun ke bawah.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang interval nada, terlebih dahulu kita pahami sekelumit mengenai musik. Secara istilah, musik merupakan rangkaian nada yang disusun sedemikian rupa untuk menghasilkan harmonisasi yang indah. Musik dapat dikeluarkan dari suara alat musik yang dimainkan, atau bahkan hanya dengan tepuk tangan dan benda sekitar lainnya.

Dilansir dari buku Sejarah Musik dan Apresiasi Seni yang ditulis oleh Sila Widhyatama, ada unsur-unsur penting yang memiliki peran sebagai pembentuk musik. Unsur-unsur tersebut antara lain:

1. Unsur-unsur pokok, meliputi harmoni, irama, melodi, dan struktur lagu.
2. Unsur-unsur ekspresi, yaitu berkaitan dengan tempo, dinamik, dan warna nada.

Unsur-unsur Musik Selain Interval Nada

1. Harmoni merupakan keselarasan bunyi dari gabungan dua nada atau lebih, yang berbeda tinggi rendahnya.
2. Irama dapat diartikan sebagai bunyi atau sekelompok bunyi dengan bermacam-macam panjang pendek not dan tekanan, atau aksen pada not.
3. Melodi yaitu susunan rangkaian nada yang terdengar berurutan.
4. Struktur/bentuk lagu yaitu hubungan antara unsur musik dalam satu lagu, sehingga menghasilkan komposisi lagu yang bermakna.
5. Tempo lagu yaitu cepat atau lambatnya irama dalam sebuah lagu.
6. Ekspresi adalah ungkapan pikiran dan perasaan, yang mencakup tempo, dinamik, dan warna, yang disampaikan dari penyanyi kepada pendengarnya.

Jenis-jenis Interval Nada

Setelah memahami dasar makna akan musik. Maka selanjutnya adalah masuk dalam pembahasan mengenai interval nada dan jenis-jenisnya. Berikut penjelasannya:

1. Prime

Interval nada prime adalah jarak antara nada yang satu dengan yang lain dengan pitch yang sama. Pitch adalah ketepatan tinggi rendahnya nada. Contoh penggunaan interval nada prime adalah jarak dari nada C ke nada C lagi.

2. Second

Interval nada second adalah jarak antara nada yang satu dengan yang lain dengan pitch satu tingkat di atasnya. Contoh penggunaan interval nada second adalah C ke nada D.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...