Kebugaran Jasmani Adalah Kemampuan Fisik yang Baik, Berikut Contohnya

Kebugaran jasmani adalah bentuk kemampuan fisik seseorang untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa merasa kelelahan yang berlebihan dan tentunya masih memiliki cadangan energi.
Image title
14 Januari 2022, 11:01
Perempuan sedang melakukan olahraga sit up untuk menjaga kebugaran jasmani. Secara makna kebugaran jasmani adalah bentuk kemampuan fisik seseorang untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa merasa kelelahan yang berlebihan dan tentunya masih memiliki cada
pexels.com/jonathanborba
Perempuan sedang melakukan olahraga sit up untuk menjaga kebugaran jasmani. Secara makna kebugaran jasmani adalah bentuk kemampuan fisik seseorang untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa merasa kelelahan yang berlebihan dan tentunya masih memiliki cadangan energi.

Mens sana in corpore sano sebuah kalimat dalam bahasa Latin yang artinya adalah "Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat." Tentunya moto ini sudah dikenal oleh kita dan sebagian besar masyarakat di Indonesia. Moto ini semakin banyak berdengung terutama saat masa pandemi Covid-19 merajalela.

Tubuh sehat dan jiwa kuat bisa diperoleh dengan pola kebugaran jasmani. Secara makna kebugaran jasmani adalah suatu kebutuhan yang harus kita penuhi agar tubuh kita dapat melakukan banyak aktivitas dengan baik. Dapat dikatakan kebugaran jasmani adalah bentuk kemampuan fisik seseorang untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa merasa kelelahan yang berlebihan dan tentunya masih memiliki cadangan energi.

Oleh karenanya, semakin bugar kondisi jasmani seseorang maka akan semakin baik juga kemampuannya dalam mengatasi aktivitas sehari-hari. Bisa dikatakan bahwa kebugaran jasmani adalah salah satu faktor penentu kesehatan dan ketahanan tubuh. Misalnya dengan banyak berolahraga maka tubuh akan lebih tegar dan terhindar dari berbagai penyakit.

Unsur Penting dalam Kebugaran Jasmani

Dapat dipahami kebugaran jasmani adalah komponen unsur penting seperti kekuatan, daya tahan, kelincahan, kecepatan, keseimbangan, dan sebagainya. Anda bisa melakukan latihan dan olahraga yang dapat menunjang kebugaran jasmani Anda. Berikut ragam unsurnya:

Advertisement

1. Daya Tahan

Daya tahan merupakan kondisi seseorang yang dapat menggerakkan tubuh untuk melakukan beberapa aktivitas dengan tempo yang berbeda, namun dapat melakukannya dengan efisien dan efektif tanpa merasakan lelah yang berlebihan.

Dalam kebugaran jasmani, daya tahan terbagi menjadi dua bagian, antara lain: muscular endurance dan cardiorespiratory endurance. Muscular endurance adalah daya tahan dengan menunjukkan kemampuan otot dalam melakukan pekerjaan berat dalam waktu yang lama. Sedangkan cardiorespiratory endurance adalah kemampuan seluruhh tubuh untuk terus bergerak dengan tempo sedang dalam waktu yang lama.

2. Kekuatan

Kebugaran jasmani adalah suatu kemampuan otot-otot dalam melawan beban yang sedang dipikul oleh tubuh. Kemampuan ini harus ditopang dengan unsur kekuatan yang disebut denganmuscle strength. Kekuatan otot ini juga dapat berhubungan dengan daya otot atau muscle endurance. Ketahanan otot adalah kemampuan otot dalam menahan kontraksi dengan beban ringan secara terus menerus.

Dalam kekuatan terdapat perbdaan fungsi seperti muscle strength dengan muscle endurance. muscle strength digunakan untuk mengangkat beban yang berat dalam satu kegiatan. Sedangkan muscle endurance digunakan untuk melakukan aktivitas fisik ringan dalam jangka waktu yang lama.

3. Kelincahan

Selanjutnya ada kelincahan yang menjadi pilar penting dalam kebugaran jasmani. Kelincahan sendiri merupakan kemampuan tubuh untuk mengubah posisi tubuh dengan cepat. Dengan adanya kelincahan tubuh akan bergerak dengan cepat tanpa risiko cedera. Jika kelincahan telah terbentuk dalam tubuh kalian maka kalian akan dengan mudah menggerakkan tubuh dengan cepat tanpa ada rasa takut untuk terjadi kesalahan yang mengakibatkan cedera.

4. Kelenturan

Kemampuan dalam kebugaran jasmani dapat dilihat juga dari sisi kelenturan. Kemampuan ini terlihat dari gerakan secara maksimal. Kelenturan ini didukung dengan faktor seperti usia, kualitas otot, struktur sendi, dan ligamen.

Untuk mendapat hasil terbaik, kelenturan harus sering dilatih scara rutin. Manfaat kelenturan tubuh sering kebugaran jasmani juga meminimalkan risiko cedera pada tubuh. Anda juga bisa melakukan pergerakan dengan bebas dalam segala aktivitasmu.

