Kebugaran Jasmani Adalah Kemampuan Fisik yang Baik, Berikut Contohnya

Image title
14 Januari 2022, 11:01
Perempuan sedang melakukan olahraga sit up untuk menjaga kebugaran jasmani. Secara makna kebugaran jasmani adalah bentuk kemampuan fisik seseorang untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa merasa kelelahan yang berlebihan dan tentunya masih memiliki cada
pexels.com/jonathanborba
Perempuan sedang melakukan olahraga sit up untuk menjaga kebugaran jasmani. Secara makna kebugaran jasmani adalah bentuk kemampuan fisik seseorang untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa merasa kelelahan yang berlebihan dan tentunya masih memiliki cadangan energi.

Mens sana in corpore sano sebuah kalimat dalam bahasa Latin yang artinya adalah "Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat." Tentunya moto ini sudah dikenal oleh kita dan sebagian besar masyarakat di Indonesia. Moto ini semakin banyak berdengung terutama saat masa pandemi Covid-19 merajalela.

Tubuh sehat dan jiwa kuat bisa diperoleh dengan pola kebugaran jasmani. Secara makna kebugaran jasmani adalah suatu kebutuhan yang harus kita penuhi agar tubuh kita dapat melakukan banyak aktivitas dengan baik. Dapat dikatakan kebugaran jasmani adalah bentuk kemampuan fisik seseorang untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa merasa kelelahan yang berlebihan dan tentunya masih memiliki cadangan energi.

Oleh karenanya, semakin bugar kondisi jasmani seseorang maka akan semakin baik juga kemampuannya dalam mengatasi aktivitas sehari-hari. Bisa dikatakan bahwa kebugaran jasmani adalah salah satu faktor penentu kesehatan dan ketahanan tubuh. Misalnya dengan banyak berolahraga maka tubuh akan lebih tegar dan terhindar dari berbagai penyakit.

Unsur Penting dalam Kebugaran Jasmani

Dapat dipahami kebugaran jasmani adalah komponen unsur penting seperti kekuatan, daya tahan, kelincahan, kecepatan, keseimbangan, dan sebagainya. Anda bisa melakukan latihan dan olahraga yang dapat menunjang kebugaran jasmani Anda. Berikut ragam unsurnya:

1. Daya Tahan

Daya tahan merupakan kondisi seseorang yang dapat menggerakkan tubuh untuk melakukan beberapa aktivitas dengan tempo yang berbeda, namun dapat melakukannya dengan efisien dan efektif tanpa merasakan lelah yang berlebihan.

Dalam kebugaran jasmani, daya tahan terbagi menjadi dua bagian, antara lain: muscular endurance dan cardiorespiratory endurance. Muscular endurance adalah daya tahan dengan menunjukkan kemampuan otot dalam melakukan pekerjaan berat dalam waktu yang lama. Sedangkan cardiorespiratory endurance adalah kemampuan seluruhh tubuh untuk terus bergerak dengan tempo sedang dalam waktu yang lama.

2. Kekuatan

Kebugaran jasmani adalah suatu kemampuan otot-otot dalam melawan beban yang sedang dipikul oleh tubuh. Kemampuan ini harus ditopang dengan unsur kekuatan yang disebut denganmuscle strength. Kekuatan otot ini juga dapat berhubungan dengan daya otot atau muscle endurance. Ketahanan otot adalah kemampuan otot dalam menahan kontraksi dengan beban ringan secara terus menerus.

Dalam kekuatan terdapat perbdaan fungsi seperti muscle strength dengan muscle endurance. muscle strength digunakan untuk mengangkat beban yang berat dalam satu kegiatan. Sedangkan muscle endurance digunakan untuk melakukan aktivitas fisik ringan dalam jangka waktu yang lama.

3. Kelincahan

Selanjutnya ada kelincahan yang menjadi pilar penting dalam kebugaran jasmani. Kelincahan sendiri merupakan kemampuan tubuh untuk mengubah posisi tubuh dengan cepat. Dengan adanya kelincahan tubuh akan bergerak dengan cepat tanpa risiko cedera. Jika kelincahan telah terbentuk dalam tubuh kalian maka kalian akan dengan mudah menggerakkan tubuh dengan cepat tanpa ada rasa takut untuk terjadi kesalahan yang mengakibatkan cedera.

4. Kelenturan

Kemampuan dalam kebugaran jasmani dapat dilihat juga dari sisi kelenturan. Kemampuan ini terlihat dari gerakan secara maksimal. Kelenturan ini didukung dengan faktor seperti usia, kualitas otot, struktur sendi, dan ligamen.

Untuk mendapat hasil terbaik, kelenturan harus sering dilatih scara rutin. Manfaat kelenturan tubuh sering kebugaran jasmani juga meminimalkan risiko cedera pada tubuh. Anda juga bisa melakukan pergerakan dengan bebas dalam segala aktivitasmu.

5. Keseimbangan

Pola keseimbangan menjadi penting karena melatih posisi tubuh akan terus tegap berdiri tidak jatuh saat sedang melakukan gerakan fisik. Memiliki keseimbangan tubuh yang baik dapat meminimalkan risiko untuk jatuh dan cedera.

6. Daya Ledak

Kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk dapat bergerak cepat dan membawa beban berat sekaligus. Untuk mendapat hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan daya ledak yang menjadi gabungan dari kekuatan dan kecepatan, di mana tubuh dapat bergerak dengan cepat dan juga memiliki otot yang kuat untuk melawan beban yang dipikul oleh tubuh.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...