Push Up Olahraga Murah yang Bisa Tingkatkan Kesehatan Jantung

Image title
23 September 2021, 16:28
Ilustrasi push up
unsplash.com
Ilustrasi push up

Berolahraga merupakan kegiatan sehari-hari yang harus rutin dilakukan dan tidak boleh dilewatkan. Pilihan kegiatan yang dilakukan juga bervarian dari yang ringan hingga yang berat. Semuanya dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan juga kemampuan.

Salah satu olahraga yang bisa menjadi pilihan adalah push up. Mengapa push up bisa menjadi pilihan bahkan penting untuk menjadi olahraga dalam keseharian? Karena olahraga tersebut memberikan manfaat pada tubuh, terutama bagian atas dan juga otot tangan.

Secara istilah push up berarti suatu jenis senam kekuatan yang berfungsi untuk menguatkan otot bisep maupun trisep. Posisi awal tidur tengkurap dengan tangan di sisi kanan kiri badan. Lalu dilanjutkan dengan badan didorong ke atas menggunakan kekuatan tangan. Posisi kaki dan badan tetap lurus atau tegap. Setelah itu, badan diturunkan dengan tetap menjaga kondisi badan dan kaki tetap lurus. Badan turun tanpa menyentuh lantai atau tanah. Naik lagi dan dilakukan secara berulang.

Salah seorang aktor bela diri kenamaan, Bruce Lee, memberikan tips dalam melakukan kegiatan ini dan dapat dikombinasikan dengan beberapa macam teknik agar tak monoton, antara lain:

  • Mengubah jarak telapak tangan
  • Bentuk tangan yang menyentuh lantai: membuka, mengepal, menggunakan jari, atau punggung tangan
  • Mengubah jarak antar kaki
  • Mengubah ketinggian letak kaki: dengan menggunakan kursi atau kaki yang satu ditindihkan ke kaki yang lain
  • Mengubah jumlah tangan yang digunakan: satu tangan atau dua tangan

Manfaat Push Up bagi Kesehatan Tubuh

Melansir Halodoc.com push up merupakan olahraga yang cukup populer untuk membangun kekuatan. Terutama guna menguatkan inti dan bagian atas tubuh. Banyak orang yang memasukkan gerakan ini pada rutinitas olahraganya. Gerakan ini mampu melatih trisep, otot dada, dan bahu. Push up juga kerap menjadi pilihan olahraga yang murah karena tidak membutuhkan peralatan apa pun.

1. Menguatkan Kontraksi dan Kemampuan Otot

Manfaat push up yang pertama adalah Anda bisa merasakan kekuatan pada otot dan bagian tonusnya. Tonus sendiri adalah kontraksi otot yang di pertahankan oleh otot itu sendiri.

Push up sendiri punya banyak variasi gerakan. Setiap gerakan memiliki manfaat masing-masing dan tentunya juga berbeda-beda. Pola gerakan ini sedikit berbeda dengan push up standar yang gerakannya hanya membuka tangan selebar bahu dan lurus sejajar dengan bahu.

Berikut rangkuman macam-macam gerakan push up yang bisa dipraktikkan dari rumah:

a. Narrow Push Up

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...