5. Keseimbangan

Pola keseimbangan menjadi penting karena melatih posisi tubuh akan terus tegap berdiri tidak jatuh saat sedang melakukan gerakan fisik. Memiliki keseimbangan tubuh yang baik dapat meminimalkan risiko untuk jatuh dan cedera.

6. Daya Ledak

Kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk dapat bergerak cepat dan membawa beban berat sekaligus. Untuk mendapat hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan daya ledak yang menjadi gabungan dari kekuatan dan kecepatan, di mana tubuh dapat bergerak dengan cepat dan juga memiliki otot yang kuat untuk melawan beban yang dipikul oleh tubuh.

7. Kecepatan Reaksi

Kemampuan dalam kecepatan reaksi adalah waktu reaksi tubuh kalian ketika mendapat suatu stimulus atau rangsangan. Kecepatan reaksi ini berbeda dengan refleks. Reaksi merupakan gerakan yang disadari, sedangkan refleks adalah gerak otomatis yang dilakukan tanpa kesadaran.

Aneka Latihan dalam Kebugaran Jasmani

Ada banyak ragam latihan agar tubuh menjadi bugar sehingga memperkuat, mempercepat, memberikan kelenturan dan segala kekuatan bagi tubuh. Berikut aneka ragam olah raga yang dilansir dari buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia:

1. Back Lift

Olahraga untuk mendapat kebugaran jasmani adalah back lift. Olahraga ini membentuk otot pada bagian punggung agar lebih kekar dan simetris. Latihan ini dilakukan dengan cara badan dan kepala menghadap ke lantai secara lurus, lalu perlahan menggerakan dada hingga kepala secara naik dan turun secara maksimal.

Manfaat kegiatan back lift ini untuk meningkatkan kekuatan tubuh, menurunkan berat badan, mengurangi risiko cedera, membentuk dan memperbaiki postur tubuh.

2. Sit Up

Selanjutnya ada sit up yang melatih berbagai otot. Dalam hal ini sit up dapat melatih otot perut, dada, pinggang, leher, dan juga panggul. Dengan melakukan sit up kita dapat mengambil beberapa manfaat seperti, mengencangkan otot, memperbaiki postur tubuh, membentuk tubuh yang ideal, dan memperbaiki keseimbangan tubuh.

3. Push Up

Olahraga push up termasuk dalam jenis olahraga calisthenic. Artinya jenis olahraga ini memiliki fungsi untuk menguatkan otot dada, bahu, dan juga trisep. Bahkan gerakan push up dapat membentuk otot punggung bawah dan juga perut.

Ada beberapa hal yang perlu menjadi catatan dalam melakukan push up adalah memperhatikan pergerakan posisi tangan, selalu menghadap ke depan, dan perhatikan gerakan naik turun secara tetap. Push up sangat efektif untuk meningkatkan massa otot dan kesehatan jantung kalian.

4. Leg Squat

Untuk melatih otot tungkai dengan leg squat. Hal ini memerlukan kekuatan barbel dan angkat dengan kedua tanganmu, lalu letakkan barbel dan tanganmu di bawah leher. Setelah itu Anda bisa menekuk lutut dan turun setengah jongkok, lakukan gerakan itu secara berulang.

5. Lari Cepat 50 Meter

Lari ini dilakukan dengan start berdiri. Caranya Anda harus berdiri dengan salah satu kakimu berada di dekat garis start. Lalu dengarkan peluit atau aba-aba untuk memulai. Jika sudah ada aba-aba, Anda bisa lari secepat mungkin dengan jarak 50 meter.

Manfaat Kebugaran Jasmani

1. Menjaga Berat Badan

Melalui olahraga dengan melakukan kegiatan kebugaran jasmani dapat membakar kalori dalam tubuh kita. Dengan terbakarnya beberapa kalori di dalam tubuh maka berat badan akan turun jika sebelumnya berlebihan. Agar tidak kekurangan kalori karena terus terbakar, Anda juga harus menjaga pola makan yang sehat dan tidak berlebihan.

2. Memperbaiki Suasana Hati

Dengan kebugaran jasmani bisa memperbaiki suasana hatimu. Hal ini disebabkan kadar endorfin yang meningkat setelah melakukan olahraga dapat memicu rasa senang dan perasaan positif lainnya. Oleh karena itu suasana hati yang tadinya buruk maka akan menjadi lebih baik karena jasmani telah bugar.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kadar gula darah dalam tubuh perlu dikontrol agar jiwa dan jasmani menjadi bugar. Ketika berolahraga, sel tubuh akan mengambil beberapa kadar gula darah yang kita miliki. Kadar gula darah tersebut mengandung energi, sebab itulah kadar gula darah berkurang ketika kita berolahraga. Dengan berolahraga secara rutin maka kadar gula darah di dalam tubuh akan lebih stabil.

Demi pengertian dari kebugaran jasmani, unsur penting di dalamnya dan manfaat apabila menjaganya. Kebugaran jasmani adalah hal penting agar badan selalu sehat dan terhindari berbagai penyakit.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait