Push Up Olahraga Murah yang Bisa Tingkatkan Kesehatan Jantung

Push up merupakan olahraga harian yang murah dan direkomendasikan untuk dilakukan di rumah karena manfaatnya yang sangat beragam.
Image title
23 September 2021, 16:28
Ilustrasi push up
unsplash.com
Ilustrasi push up

Berolahraga merupakan kegiatan sehari-hari yang harus rutin dilakukan dan tidak boleh dilewatkan. Pilihan kegiatan yang dilakukan juga bervarian dari yang ringan hingga yang berat. Semuanya dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan juga kemampuan.

Salah satu olahraga yang bisa menjadi pilihan adalah push up. Mengapa push up bisa menjadi pilihan bahkan penting untuk menjadi olahraga dalam keseharian? Karena olahraga tersebut memberikan manfaat pada tubuh, terutama bagian atas dan juga otot tangan.

Secara istilah push up berarti suatu jenis senam kekuatan yang berfungsi untuk menguatkan otot bisep maupun trisep. Posisi awal tidur tengkurap dengan tangan di sisi kanan kiri badan. Lalu dilanjutkan dengan badan didorong ke atas menggunakan kekuatan tangan. Posisi kaki dan badan tetap lurus atau tegap. Setelah itu, badan diturunkan dengan tetap menjaga kondisi badan dan kaki tetap lurus. Badan turun tanpa menyentuh lantai atau tanah. Naik lagi dan dilakukan secara berulang.

 

Salah seorang aktor bela diri kenamaan, Bruce Lee, memberikan tips dalam melakukan kegiatan ini dan dapat dikombinasikan dengan beberapa macam teknik agar tak monoton, antara lain:

  • Mengubah jarak telapak tangan
  • Bentuk tangan yang menyentuh lantai: membuka, mengepal, menggunakan jari, atau punggung tangan
  • Mengubah jarak antar kaki
  • Mengubah ketinggian letak kaki: dengan menggunakan kursi atau kaki yang satu ditindihkan ke kaki yang lain
  • Mengubah jumlah tangan yang digunakan: satu tangan atau dua tangan

Manfaat Push Up bagi Kesehatan Tubuh

Melansir Halodoc.com push up merupakan olahraga yang cukup populer untuk membangun kekuatan. Terutama guna menguatkan inti dan bagian atas tubuh. Banyak orang yang memasukkan gerakan ini pada rutinitas olahraganya. Gerakan ini mampu melatih trisep, otot dada, dan bahu. Push up juga kerap menjadi pilihan olahraga yang murah karena tidak membutuhkan peralatan apa pun.

1. Menguatkan Kontraksi dan Kemampuan Otot

Manfaat push up yang pertama adalah Anda bisa merasakan kekuatan pada otot dan bagian tonusnya. Tonus sendiri adalah kontraksi otot yang di pertahankan oleh otot itu sendiri.

Push up sendiri punya banyak variasi gerakan. Setiap gerakan memiliki manfaat masing-masing dan tentunya juga berbeda-beda. Pola gerakan ini sedikit berbeda dengan push up standar yang gerakannya hanya membuka tangan selebar bahu dan lurus sejajar dengan bahu.

Berikut rangkuman macam-macam gerakan push up yang bisa dipraktikkan dari rumah:

a. Narrow Push Up

Tangan diposisikan berada di bawah pusat tulang dada dengan ibu jari dan telunjuk dari masing-masing tangan bersentuhan. Gerakan ini dapat memperbesar otot trisep dan pectoralis mayor. Apabila Anda ingin meningkatkan ukuran dan kekuatan otot tangan, cara ini dapat menjadi pilihan guna memberikan hasil yang lebih cepat.

b. Forward/Backward Push Up

Cara ini dilakukan dengan membuka tangan di depan atau di belakang bahu. Gerakan ini dapat meningkatkan otot perut dan punggung, serta meningkatkan kondisi dan kekuatan tubuh bagian atas secara keseluruhan.

2. Jaga Kesehatan Jantung dengan Push Up 40 Kali Sehari

Apabila Anda rutin melakukan push up juga dapat meningkatkan kesehatan jantung oleh karenanya dapat mengurangi risiko dari penyakit kardiovaskular. Dalam sebuah penelitian, ditemukan ada perbedaan signifikan pada pria yang mampu melakukan push up lebih dari 40 kali dengan yang melakukannya kurang dari 10 kali. Kategori pertama memiliki jantung yang lebih sehat sehingga memiliki risiko 96 persen lebih kecil untuk mengalami masalah kardiovaskular.

3. Menjaga Keseimbangan Tubuh

Tak jauh berbeda dengan pembahasan sebelumnya, push-up bermanfaat dalam melatih kekuatan otot tubuh. Dengan memiliki kekuatan otot yang baik, kekuatan dan keseimbangan tubuh akan lebih terjaga. Bila ini diterapkan kepada lansia, efeknya bisa mengurangi risiko terjadinya cedera akibat terjatuh.

4.Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang menjalani program diet, push-up yang dilakukan secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan. Caranya adalah dengan membakar kalori tubuh. Kalori yang terbakar dari latihan kekuatan ini adalah sekitar 7 kalori dalam setiap menitnya. Sehingga kemampuan Anda dalam melakukan push up dapat menjadi tolak ukur dalam melakukan diet. Semakin banyak jumlah push up yang Anda lakukan maka, sebesar itu probabilitas Anda dalam untuk mengecilkan berat badan.

Memang jenis olahraga ini baik untuk dilakukan secara rutin, tetapi dengan gerakan yang benar. Bila aturan itu diabaikan, maka peningkatan risiko cedera terutama yang berhubungan dengan tubuh bagian atas lebih tinggi. Apabila Anda pernah mengalaminya, ada baiknya untuk bertanya secara langsung pada instruktur kebugaran tentang cara melakukan push up yang benar.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait